Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan acuan pelaksanaan kurikulum PAUD 2013 sesuai dengan teori,filosofi , dan landasan pengembangan kurikulum tersebut yang disertai dengan contoh-contoh penerapannya.
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini |
Sebagai gambaran umum Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi beberapa hal dibawah :
1. Mengapa Pedoman ini di susun?
- Mengapa Pedoman Strukutur K-13 PAUD Ini Diperlukan?
- Apa Tujuan Dari Pedoman Strukutur K-13 PAUD Ini?
- Apa yang menjadi landasan Penyusunan Pedoman Strukutur K-13 PAUD ini?
- Siapa Sasaran dari Pedoman Strukutur K-13 PAUD Ini?
2. Kerangka Dasar K-13 Paud: Apa, Mengapa Dan Bagaimana
- Bagaimana Pengertian Kurikulum berdasar K-13 PAUD?
- Apa tujuan K-13 PAUD itu?
- Apakah Kerangka Dasar K-13 PAUD itu?
3. Struktur K-13 Paud: Apa, Mengapa Dan Bagaimana
- Apakah Struktur K-13 PAUD Itu? Dan Apa sajakah yang termasuk dalam Struktur K-13 PAUD Itu?
- Bagaimana memahami setiap hal terkait Struktur K-13 PAUD?
- Bagaimana Memahami Muatan Kurikulum?
- Bagaimanakah Memahami Kompetensi Inti?
- Bagaimakah Memahami Setiap Rumusan Kompetensi Dasar?
- Bagaimana Cara Melakukan Pemetaan Lingkup Perkembangan dengan Kompetensi dasar
- Bagaimana cara menghitung Lama Belajar yang dibutuhkan oleh setiap Satuan PAUD untuk mencapai Muatan Kurikulum, KI dan KI yang telah ditetapkan?
- Bagaimana memahami Indikator Perkembangan Dalam K-13 PAUD?
Pedoman disusun secara sederhana, menarik, ramah, dan aplikatif agar dapat dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan PAUD yang kondisi dan potensinya beragam, serta dapat dijadikan rujukan sesuai dengan kajian-kajian yang melandasinya.
Pedoman implementasi Kurikulum 2013 PAUD ini merupakan contoh yang memungkinkan penyesuaian lebih lanjut degan kondisi, potensi, dan budaya setempat. Hal penting dalam Kurikulum 2013 PAUD adalah keterbukaan dalam menerima perubahan, baik perubahan dalam cara berpikir, kebiasaan, sikap, maupun cara kerja. Perubahan tersebut akan berimbas pada perubahan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik.
Buku ini sangat terbuka untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan.
Saya mengucapkan terima kasih kepada penyusun, penelaah, penyunting, dan semua pihak yang telah bekerja keras menyelesaikan pedoman implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini ini. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua dan dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan pendidikan anak usia dini.
Bagi anda yang memerlukan Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dapat anda unduh pada link disini
Semoga artikel saya berkaitan dengan Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini ini memberikan maanfaat bagi kita semua, bila artikel ini bermanfaat silahkan anda bagikan, dan jangan lupa beriakn komentar yang bersifat membangun
No comments:
Post a Comment