Monday 21 September 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4

RINTOKUSMIRAN.COM-Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 3 subtema 1 pembelajaran 4. Pada pembelajaran 4 ini akan mempelajari tentang solusi dari permasalahan sampah plastik.

Plastik: Solusi dan Masalah Perhatikan benda-benda yang ada di rumah mu! Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik. Ternyata, sangat banyak alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Mulai dari ember, gayung, sampai sendok sayur. Kantong kema san dan botol air minum juga terbuat dari plastik.

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4

Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda. 

Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.

Jadi, kamu dapat membayangkan apabila membuang kantong plastik sekarang. Kantong  plastik akan terurai 10-20 tahun yang akan datang. Untuk mengurangi sampah plastik, dapat dilakukan dengan 3 cara. Cara tersebut, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya  membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.

Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga.

Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi  barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi.

Kamu dapat membantu proses daur ulang dengan mengumpulkan dan mengelompokkan sampah plastik. Sampah plastik tidak dicampur  dengan sampah lainnya. Berikan sampah plastik  kepada pemulung atau petugas kebersihan. Merekalah yang akan membawanya ke pabrik daur ulang sampah.

Gunakan plastik dengan bijak agar bumi selamat!

Kamu telah membaca wacana di atas. Kamu harus dapat mengurangi dan membatasi penggunaan bahan-bahan dari plastik. Untuk itu, lakukan kegiatan reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Halaman 34 

Diskusikan dengan temanmu! Apa yang dapat dilakukan untuk reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang)? Tulis hasilnya pada tabel berikut!

Jawaban halaman 34

1. Reduce: ketika berbelanja sebaiknya  membawa tas belanja sendiri, Membeli es dengan gelas. 

2. Reuse : sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga (kerajinan)

3. Recycle: daur ulang sampah plastik

No comments: