Friday 12 February 2021

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3

Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 6 subtema 2 Pembelajaran 3. Minggu lalu siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka masih membicarakan kegiatan tersebut. Berikut ini percakapan mereka.

“Selamat pagi, teman-teman”, sapa Siti kepada  teman-temannya. 

“Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman  Siti.

“Bagaimana kabar kamu Siti? Apakah kamu  sudah sembuh?” 

“Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”,  jawab Siti.  “Oh ya, bagaimana kunjungan ke  Waduk Jatiluhur kemarin? menyenangkan tidak teman-teman?”

“Sangat menyenangkan. Banyak ilmu yang didapat.” jawab Edo.

“Ilmu apa Do’?”, tanya Siti.

“Ternyata, waduk itu dapat dijadikan pembangkit  listrik”, jelas Edo.

“Iya, makanya waduk Jatiluhur itu disebut  sebagai waduk untuk PLTA, yaitu Pembangkit 

“Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang  Listrik Tenaga Air”, tambah Udin.

“Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga  Air?” tanya Siti lagi.

“Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.”

“Bagaimana caranya energi air menjadi energi  listrik?” Siti semakin ingin tahu. akan menghasilkan tenaga listrik,” jelas Udin.

“Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik,” Lani menambahkan.

“Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo melengkapi.

“Oh begitu ya. Terima kasih ceritanya ya temanteman,” ujar Siti kepada teman-temannya.

Begitulah keseruan pembicaraan Siti dan teman-temannya. Dari pembicaraan mereka kalian mendapatkan informasi tentang manfaat waduk sebagai pembangkit listrik.

Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata. Betapa besar manfaat waduk. 

Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika waduk kering. Sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi berkurang. 

Sekarang coba pikirkan, apa akibatnya jika tidak ada listrik. Apa pula akibatnya jika sawah kering?  Kalian telah membaca wacana di atas.

Halaman 74, 75

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! Kerjakan di buku tugasmu!
1. Tuliskan 2 hal tentang Waduk Jatiluhur yang sudah diketahui!
  • Waduk Jati Luhur terletak di Purwakarta, Jawa Barat.
  • Waduh Jati Luhur disebut waduk untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
2. Bagaimana tenaga listrik dihasilkan oleh air dalam waduk? Ceritakan secara singkat!
  • “Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang  akan menghasilkan tenaga listrik. Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik. Menambahkan. Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor,”
3. Bagaimana listrik dari PLTA dapat sampai ke rumah-rumah?
  • Listrik dari PLTA akan disalurkan ke gardu-gardu, selanjutnya dari gardu listrik akan disalurkan ke rumah-rumah.
4. Apa yang akan terjadi jika air di waduk kering?
  • Yang akan terjadi jika air waduk kering adalah sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi berkurang. 
5. Tuliskan 3 masalah yang muncul bila tidak ada listrik!
  • Rumah akan gelap
  • Tidak bisa menggunakan perlatan elektronik.
Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai  panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.
Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan. 

Misalnya
1. Pukul 05.00 Lani bangun tidur. Kemudian mandi, 
berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan
sekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul
05.30. Lama kegiatan tersebut adalah
05.30
05.00
00.30
Jadi, lama waktu yang diperlukan adalah 30 menit

2. Ayah pergi bekerja pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan sampai di rumah pukul 18.00. Lama ayah bekerja dan waktu yang diperlukan dalam perjalanan adalah
18.00
07. 30
. . . . . .
Jadi,
17.60
07. 30
10.30
diambil 1 jam dan diubah menjadi satuan menit, 1 jam = 60 menit
Jadi, ayah bekerja selama 10 jam 30 menit.

Adakah cara lain yang kamu ketahui untuk menghitung lama waktu ayah bekerja? 

Halaman 79, 80
Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya
masing-masing kegiatan.

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3


No comments: