Wednesday 23 September 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5

RINTOKUSMIRAN.COM-Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 3 subtema 1 pembelajaran 5. Pada pembelajaran 5 ini akan belajar tentang bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan plastik. Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu.bBenda yang kamu gunakan sehari-hari. Selain itu pada pembelajaran 5 ini juga mempelajari satuan panjang m, cm dan mm.

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5


Adakah benda yang bukan berasal dari kayu, kertas, atau plastik? Tuliskan bahan yang digunakan untuk membuat bendabenda tersebut. Sebutkan nama benda-benda yang dihasilkannya!

Bacalah informasi berikut ini! Benda dari Kaca Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air. 

Benda dari Logam  Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah. 

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

Benda dari Karet Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan.

Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama  temanmu!

Halaman 42 Amatilah benda-benda di sekitarmu! Adakah yang terbuat dari bahan kaca, logam, atau karet? Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel yang telah disediakan!

Jawaban halaman 42

1. Nama benda: Kaca spion, Bahan pembentuk:  kaca

2. Nama benda: Bola kaki , Bahan pembentuk:  karet

3. Nama benda: Penggaris, Bahan pembentuk:  plastik

4. Nama benda: Gayung, Bahan pembentuk:  Plastik

5. Nama benda: teplon, Bahan pembentuk:  logam

6.Nama benda: Garpu , Bahan pembentuk:  logam

Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyai sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! Sebutkan bahan yang biasa digunakan untuk membuat tempat sampah!

Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah di tempatnya?

Sekarang, musyawarahkan dengan teman sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan kebersihan di sekolahmu?

Halaman 45

Ingatlah kembali saat kamu melakukan musyawarah bersama teman-teman! Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apakah setiap anak boleh memberikan pendapatnya saat musyawarah?

2. Mengapa kita harus memberikan pendapat saat bermusyawarah?

3. Apa yang terjadi jika hanya satu atau dua orang yang memberikan pendapat?

4. Apakah kita boleh memaksakan pendapat saat musyawarah?

5. Tuliskan pengalamanmu tentang musyawarah.  Apakah menurutmu musyawarah sudah berjalan lancar?

Jawaban Halaman 45

1. Setiap anak boleh memberikan pendapat pada saat musyawarah

2. Memberikan pendapat pada saat musyawarah ada untuk mencari solusi dari pemecahan masalah secara bersama- sama.

3. Tidak apa-apa, karena peserta musyawarah sependapat dengan pendapat kawan yang memberikan pendapat tadi.

4. Tidak diperbolehkan memaksakan pendapat kepada orang lain.

5. Saya merasa senang mengikuti musyawarah karena dengan musyawarah permasahan bersama dapat terselesaikan.


Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris?  

Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm).

Beni mengukur panjang pita 5 m 30 cm (5 meter lebih 30 cm)

Berapa panjang pita dalam satuan cm?

5 m = 500 cm

5 m + 30 cm

30 cm

5 m 30 cm = 500 cm + 30 cm

= 530 cm

Jadi, panjang pita adalah 530 cm

Panjang mobil ayah Dayu adalah 410 cm

Panjang mobil ayah Dayu dalam satuan m adalah

410 cm = 400 cm + 10 cm

= 4 m + 10 cm

= 4 m 10 cm

410 cm

Jadi panjang mobil ayah dayu adalah 410 cm

halaman 48

Ubahlah sesuai satuan yang diminta!

1. 200 cm = ... m

2. 500 cm = ... m

3. 6 m = ... cm

4. 400 cm = ... m

5. 7 m = ... cm

6. 2 m 45 cm = ... cm

7. 4 m 32 cm = ... cm

8. 8 m 79 cm = ... cm

9. 4 m 8 cm = ... cm

10. 70 m 9 cm = ... cm

Jawaban halaman 48

1. 200 cm = 2 m

2. 500 cm = 5 m

3. 6 m =600 cm

4. 400 cm = 4 m

5. 7 m = 700 cm

6. 2 m 45 cm =245 cm

7. 4 m 32 cm =432 cm

8. 8 m 79 cm = 879 cm

9. 4 m 8 cm =408  cm

10. 70 m 9 cm =7009 cm

No comments: