Friday, 12 July 2019

PEDOMAN PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Pedoman disusun secara sederhana, menarik, ramah, dan aplikatif agar dapat dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan PAUD yang kondisi dan potensinya beragam, serta dapat dijadikan rujukan sesuai dengan kajian-kajian yang melandasinya.
Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,
Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,

Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, ini merupakan contoh yang memungkinkan penyesuaian lebih lanjut degan kondisi, potensi, dan budaya setempat. Hal penting dalam Kurikulum 2013 PAUD adalah keterbukaan dalam menerima perubahan, baik perubahan dalam cara berpikir, kebiasaan, sikap, maupun cara kerja. Perubahan tersebut akan berimbas pada perubahan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik 

Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini secara umum membahas berkaitan dengan hal-hal di bawah ini:

1. Mengapa Harus Menggunakan Tema dalam Pembelajaran PAUD?  

  • Mengapa memakai tema?  
  • Apa Pengertian tema? 
  • Apa manfaat tema?  
  • Program Pengembangan apa yang dibangun melalui tema?  
  • Apa prinsip-prinsip dalam memilih tema?

2. Teknik Pengembangan Tema  

  • Bagaimana merumuskan tema? 
  • Objek apa saja yang dapat dijadikan tema?  
  • Seberapa luas tema dapat dikembangkan?  
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan? 
  • Bagaimana merumuskan kompetensi dasar dan materi pembelajaran dikaitkan dengan tema?  
  • Apakah puncak tema itu?  
  • Bagaimana mengembangkan kegiatan dalam transisi antartema?  

Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik dipandang sesuai dengan pola kerja otak karena membahas satu tema dari berbagai konsep dan aspek perkembangan. Penentuan tema sangat terbuka. Artinya, satuan PAUD dapat menentukan tema yang akan digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan minat anak, situasi dan kondisi lingkungan, serta kesiapan guru mengelola kegiatan.

Penentuan tema tidak sekadar mudah diterapkan, tetapi perlu memperhatikan beberapa
prinsip agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam. Keluasan tema
bergantung pada kemampuan guru dalam menguasai tema tersebut.

Hal penting yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan tema adalah
kebermaknaan tema dalam membangun pengalaman belajar yang bermutu bagi anak usia dini. Oleh karena itu dalam menentukan tema menjadi penting bila diawali dengan identiļ¬kasi tema dan sekaligus ketertarikan anak terhadap topik tertentu. Untuk memberikan wawasan kepada para guru PAUD dalam mengembangkan tema pembelajaran, maka disusun“Pedoman Pengembangan Tema dalam Pembelajaran Anak Usia Dini”. 

Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam mengembangkan tema di
lembaga PAUD masing-masing.

Bagi anda yang memerlukan Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, dapat anda unduh disini

Semoga sertikel saya berkaitan dengan Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda jangan lupa berikan komentar yang bersifat membangun. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.

No comments: