Wednesday 2 September 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6

RINTOKUSMIRAN.COM-Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 2 subtema 2 pembelajaran 6. Pada pembelajaran 6 ini akan mempelajari tentang menemukan pesan yang  terdapat dalam dongeng dengan tepat, menceritakan kembali isi  dongeng dengan gambar,  menyebutkan arti penting bersikap  baik kepada sesama sebagai wujud pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”, menemukan sifat pertukaran pada perkalian dengan tepat, serta menggunakan sifat pertukaran pada  perkalian untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat

Hari ini Beni ingin bercerita tentang dongeng yang pernah dibacanya. Beni terkenal pandai bercerita di antara temantemannya. Ia bercerita tentang Kuda dan Keledai. Kuda dan Keledai adalah hewan yang digunakan  untuk mengangkut beban. Juga sering digunakan
untuk alat transportasi. Apakah kalian ingin tahu ceritanya?

Halaman 97
Susunlah kata-kata di bawah ini sehingga menjadi sebuah pesan moral yang terdapat pada
dongeng di tempat yang tersedia




Jawaban Halaman 97 :
Bantulah orang yang membutuhkan bantuan maka kamu juga akan  terbantu

Saat liburan Beni dan sepupu-sepupunya menginap di rumah nenek. Nenek memiliki banyak binatang peliharaan. Bebek, ayam, dan kambing ada di kandang belakang rumah. Penduduk desa tempat tinggal nenek, banyak  yang memiliki hewan ternak. Beni dan sepupu-sepupunya senang berjalan-jalan di sekitar desa.

Mereka melihat banyak binatang ternak. Mereka sudah mengunjungi peternakan
sapi, domba, dan bebek.

Setelah berkunjung ke berbagai peternakan, Beni memiliki beberapa masalah. Ia belum bisa memecahkan masalah-masalah tersebut.

Halaman 103, 104, 105
Bantu Beni menyelesaikan permasalahannya, yuk!
1. a. Di sebuah peternakan terdapat 6 kandang  domba. Jika di setiap kandang terdapat 10 ekor domba, berapa jumlah domba dalam kandang? 
   
b. Tiap kandang sesak dengan domba karena  luas kandang tidak besar. Pemilik kandang berniat membuat kandang domba lagi. Sehingga jumlah kandang domba ada 10. Berapa isi domba di tiap kandang? 
   
 c.  .........  ×  .........  = .........  ×  .........

2. a. Di peternakan sapi terdapat 9 kandang. Tiap kandang berisi 8 sapi, berapa jumlah sapi di peternakan tersebut? 

b. Ternyata 1 kandang sapi rusak. Kandang sapi 104 yang bisa digunakan tinggal 8. Berapa jumlah sapi dalam tiap kandang? 
   
 c.  .........  ×  .........  = .........  ×  .........

3. a. Paman Beni beternak burung merpati. Ia memiliki 10 kandang burung. Paman Beni menempatkan 8 ekor burung pada tiap kandang. Berapa jumlah burung merpati yang dimiliki paman Beni? 
   
b. Dua kandang rusak sehingga burung merpati  ditempatkan pada kandang-kandang yang
lain. Berapa jumlah burung merpati di tiap kandang sekarang? 
   
 c.  .........  ×  .........  = .........  ×  .........

4. a. Nenek Udin bisa membuat telur asin. Hari ini telur asinnya sudah jadi. Ia ingin membagikannya kepada semua cucunya. Cucu nenek Udin  ada 6. Jika tiap cucu mendapat 4 telur asin, berapa jumlah telur asin yang dibagikan?

   
b. Ada 2 cucu nenek tidak suka telur asin. Nenek  membagikan telur asin mereka sama banyak kepada cucu-cucu yang lain. Berapa telur asin yang didapat tiap cucu nenek yang suka telur asin? 
   
 c.  .........  ×  .........  = .........  ×  .........

Jawaban Halaman 103, 104 dan 105
1. a. 6x10 = 60; b. 6  c. 6 x 10 = 10 x 6;
2. a. 9 x 8 = 72 b. 9  c. 9 x 8 = 8 x 9
3. a. 10x8 = 80 b. 10  c.  10 x 8 = 8 x 10
4. a.   6x4 = 24 b. 6  c.  6 x 4 = 4 x 6 

No comments: