Saturday 22 June 2019

Cara cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word

Cara cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word, pada atikel saya kali ini akan mengulas dengan tuntas cara cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word. Bagi anda yang bekerja pada bagian administrasi baik itu pada lembaga pemerintah maupun swasta cara  cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word tentunya sangat bermanfaat.

Lalu apakah cara  cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word dapat diterapkan oleh seorang guru dalam mengedit dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tentunya sangat bisa bahkan sangat membantu rekan-rekan guru dalam melakukan edit RPP. Dengan menggunakan cara  cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word ini anda dapat menghemat waktu serta menghindarkan diri dari kesalahan dalam pengeditan.

Sebagai contoh begini setelah anda mengedit Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tentunya anda akan melakukan cetak dokumen hasil pekerjaan kita. Ternyata hasilnya masih ada yang belum teredit dengan sempurna. Bisa dibilang ada beberapa kata yang terlewatkan. Misalnya anda akan mengedit Tahun Pelajaran 2018/2019 menjadi Tahun pelajaran 2019/2020 jika anda menggunakan cara manual kemungkinan terjadi kesalahan dalam pengeditan. Repot bukan? sudah kita cetak ternyata masih ada yang salah. Berapa kerugian yang kita peroleh dengan keadaan ini, misalnya yang mudah saja anda rugi waktu, kertas bahkan tinta printer anda.

Namun anda tidak usah kuatir saya akan memberikan cara  cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word agar semua kejadian yang saya ceritakan di atas tidak terjadi pada anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk mengedit dokumen dengancara  cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word :

1. Silahkan anda buka buka dokumen yang akan anda edit.
2. Silahkan anda block kata yang akan anda edit misalkan 2018/2019.
3. Kemudian anda tekan tombol CTRL + F.
4. Lalu akan muncul seperti gambar di bawah ini.



5. Akan muncul Tahun Pelajaran 2018/2019 berwarna biru pada pojok sebelah kiri dibawah Navigasi. 

6. Selanjutnya silahkan anda arahkan kursor anda ke " Tahun Pelajaran 2018/2019 " klik panah ke bawah pada nagivasi tersebut perhatikan pada gambar di bawah ini.

7. Klik Replace lalu akan muncul kotak dialog find dan Replace.
8. Perhatikan pada kolom replace with silahkan diisi dengan kata " Tahun Pelajaran 2019/2020.
9. Kemudian anda klik Replace All
10. Muncul kotak dialog baru microsoft Word baru yang berisi " word has finished searching selection. 1 replacement. Do you want to search the remainder of the document?" pilih "Yes" . Perhatihan gambar di bawah ini.

11. Muncul kotak dialog baru microsoft Word baru yang berisi " Word has reached the end of the documen. 28 replacements were made. Do you want to continue searching at the beginning?" kemudian klik yes. Seperti pada gambar di bawah ini.


12. Muncul kotak dialog baru microsoft Word baru yang berisi " word has completed its search of the dokumen anda has made 29 replacements." Klik Ok seperti pada gambar di bawah ini.


13. Hasilnya semua kata "Tahun Pelajaran 2018/2019" berubah secara otomatis menjadi " Tahun Pelajaran 2019/2020, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Hasil Akhir
Hasil Akhir

Mudah bukan, lakukan langkah-langkah yang sama untuk melakukan pengeditan yang lainnya mulai dari langkah nomor 1 sampai dengan nomor 13, saya rasa cara  cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word  ini akan efektif digunakan bagi anda yang berkeinginan mengedit dokumen tahun lalu, bulan lalu dengan menggunakan cara ini. Juga ada penghematan waktu dan pekerjaan menjadi lebih rapi serta mengurangi kesalahan dalam proses pengeditan.

Bekerja dijaman serba digital tentunya diperlukan cara berkerja yang kekinian dengan memanfaatkan beberapa fitur pada microsoft word yakni Find dan replace. Tentunya atasan anda juga menjadi senang karena pekerjaan anda cepat selesai dan tanpa adanya salah pengeditan. Dan anda juga bisa dapat penghargaan dari atasan anda.  Menyenangkan buka cara  cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word.

Semoga artikel cara  cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word  bisa membantu anda dalam tugas adminstrasi anda. Berikan komentar yang bersifat membangun atau anda juga dapat membagikan artikel cara  cepat edit dokumen dengan fitur Find and Replace pada micosoft word  ke media sosial yang anda miliki. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.

No comments: