Tuesday 8 September 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6

RINTOKUSMIRAN.COM-Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 2 subtema 3 pembelajaran 6. Pada pembelajaran 6 ini akan belajar tentang penjumlahan dengan menggunakan garis bilangan dan teka-teki silang.
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6

Beni tinggal bersama ayah dan ibunya. Setiap hari Beni melakukan tugas-tugas yang menjadi kewajibannya. Salah satu tugas Beni yaitu menyiram tanaman setiap sore. 

Beni senang memelihara tanaman. Ia menyukai  mangga. Karenanya ia menanam mangga di belakang rumahnya. Beni mulai menanam dari biji. Sekarang pohon itu sudah tumbuh besar. Tinggi pohon itu sekitar 3 m. 

Setiap hari ayah, ibu, dan Beni bangun pagi. Ibu akan menyiapkan sarapan untuk semua anggota keluarga. Ayah mempersiapkan diri untuk pergi bekerja. Beni juga bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah. Beni sudah menyiapkan semua keperluan sekolahnya di malam hari. Buku-buku dan alat tulis yang akan digunakan sudah dimasukkan ke dalam tas. 

Ayah berangkat ke tempat kerja dengan sepeda motor. Kadang-kadang ayah mengantar Beni ke sekolah. Ayah Beni rajin bekerja. Ia melakukan itu semua untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Setelah Beni dan ayahnya berangkat, ibu Beni mulai melakukan aktivitas lainnya. Kegiatan  mencuci pakaian, membersihkan rumah, dan memasak dilakukan ibu Beni setiap hari. Pada siang hari akan ada seorang tetangga yang membantu ibu Beni untuk menyetrika pakaian.

Halaman 147
Tuliskanlah tugas anggota Keluarga Beni berdasarkan perannya di keluarga!

Jawaban Halaman 147

Halaman 148, 149 
Buatlah garis bilangan untuk menyelesaikan penjumlahan di bawah ini!
1. Panjang sehelai daun rambutan 8 cm. Panjang daun rambutan lainnya adalah 8 cm. Berapakah panjang kedua daun rambutan tersebut?

2. Beni mempunyai daun jeruk yang panjangnya 4 cm. Beni memegang daun jeruk yang panjangnya 3 cm. Berapakah panjang kedua daun jeruk tersebut?

3.  Edo mempunyai daun nangka dengan panjang 10 cm. Lani menemukan daun nangka dengan panjang 5 cm. Berapakah panjang kedua daun nangka tersebut?

4.  Lani mengukur 2 batang ranting panjangnya 9 cm dan 10 cm. Berapakah panjang kedua
ranting tersebut?

5.  Panjang daun sirih 7 cm. Panjang daun sirih berikutnya adalah 9 cm. Berapakah panjang
kedua daun sirih tersebut?

Jawaban halaman 148. 149


1. 8 + 8 = 16
2. 4 + 3 = 7
3. 10 + 5 = 15
4. 9 + 10 = 19
5. 7 + 9 = 16

Perawatan Tanaman Mangga
Mangga adalah buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Bentuk buah mangga bermacammacam, ada yang berbentuk agak bulat, oval, lonjong, dan lain-lain. Buah mangga memiliki kulit  yang berwarna hijau jika masih mentah. Warna kulit buah mangga ada yang berubah menjadi hijau kekuningan hingga oranye jika sudah masak.

Pohon mangga sering ditanam di pekarangan rumah atau kebun. Pemeliharaannya cukup mudah sehingga banyak orang suka menanam pohon mangga. Pemeliharaan pohon mangga meliputi penyiangan, pembumbunan, pemupukan, pemangkasan, dan pengendalian hama.

Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput atau tumbuhan liar di sekitar pohon
mangga. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan pohon mangga tidak terganggu.

Saat penyiraman tanaman, tanah di bawah pohon mangga akan merosot terbawa air. Pembumbunan dilakukan untuk menimbun kembali tanah yang merosot karena terbawa air. 

Pemupukan dilakukan untuk membantu meningkatkan kesuburan tanaman. Pupuk yang  digunakan adalah pupuk organik dan pupuk anorganik.

Pemangkasan juga perlu dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan agar produksi buah mangga jauh lebih baik.

Pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan menyemprotkan pestisida dan insektisida pada tanaman. Penyemprotan pestisida dan insektisida hanya dilakukan saat hama dan serangga menyerang. Hama yang sering menyerang antara lain kepik buah, lalat buah, codot, dan tungau.

Halaman 152

 Melengkapi teka teki silang

Jawaban halaman 152

Mendatar                          Menurun
1. hijau                             2. anorganik
3. kepik buah / lalat buah 5. kebun
4. codot                            6. pupuk
8. bulat                             7. manis
10. penyiangan                9. air

No comments: