Saturday 5 September 2020

CARA CEPAT VERVAL NOMOR PONSEL PESERTA DIDIK

RINTOKUSMIRAN.COM-Cara cepat verval nomor ponsel peserta didik. Bila beberapa hari terakhir kawan-kawan operator sekolah di sibukkan dengan kegiatan input nomor ponsel untuk peserta didik ke dalam aplikasi Dapodik versi 2021.a namun sekarang mulai hari ini yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan verifikasi dan validasi yang sering dikenal dengan istilah verval.
CARA CEPAT VERVAL NOMOR PONSEL PESERTA DIDIK
CARA CEPAT VERVAL NOMOR PONSEL PESERTA DIDIK

Verval nomor ponsel peserta didik menjadi kewajiban satuan pendidikan melalui pertugas pendataan yang ada di sekolah. verval  dapat dilakukan pada laman https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/vervalponsel/pengajuan/sekolah/ dengan menggunakan akun yang terdaftar pada pdsp.data.kemdikbud.go.id. Akun  ini yang biasa digunakan untuk verval pada pd, ptk. sp dan lain-lain.
Untuk verval nomor ponsel peserta didik 1 orang peserta didik di perlukan waktu kurang lebih secara normal selama 3 -5 menit. Faktor pendukung suksesnya proses  verval nomor ponsel peserta didik adalah kestabilan jaringan, baik jaringan user maupun pada server. Dapat dibayangkan bahwa bila 1 orang peserta didik 3-5 menit memakan waktu yang cukup lama. Bagaimana bila jumlah peserta didik yang perlu di verval misalkan 500 peserta didik. dengan jumlah peserta didik 500 x 5 menit = .2.500 menit. Bila dikonversi ke dalam satuan jam diperoleh hasil 41,66 jam. 

Berdasarkan narasi di atas berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri melalui tulisan dalam artikel yang sederhana ini diharapakan mampu menjawab permasalahan berkaitan dengan percepatan verval nomor ponsel peserta didik. Sengaja saya beri judul cara verval nomor ponsel peserta didik. Boleh dibilang ini termasuk kerja cerdas hemat waktu dan sangat mudah sekali dipraktekkan oleh kawan-kawan semua.


Cara verval nomor ponsel peserta didik ini saya rasa sangat efektif dan termasuk cara yang legal dan tidak ada dampaknya negatif dikemudian hari. Berikut ini adalah cara verval nomor ponsel peserta didik:

Langkah 1
Silahkan anda login dengan akun sso yang biasa anda gunakan untuk pd, ptk. sp dengan mengakses laman :https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/vervalponsel/pengajuan/sekolah/ kemudian lakukan verval cara verval nomor ponsel peserta didik.

Langkah 2
Gunakan perangkat lain boleh juga hp android/ponsel pintar lakukan cara yang sama Silahkan anda login dengan akun sso yang biasa anda gunakan untuk pd, ptk. sp dengan mengakses laman :https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/vervalponsel/pengajuan/sekolah/ kemudian lakukan verval nomor ponsel peserta didik.


Dengan login di beberapa perangkat maka akan semakin cepat dalam melakukan verval nomor ponsel peserta didik. Mengapa demikian? misalkan kita memiliki 2 perangkat maka 2 kali lipat lebih cepat artinya semakin banyak pernangkat semakin cepat. Sekedar saran berdasarkan waktu pengerjaan verval nomor ponsel peserta didik adalah 3-5 menit maka cukup 3 perangkat saja. Sehingga anda bekerja terus tidak ada jeda waktu menunggu loading penyimpan data yang memakan waktu.

Siklus perputaran waktu pengerjaan dalam beberapa perangkat inilah yang menjadi kunci cepatnya dalam melakukan proses verval nomor ponsel peserta didik. 

Semoga bermanfaat cara yang saya berikan pada kesempatan ini. Jangan lupa  istirahat dan menjaga kualitas data sekolah anda. 

No comments: