Monday 10 May 2021

TANYA JAWAB SEPUTAR SSCASN

 1. Pendaftaran

Q: Apakah SSCASN itu?

A: SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional.

SSCASN dapat diakses dengan alamat https://sscasn.bkn.go.id


Q: Bagaimana cara mendaftar Seleksi CPNS?

A: Untuk mendaftar Seleksi CPNS, silahkan masuk ke halaman https://sscn.bkn.go.id


Q: Siapa saja yang dapat mendaftar pada Seleksi CPNS?

A: Warga Negara Indonesia yang berkeinginan dan memenuhi syarat sesuai peraturan masing-masing instansi (Formasi, Jabatan, dll) selama batas usia yang dipersyaratkan terpenuhi.


Q: Bagaimana jika data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), Nama Lengkap sesuai KTP, Tempat Lahir sesuai KTP, Tanggal Lahir sesuai KTP saya tidak ditemukan/tidak sesuai di halaman Akun?

A: 1. Pendaftar menghubungi Dinas Dukcapil Kab/Kota masing-masing untuk konsolidasi data dan

2. Menghubungi call center Halo Dukcapil, dengan mengirimkan data sesuai format berikut:

# NIK

# Nama_Lengkap

# Nomor_Kartu_Keluarga

# Nomor_Telp

# Permasalahan


Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil:

Hotline : 1500537

WA : 08118005373

SMS : 08118005373

Email : callcenter.dukcapil@gmail.com


Q: Bagaimana pengisian data “Nama” yang benar?

A: "Nama" yang diisikan adalah sesuai nama yang tertera pada ijazah tanpa gelar.


Q: Bagaimana bila saya salah memasukkan "Nama" identitas saya?

A: Identitas "Nama" tidak dapat diubah setelah klik "Akhiri Pendaftaran" dihalaman di SSCN, namun dapat diperbaiki ketika Anda telah lulus seleksi CPNS dengan melampirkan "Nama" yang sesuai pada ijazah tanpa gelar.


Q: Apakah saya dapat melamar lebih dari 1 (satu) jabatan?

A: Untuk formasi CPNS tahun 2019, setiap pelamar CPNS HANYA dapat mendaftar 1 (satu) formasi jabatan pada 1 (satu) instansi dalam 1 (satu) kali periode pendaftaran.


Q: Apakah yang dimaksud dengan periode pendaftaran?

A: Periode pendaftaran adalah satu kurun waktu tertentu dimana beberapa instansi yang membuka pendaftaran pada periode yang bersamaan.


Q: Apa yang dimaksud dengan formasi khusus?

A: Formasi khusus adalah formasi lain yang diatur sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019 yaitu:

1. Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian”/Cumlaude;

2. Diaspora;

3. PenyAndang Disabilitas;

4. Putra/Putri Papua dan Papua Barat; dan

5. Tenaga Pengamanan Siber (cyber security).


Q: Bagaimana jika kode Captcha tidak terbaca atau tidak tampil?

A: Lakukan clear history (bersihkan riwayat dan cookies) kemudian refresh browser Anda.


Q: Bagaimana jika data tempat lahir saya tidak ada di referensi?

A: Data tempat lahir yang digunakan sampai pada Daerah Tingkat II (Kab/Kota) pada saat Anda lahir dan bukan data wilayah pemekaran saat ini. Pastikan data tempat lahir yang Anda ketikkan benar. Jika masih membutuhkan penambahan referensi maka dapat melakukan permintaan penambahan data tempat lahir dengan menuju ke halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn


Q: Setelah melakukan pendaftaran akun SSCN 2019, apakah bisa langsung login untuk melanjutkan pengisian biodata pendaftaran?

A: Setelah melakukan pendaftaran akun SSCN 2019, maka Anda dapat langsung melakukan pengisian biodata pendaftaran dengan login menggunakan NIK serta password yang sudah dibuat di halaman akun.


Q: Dapatkah saya mengganti/membatalkan instansi yang telah saya pilih?

A: Anda dapat mengganti instansi yang telah Anda pilih selama Anda belum mengklik tombol "Akhiri Pendaftaran".

Apabila Anda telah mengakhiri pendaftaran, Anda tidak dapat melakukan perubahan kembali.


Q: Apakah instansi yang ingin saya lamar menyediakan lokasi test di daerah saya?

A: Silahkan menghubungi instansi yang Anda lamar untuk memastikan lokasi test.


Q: Bagaimana jika muncul informasi “NIK sudah terdaftar” ketika membuat akun pendaftaran?

A: Silahkan akses halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih menu “NIK didaftarkan orang lain” dan lengkapi form isian yang tersedia.


Q: Bagaimana jika Perguruan Tinggi saya tidak tersedia di referensi?

A: Silahkan akses halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih menu “Perguruan Tinggi Tidak Ditemukan” dan lengkapi form isian yang tersedia.


Q: Bagaimana jika Program Studi saya tidak tersedia di referensi?

A: Silahkan pilih "Lain-lain" di kolom program studi, lalu lanjutkan pendaftaran ke tahap selanjutnya.


Q: Bagaimana cara mengecek lowongan informasi yang tersedia?

A: Silahkan akses halaman SSCN di https://sscn.bkn.go.id dan kemudian pilih menu Layanan Informasi -> Info Lowongan kemudian lengkapi form isian yang dibutuhkan.


Q: Apa yang dimaksud dengan masa sanggah?

A: Masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggah yang diberikan kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi dan waktu tanggapan sanggah oleh instansi untuk memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan Instansi dengan dokumen persyaratan yang diajukan pelamar sampai dengan penetapan keputusan sanggah.


Q: Apakah pelamar dapat mengajukan sanggahan?

A: Apabila setelah dilakukan pengumuman seleksi administrasi terdapat pelamar yang keberatan terhadap hasil keputusan Instansi, pelamar dapat mengajukan sanggahan paling lama 3 (tiga) hari kalender setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.


Q: Kapan batas waktu pengumuman ulang Instansi setelah masa sanggah?

A: Apabila pelamar dapat membuktikan bahwa dokumen persyaratan yang telah diunggah/disampaikan telah sesuai dengan persyaratan umum dan khusus yang ditentukan oleh instansi, instansi wajib mengumumkan ulang hasil seleksi administrasi paling lama 7 (tujuh) hari kalender setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggah.

Dengan catatan, dokumen persyaratan yang digunakan untuk sanggahan, adalah data pelamar saat awal mendaftar di SSCN 2019.


Q: Bagaimana cara pelamar dapat melakukan sanggahan?

A: Anda dapat melakukan sanggahan pada halaman SSCN di https://sscn.bkn.go.id setelah pengumuman selekasi Administrasi.


2. Persyaratan

Q: Berapa batas usia Pelamar CPNS Tahun 2019?

A: Saat mendaftar batas usia pelamar CPNS Tahun 2019 minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun atau maksimal 40 tahun bagi pelamar yang melamar jabatan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis.

Dosen, Peneliti, dan Perekayasa yang memiliki kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019.


Q: Apakah diperbolehkan menggunakan Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk pendaftaran?

A: Surat Keterangan Kependudukan dapat digunakan untuk persyaratan melamar CPNS 


Q: Apakah diperbolehkan menggunakan Surat Keterangan Lulus dari Universitas untuk pendaftaran?

A: Silahkan cek syarat pendaftaran pada masing-masing Instansi yang membuka pendaftaran SSCN 


Q: Apakah diperbolehkan mendaftar kembali menjadi CPNS jika sudah pernah mengundurkan diri dari CPNS?

A: Calon PNS yang mengundurkan diri pada saat menjalani masa percobaan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, dikenakan sanksi tidak dapat mengikuti seleksi pengadaan PNS untuk periode selanjutnya.

Q: Apakah diperbolehkan memilih formasi yang lebih rendah dari ijazah yang saya miliki?

(Misal: Saya memiliki ijazah S2 untuk melamar formasi S1)

A: Gunakan ijazah untuk melamar sesuai dengan formasi dan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan.


Q: Apakah ada kontak yang dapat saya hubungi jika ada masalah dengan STR saya?

A: Helpdesk KFN (Komite Farmasi Nasional)

Jalan H.R. Rasuna Said Blok X 5 Kav. 4-9, Jakarta 12950

Telp: (021) 5201590, ext.5809

Email: sekretariat.kfn@gmail.com


Helpdesk KKI (Konsil Kedokteran Indonesia)

Whatsapp: 081113102210 / 081113102211

Telp: (021) 31923193

Instagram: @official.kki

Twitter: @kkigoid

Email: inamc@kki.go.id


Helpdesk KTKI (Komite Tenaga Kesehatan Indonesia)

Whatsapp: 087787214141

Email: helpdesk.ktki@kemkes.go.id


3. Perbaikan Data

Q: Apakah Akreditasi Jurusan yang digunakan saat mendaftar adalah status akreditasi pada saat pelamar lulus atau akreditasi saat ini?

A: Akreditasi yang diakui adalah status akreditasi yang tertera pada saat kelulusan sesuai dengan tanggal ijazah.

Q: Apakah ada persyaratan khusus lainnya?

A: Setiap instansi mempunyai persyaratan khusus. Untuk itu pelamar diwajibkan memahami secara cermat dan teliti sebelum memutuskan mendaftar atau memilih formasi.


Q: Apakah boleh memperbaiki data jika sudah klik “Akhiri Pendaftaran” di halaman Resume?

A: Anda TIDAK DAPAT memperbaiki data jika sudah klik “Akhiri Pendaftaran” di halaman Resume. Untuk itu Anda harus BERHATI-HATI dalam mengisi data. Namun demikian, apabila ternyata masih terdapat data yang perlu diperbaiki setelah terkirim maka data tersebut dapat diperbaiki setelah lulus ujian dan akan diproses pada waktu pemberkasan penetapan NIP.


Q: Bagaimana cara mengubah pilihan instansi pendaftaran?

A: Selama Anda belum klik “Akhiri Pendaftaran” di halaman Resume Anda masih dapat mengubah pilihan instansi yang dilamar. Namun, jika Anda telah klik “Akhiri Pendaftaran” maka TIDAK DAPAT MELAKUKAN PERUBAHAN pilihan instansi yang dilamar.


4. Pencetakan Kartu

Q: Bagaimana jika hasil cetak Kartu Pendaftaran SSCN  tidak sesuai dengan isian?

A: Lakukan clear history/bersihkan riwayat pelacakan, cache, cookies kemudian refresh browser Anda.


Q: Bagaimana cara mencetak ulang Kartu Informasi Akun SSCN ?

A: Silahkan login ke halaman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah Anda buat, lalu tekan tombol Cetak Kartu Informasi Akun.


Q: Bagaimana jika Kartu Pendaftaran SSCN  saya hilang?

A: Silahkan login ke halaman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah Anda buat, lalu tekan tombol Cetak Kartu Pendaftaran.


5. Dokumen

Q: Bagaimana cara unggah dokumen persyaratan?

A: Pastikan ukuran file dan jenis file yang akan di unggah tidak melebihi dari batasan masing masing dokumen yang dipersyaratkan di SSCN. Apabila melebihi dari batasan ukuran yang ditetapkan,maka secara otomatis file atau dokumen yang Anda unggah akan ditolak oleh sistem.

Q: Bagaimana jika saya gagal unggah dokumen persyaratan?

A: Silahkan refresh halaman dan pastikan ukuran file dan jenis file yang akan di unggah tidak melebihi dari batasan masing-masing dokumen yang dipersyaratkan dalam aplikasi SSCN.

Q: Dokumen apa saja dan berapa ukuran dan tipe file yang diunggah?

A: - Scan Pas Foto berlatar belakang merah maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.

- Scan Swafoto maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.

- Scan KTP maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg.

- Scan Surat Lamaran maksimal 300 Kb bertipe file pdf.

- Scan Ijazah + Serdik/STR maksimal 800 Kb bertipe file pdf.

- Scan Transkrip Nilai maksimal 500 Kb bertipe file pdf.

- Scan Dokumen Pendukung lainnya maksimal 800 Kb bertipe file pdf.


Q: Bagaimana agar proses unggah dokumen dapat lebih cepat?

A: Bersihkan riwayat pelacakan, cache, cookies, gunakan koneksi internet yang stabil, space bandwith yang cukup sehingga dalam pengiriman file atau berkas tidak mengalami kendala.


Q: Saya sudah melamar secara online, apakah perlu mengirimkan berkas fisik untuk seleksi administrasi?

A: Berkas fisik untuk seleksi admin tergantung pada kebutuhan masing-masing instansi. Untuk itu perhatikan pengumuman dari masing-masing instansi.

Q: Apakah saya dapat mengganti dokumen yang sudah saya unggah?

A: Dokumen yang sudah diunggah masih dapat diganti selama Anda belum klik “Akhiri Pendaftaran”.

6. Koneksi

Q: Bagaimana jika Portal Pendaftaran yang diakses lambat atau tidak dapat diakses?

A: Pastikan koneksi internet Anda dalam kondisi stabil dan layanan internet yang digunakan mempunyai cukup bandwidth. Serta browser yang digunakan adalah yang terbaru.

Q: Bagaimana jika saat pengisian pendaftaran koneksi terputus?

A: Pastikan Koneksi internet yang digunakan dalam kondisi stabil. Refresh ulang browser yang digunakan. Login kembali jika diperlukan, lalu ulangi proses pendaftaran.

7. Login

Q: Bagaimana jika saya lupa password login ke Pendaftaran SSCN?

A: Silahkan akses halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih menu “Reset Password Akun SSCN” dan lengkapi form isian yang tersedia.

Q: Bagaimana jika saya lupa Jawaban Pengaman-1?

A: Silahkan akses halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih menu “Lupa Jawaban Pengaman 1” dan lengkapi form isian yang tersedia.

Q: Bagaimana jika saya lupa Jawaban Pengaman-2?

A: Silahkan akses halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih menu “Lupa Jawaban Pengaman 2” dan lengkapi form isian yang tersedia.











No comments: