Tuesday 15 September 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5

RINTOKUSMIRAN.COM-Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 2 subtema 4 pembelajaran 5. Pada pembelajaran 5 ini akan mempelajari pecahan yang senilai. Ayo Mengamati, Menyayangi hewan dengan cara memeliharanya adalah hal yang menyenangkan. 
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5

Hewan juga bisa dilatih untuk bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berbaris, mengendarai sepeda, dan menari. Kita dapat melihat hewanhewan yang terlatih itu dalam sebuh pertunjukan sirkus. Tidak hanya hewan yang jinak, hewan buas  pun dilatih agar bisa ikut pertunjukan.

Dalam sebuah kelompok sirkus, hewan-hewan  dilatih dan dirawat dengan baik. Selain dilatih, hewan-hewan tersebut juga diberi makanan dan dibersihkan badannya dengan teratur. Para pelatih sangat menyayangi hewan-hewan asuhannya.

Halaman 193
Petugas sirkus sedang mempersiapkan makanan untuk hewan pemakan daging. Petugas memotong daging menjadi 8 bagian sama besar. 
5 bagian daging diberikan untuk harimau. Bagian daging yang dimakan harimau, jika ditulis dalam bilangan pecahan adalah ......   jawaban  58
3 bagian daging diberikan untuk beruang. Bagian daging yang dimakan beruang, jika ditulis dalam bilangan pecahan  adalah ......  jawaban  38
Hewan manakah yang memakan bagian daging lebih banyak?... jawaban harimau

Halaman 194
Sekarang, cobalah lakukan kegiatan seperti instruksi berikut!
1. Gambarlah sebuah kotak panjang, lalu bagilah menjadi 4 bagian yang sama besar.   Warnailah 1 kotak pertama.
2. Gambarlah sebuah kotak panjang, lalu bagilah menjadi 8 bagian yang sama besar.  Warnailah 2 kotak pertama.
3. Gambarlah sebuah kotak panjang, lalu bagilah menjadi 12 bagian yang sama besar.  Warnailah 3 kotak pertama. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bagian kotak yang diwarnai? ...

Jawaban halaman 194


Seorang petugas sirkus, mempersiapkan makanan  untuk hewan-hewan peliharaannya. Petugas tersebut memotong daging menjadi 15 bagian yang sama besar. 7 bagian diberikan untuk beruang. 6 bagian diberikan untuk harimau. Sisanya mereka berikan untuk singa.


Halaman 195 
Tuliskan bilangan pecahan untuk bagian daging yang dimakan hewan-hewan tersebut.
1. Bagian daging yang dimakan harimau adalah....
2. Bagian daging yang dimakan beruang adalah....
3. Bagian daging yang dimakan singa adalah....

Jawaban Halaman 195

Hewan-hewan pemakan daging biasanya termasuk hewan buas, sehingga tidak dapat dipelihara. dengan bebas. Perlu orang ahli kalau kita mau memelihara dan melatih hewan-hewan tersebut.

Si Kancil dan Buaya
Krukukukuk...krukukuk...krukukuk...terdengar suara dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari  tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar, setelah  seharian bermain dan akhirnya tertidur di dalam hutan.

Si Kancil membayangkan mentimun, makanan kesukaannya. Kebun mentimun tumbuh subur di seberang sungai. Kancil ingin sekali memetik mentimun di kebun itu, namun Kancil kebingungan mencari cara untuk dapat menyeberangi sungai. Sementara itu, banyak sekali buaya yang tinggal di dalam sungai.

Si Kancil pun berpikir dan  mencari akal agar dapat  menyeberangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya. “Hai Buaya,..keluarlah!” teriak si Kancil. “Ada apa teriak-teriak, Kancil?” sahut Buaya.

“Apakah kalian tidak merasa lapar? Aku dengar di seberang sungai itu ada banyak daging segar yang siap disantap, kenapa kalian tidak ke sana?” tanya si Kancil. “Aku mau mengambilkan daging itu untuk kalian, asal bantu aku menyeberang sungai itu” lanjut Kancil.

“Baiklah, tetapi bagaimana kami bisa membantumu?” tanya Buaya. “Berbarislah kalian sampaiujung sungai itu, biarkan aku berjalan  menyeberangi sungai melalui punggung kalian,” kata  Si Kancil terus melompat dari satu punggung buaya ke buaya lainnya. Hingga akhirnya si Kancil sampai di seberang sungai dan mengucapkan terima kasih kepada buaya-buaya itu atas bantuannya. 


Halaman 199
Buatlah akhir dari cerita tersebut sesuai imajinasimu!
Jawaban:
Kancil sangat bahagia sekali hari ini. Karena aku telah lolos dari marabahaya buaya yang ada disungai.

Sebutkan tokoh yang ada dalam cerita dongeng dan sifatnya!
Jawaban: Kancil, buaya

No comments: