Saturday, 6 July 2019

BUKTI FISIK AKREDITASI PAUD TERBARU

Bukti fisik akreditasi PAUD terbaru, Akreditasi sekolah sudah menjadi suatu keharusan yang perlu dilakukan oleh semua satuan pendidikan mulai jenjang PAUD sederajat, SD Sederajat, SMP Sederajat, SMA/SMA sederajat dan Perguruan tinggi. Begitu juga dengan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini wajib melaksanakan akreditasi sekolah. 
Bukti fisik akreditasi PAUD terbaru
Bukti fisik akreditasi PAUD terbaru

Mengapa satuan pendidikan wajib melaksanakan akreditasi sekolah? Akreditasi sebagai suatu proses yang berlangsung secara terus-menerus guna refleksi diri serta evaluasi diri sekolah. Sejauh mana progres yang dicapai oleh sekolah terhadap peningkatan mutu pelayanan yang diberikan oleh satuan pendidikan tersebut. Sebagai acuan puncak target akreditasi sekolah adalah Standar Nasional Pendidikan. Selain itu juga hasil akreditasi sekolah dapat dijadikan referensi dalam menyusun program sekolah, rencana kegiatan anggaran sekolah terutama pada standar-standar tertentu yang sudah baik dipertahankan dan dilakukan perbaikan pada standar-standar yang dirasa perlu adanya perbaikan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa orangtua peserta didik akan memasukkan anak kesayangannya ke satuan pendidikan PAUD yang memiliki akreditasi A atau B. Kondisi ini dapat diajadikan semangat oleh sekolah yang akan memperbaiki status akreditasi satuan pendidikan.

Sebelum melakukan serangkaian proses akreditasi satuan pendidik PAUD perlu mengelompokkan bukti fisik yang dimiliki ke dalam 8 standar Pendidkan. Selanjutnya ke 8 standar Pendidikan tersebut dimuat ke dalam instumen akreditasi sekolah. Bila seluruh instrumen sudah terisi langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengisi aplikasi online berbasis web pada alamat https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena/.

Bukti fisik akreditasi PAUD terbaru dapat dijadikan referensi satuan pendidikan/lembaga PAUD yang akan melakukan akreditasi. Secara umum Bukti fisik akreditasi PAUD terbaru ini dapat anda simak pada penjelasan dibawah ini?

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan

  1. Dokumen PPA berdasarkan meliputi 6 aspek lingkup perkembangan
  2. Dokumen PPA sesuai Kelompok Usia
  3. Bentuk dokumentasi / rekaman Pencapaian

Standar Isi

  1. Kurikulum operasional yang mencakup 6 (enam) aspek pengembangan
  2. Dokumen yang menggambarkan pelaksanaan aspek lingkup perkembangan
  3. Dokumen acuan standar kurikulum operasional yang digunakan
  4. Dokumen peninjauan kurikulum yang dilakukan
  5. Dokumen kegiatan layanan berdasarkan atas kelompok usia anak
  6. Dokumen alokasi waktu layanan harian
  7. Dokumen alokasi waktu layanan mingguan
  8. Dokumen jumlah pendidik dan jumlah peserta didik menurut kelompok usia.
  9. Dokumen Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang digunakan
  10. Dokumen kalender pendidikan
  11. Dokumen pelaksanaan sosialisasi kalender pendidikan

Standar Proses 

  1. Fotokopi dokumen Rencana Kegiatan Semester (RKS)
  2. Fotokopi dokumen Rencana Kegiatan Mingguan (RKM)
  3. Fotokopi dokumen Rencana Kegiatan Harian (RKH)
  4. Fotokopi buku panduan pelaksanaan program holistik-integratif dan lain-lain yang relevan
  5. Fotokopi dokumen pelaksanaan program PAUD memuat unsur holistik integratif
  6. Foto dan dokumentasi pelaksanaan pembelajaran yang menunjukan kegiatan suasana bermain dengan peserta didik
  7. Fotokopi dokumen kegiatan pembelajaran yang digunakan serta dilengkapi foto kegiatan pendukung
  8. Fotokopi dokumen RKH dan dokumentasi foto pelaksanaan kegiatan pembelajaran
  9. Fotokopi dokumen panduan, jadwal, hasil

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  1. Dokumen kualifikasi akademik pendidik (ijazah, SK pengangkatan, dll).
  2. Dokumen pendukung yang berisi kesesuaian antara kualifikasi pendidik dengan piagam penghargaan dan sertifikat pada kegiatan perlombaan guru, seminar, workshop
  3. Dokumen pendukung yang sesuai dari kualifikasi akademik tendik ijazah, SK pengangkatan, 
  4. Dokumen pendukung yang berisi kesesuaian antara kualifikasi pendidikan dengan piagam penghargaan dan sertifikat pada kegiatan perlombaan tendik, seminar, workshop.

Standar Sarana dan Prasarana

  1. Dokumen sarana pendidikan berupa foto, daftar inventaris sarana pembelajaran menurut jenis dan jumlahnya.
  2. Dokumen kepemilikan lahan
  3. Denah yang menunjukan ruang beserta ukuran
  4. Dokumentasi foto semua ruang dan halaman bermain
  5. Dokumentasi foto prasarana instalasi

Standar Pengelolaan 

  1. Rumusan Visi 
  2. Rumusan Misi 
  3. Rumusan Tujuan 
  4. Dokumen sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan 
  5. Dokumen Rencana Kerja Tahunan 
  6. Dokumen Rencana Kerja Lima Tahunan
  7. Dokumen struktur organisasi 
  8. Dokumennya. deskripsi Tupoksi personalia
  9. Dokumen kerjasama/kemitraan dengan pihak lain 
  10. Buku panduan pelaksanaan 
  11. Sampul buku administrasi 
  12. Dokumen Sistem Informasi Manajemen (SIM) 
  13. Dokumen pengawasan terhadap proses dan hasil pelaksanaan program 
  14. Dokumen laporan hasil pengawasan pelaksanaan kegiatan 
  15. Dokumen penilaian hasil kerja
  16. Dokumen hasil penilaian

Standar Pembiayaan

  1. Dokumen jenis pembiayaan yang direncanakan oleh satuan PAUD
  2. Dokumen sumber dana per tahun satuan PAUD
  3. Dokumen laporan keuangan
  4. Dokumen pengadministrasian

Standar Penilaian Pendidikan

  1. Bukti fisik berupa dokumen Panduan Penilaian yang memuat: Tujuan Penilaian, Prinsip Dasar Penilaian, Prosedur Penilaian, Bentuk dan Teknik Penilaian
  2. Bukti dokumen seluruh instrumen pelaksanaan penilaian program PAUD 
  3. Bukti penyerahan dan penerimaaan  laporan hasil penilaian kepada orangtua peserta didik
Dari penjelasan di atas tentunya anda sudah dapat mengetahui bukti fisik apa saja yang sudah dimiliki oleh satuan pendidikan /lembaga anda. Bagaimana bila bukti fisik tersebut belum ada? Sebagai bahan referensi anda dapat menggunakan Bukti fisik akreditasi PAUD terbaru untuk melengkapi bukti fisik yang belum ada.


Bagi anda yang memerlukan  Bukti fisik akreditasi PAUD terbaru 8 standar dapat anda unduh pada link dibawah ini. Setelah anda mengunduh yang perlu anda lakukan adalah mengedit sesuai dengan kondisi data pada satuan pendidikan/lembaga yang anda miliki.

Salah satu faktor penentu suksesnya serangkaian akreditasi sekolah adalah adanya hubungan kerjasama yang baik dalam TIM akreditasi . Pastikan semua sendi-sendi TIM saling berkolaborasi dengan baik, mengapa demikian?. Kolaborasi TIM akreditasi sekolah sangat dibutuhkan bertujuan untuk meminimalisir kesalahan pemahaman dalam memaknai instrumen dan bukti fisik akreditasi PAUD. Misalkan ada beberapa bukti fisik yang dipergunakan oleh lebih dari satu standar. Hal inilah yang perlu dikomunikasikan dengan baik. Perlu dilakukan sesering mungkin rapat koordinasi antar sesama anggota TIM akreditasi sekolah. 


Semoga artikel saya tentang bukti fisik akreditasi PAUD terbaru dapat membantu anda dalam mengsukseskan serangkain proses akreditasi PAUD pada satuan pendidikan/lembaga di mana anda bertugas mulai dari awal kegiatan pengisian instrumen hingga pada saat pelaksanaan visitasi akreditasi sekolah oleh asesor yang melakukan penilaian. Harapan saya sekolah/lembaga PAUD anda mendapatkan hasil akreditasi sekolah yang lebih baik dan memuaskan. 

Terima kasih saya ucapkan atas kujungan anda, bila memang artikel ini bermanfaat anda juga dapat membagikan pada akun sosial media yang anda miliki, jangan lupa berikan komentar yang bersifat membangun guna keberlangsungan blog ini, tentunya dengan komentar yang bersifat membangun. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.

Sumber :https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena/

2 comments:

Wawan Ikhwana said...

Terima kasih pa

RINTO KUSMIRAN said...

terima kasi semoga bermanfaat