Saturday 13 July 2019

PEDOMAN PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini, Penilaian merupakan proses pengukuran terhadap  hasil dari kegiatan belajar anak. Penilaian kegiatan belajar di PAUD menggunakan pendekatan penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian proses dan hasil belajar untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan fakta yang sesungguhnya. Penilaian dilakukan secara sistematis, terukur, berkelanjutan, dan menyeluruh yang mencakup pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.


Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini, dalam keseharian guru bekerja bersama anak.  Selain guru memfasilitasi anak, guru juga melakukan pengamatan. Guru mengamati hal-hal apa saja yang anak tahu, apa saja yang anak bisa, dan apa saja yang menjadi kebiasaan anak.

Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini, harapannya, bahwa setelah guru mengetahui tiga hal  Kenalilah apa yang menjadi minat,
kekuatan dan kebutuhan anak! tersebut, guru dapat merancang program pengembangan
pembelajaran sesuai dengan minat, kekuatan, dan kebutuhan anak. Program pengembangan pembelajaran yang disusun dan direncanakan sesuai dengan prinsip-prinsip perkembangan anak akan menstimulasi potensi anak menjadi anak yang kompeten. Anak yang semakin tahu, semakin bisa, dan semakin memiliki kebiasaan yang baik.

Berbagai informasi tentang kemajuan anak ini merupakan hasil belajar yang perlu disampaikan pada orang tua. Dengan diperolehnya berbagai informasi tentang anak, orang tua dan guru memperoleh gambaran capaian hasil belajar anak. Capaian ini diukur
berdasarkan standar PAUD yang telah ditetapkan secara nasional, yang tertulis di dalam Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang Standar PAUD dan 146 tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD.

Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini,
Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini,
Secara umum gambaran Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini adalah sebagai berikut:
1. Apa itu Penilaian
2. Mengapa perlu dilakukan penilaian
3. Apa yang dinilai
4. Kapan melakukan penilaian terhadap anak
5. Siapa yang melakukan penilaian terhadap anak
6. Bagaimana melakukan proses penilaian

  • Perhatikan prinsip-prinsip dalam melakukan penilaian
  • Lakukan proses pengamatan terhadap anak
7. Di mana menyimpan semua data/informasi tentang anak
8. Bagaimana cara mengolah data/informasi tentang anak?
  • Langkah-langkah dalam mengolah data
  • Kompilasi hasil penilaian data
  • Mengisi Data ke dalam Penilaian Perkembangan Anak
9. Bagaimana pelaporan perkembangan anak kepada orang tua
  • Etika Pelaporan
  • Jenis Pelaporan
  • Waktu Pelaporan
  • Bentuk Pelaporan Semester

Bagi anda yang memerlukan Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini dapat anda unduh pada link disini

Semoga artikel saya berkaitan dengan Pedoman Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini ini memberikan maanfaat bagi kita semua, bila artikel ini bermanfaat silahkan anda bagikan, dan jangan lupa beriakn komentar yang bersifat membangun.

No comments: