Sunday 2 June 2019

CARA CEK KEASLIAN SURAT DARI KEMDIKBUD

Cara cek keaslian surat dari kemdikbud, akan menarik bila dibahas pada artikel saya  kali ini. Mengapa demikian?. Sebagai instansi yang bergerak dalam dunia pendidikan sekolah sering kali mendapat surat dari kemdikbud baik yang dikirim via surat elektornik maupun via surat melalui POS. 

Lalu Bagaiman kita mengenali surat yang kita terima itu asli atau palsu?. Dewasa ini seiring dengan perkembangan zaman, diikuti pula dengan perkembangan motif kejahatan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab guna memperoleh keuntungan semata dengan cara melakukan penipuan. Korban sasaran penipuan biasanya adalah lembaga/ instansi pemerintah dalam hal ini sekolah.

Sebagai penerima surat tentunnya kita dibuat binggung, yang surat tersebut biasanya berisi permintaan data yang langsung ke sekolah-sekolah tanpa melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kota. Yang mana biasanya diminta data Pegawai dengan menyantumkan data diri, tempat tanggal lahir, Nama asli, rekening tabungan, kontak pribadi/email maupun nomor telphone/handphone.

Data yang diminta  biasanya berupa softcopy yang ditujukan ke alamat email yang tercantum pada surat tersebut. Jika data tersebut menggunakan alamat email kemdikbud@gmail.com. Dan perlu diketahui alamat email kemdikbud menggunakan domain Kemdikbud.go.id.

Apabila sekolah sudah mengirim data maka pihak sindikat penipuan ini akan menghubungi via telp/ kontak whatsapp kepada calon korban dan meminta sejumlah uang. 

Lalu bagaimana cara kita mengetahui surat itu palsu atau asli. Kemdikbud dalam hal ini memberikan sebuah terobosan yang diluncurkan berupa E-Office Aplikasi Perkantoran Elektronik. Aplikasi ini sebagai jawaban terhadap permasalahan yang dilaporkan oleh sekolah yang menerima surat palsu. Dengan aplikasi ini anda bisa mengecek keaslian surat tersebut.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan pengecekan keaslian surat dari kemdikbud melalui aplikasi perkantoran elektronik dengan cara sebagai berikut:
  1. Pastikan anda memiliki jaringan internet.
  2. Siapkan handphone atau bisa juga menggunakan laptop/PC.
  3. Silahkan akses alamat ini : https://persuratan.kemdikbud.go.id/
  4. Silahkan klik gambar amplop surat "Cek Surat"
  5. Lalu anda masukkan nomor surat tersebut ya " Misalkan 3509/B5.2/GT/2019
  6. silahkan masukkan Kode captcha yang muncul ke dalam kotak yang telah disediakan
  7. Klik Cek Surat Keluar.
  8. Bila memang surat tersebut asli maka akan muncul beberapa informasi seperti: 1. Tanggal : 2019-05-31 Penandatangan : Dr. Santi Ambarrukmi, M.Ed - Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan - GTK Perihal : Permintaan Data Kepala Tenaga Adm Sekolah Jenjang SMP, SMA, dan SMK Unit Kerja : Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Penerima Surat
  9. Isi surat tidak boleh dilihat orang !
Mudah bukan cara mengetahui keaslian surat dari Kemdikbud, teliti dalam membaca dan memahami surat adalah salah satu cara untuk yang perlu dilakukan agar kita tidak menjadi korban penipuan. Selain itu anda juga bisa konfirmasi ke kabupaten/kota. 
CARA CEK KEASLIAN SURAT DARI KEMDIKBUD
Gambar 1 

CARA CEK KEASLIAN SURAT DARI KEMDIKBUD
Gambar 2

CARA CEK KEASLIAN SURAT DARI KEMDIKBUD
Gambar 3


Semoga artikel ini berguna bagi kita semua, dan sampai ketemu lagi dengan artikel saya selanjutnya.

Sumber: 

No comments: