Wednesday 12 June 2019

TIPS MENCEGAH KECANDUAN GAWAI PADA ANAK

Tips mencegah kecanduan gawai pada anak, sebagai orangtua yang berperan dalam perkembangan anak tentunya kecanduan gawai membawa dampak yang kurang baik. Bagaimana langkah pencegahan yang perlu dilakukan agar dampak kecanduan gawai dapat diminimalisir.

tips mencegah kecanduan gawai pada anak
Tips mencegah kecanduan gawai pada anak

Sebelum mengulas kecanduan gawai secara tuntas, tidak ada salahnya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu gawai. Menurut wikipedia Bahasa Indonesia Gawai dalam Bahasa Inggris disebut Gadget adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.

Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil. Sebagai contoh:
  1. Komputer merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya yaitu laptop/notebook/netbook.
  2. Telepon rumah merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya telepon seluler.

Setelah mengetahui apa itu gawai? Sekarang bagaimana cara melakukan pencegahannya?. Berikut ini akan saya bagikan tips mencegah kecanduan gawai pada anak yang dapat diterapkan oleh orangtua di rumah adalah sebagai berikut:
  1. Adanya aturan yang dikomunikasikan atau disepakati dengan anak berkaitan dengan kapan dan berapa lama boleh bermain gawai.
  2. Adanya pengawasan artinya gawai dalam penguasaan orangtua sehingga anak minta ijin jika menggunakannya.
  3. Konsisten penegakkan aturan.
  4. Adanya keteladanan orangtua dalam penggunaan gawai.
  5. Adanya durasi kesepakatan ketika anak mulai membuka gawai, disepakati sampai jarum jam menunjukkan angka berapa (sambil mengenalkan membaca pada anak, jika anak belum paham).
  6. Peringatkan saat waktu bermain gawai sudah hampir habis ( 5-10 menit), sekaligus melakukan pembelajaran anak berkaitan perhitungan waktu.
  7. Berikan Sanksi yang bersifat mendidik bila anak melakukan pelanggaran ( misalnya pengurangan waktu bermain gawai).
Sebagai orangtua tentunya kita perlu melakukan pengawasan terhadap konten yang diakses oleh anak. Berikan rokemendasi permainan yang bersifat mendidik sehingga selain anak menjadi senang dan gembira anak juga mendapatkan pengalaman yang berharga dari permainan yang dilakukanya. 

Semoga artikel berkaitan dengan tips mencegah kecanduan gawai pada anak ini bisa  membantu orantua dalam melakukan bimbingan dirumah. Marilah kita dampingi anak kita dari dampak negatif penggunaan gawai. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.  
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Gawai

No comments: