Wednesday 12 June 2019

CARA CEK PENERIMA PIP SMP

Cara cek penerima PIP SMP tentunnya sangat dibutuh oleh satuan pendidikan sekolah menengah pertama khususnya yang peserta didiknya menerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).
cara cek penerima PIP SMP
Cara cek penerima PIP SMP

Bantuan program Indonesia Pintar diperuntukkan oleh siswa yang memenuhi kreteria antara lain: Siswa kurang mampu, Keluarga Penerima PKH, Siswa daerah rawan bencana, siswa rentan kemiskinan, dan peserta didik dengan status yatim piatu.

Harapan pemerintah dengan adanya program beasiswa PIP ini adalah agar siswa yang kurang mampu dapat bersekolah sesuai dengan cita-cita mereka. Hal ini juga sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 Bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pengajaran.

Sebagai sekolah yang menerima bantuan beasiswa PIP sekolah bisa mengakses siapa saja siswa yang menerima bantuan tersebut. Tentunya siswa tersebut sudah diajukan melalui aplikasi dapodik sekolah tersebut. Dengan menginput data sesuai dengan penghasilan orangtua mereka. Dan data tersebut sudah disinkronkan ke server dapodik.

Berikut ini adalah cara cek penerima PIP SMP:
  1. Persiapkan Laptop/PC anda
  2. Jaringan Internet
  3. Persiapkan NPSN sekolah anda
  4. Persiapkan Kode registrasi Aplikasi Dapodik Sekolah anda
  5. Silahkan buka browser pada perangkat PC/Laptop anda
  6. Buka alamat ini https://pip.kemdikbud.go.id/smp/sekolah/
  7. Silahkan masukkan NPSN sebagai user
  8. Masukkan Kode Registrasi Aplikasi Dapodik Sekolah anda Sebagai Password
  9. Klik Sign in 
  10. Anda beranda pada beranda " Sebagai Admin Sekolah"
  11. Kemudian Klik siswa berada pada sebelah kiri
  12. Silahkan pilih Tahun sesuai yang anda inginkan Terdapat 3 pilihan tahun ( 2017, 2018, 2019).
  13. Lalu akan muncul data penerima PIP SMP sekolah anda meliputi: Nama Siswa, Rekening bank penyalur, Nominal, waktu pencairan, Kelas, NISN, Tahap, Virtual ACC, dan Nomor rekening.
Selamat  mencoba semoga berhasil ya, pergunakan cara ini dengan seksama. Semoga artikel ini berguna bagi kita semua. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya. Bila artikel ini berguna bagi anda, anda diperbolehkan membagikan konten ini di media sosial yang anda miliki. Berikan komentar yang bersifat membangun. Sampai Jumpa dengan artikel saya selanjutnya.

Sumber: https://pip.kemdikbud.go.id/smp/sekolah/

No comments: