Thursday 4 July 2019

RILIS DAPODIK PAUD VERSI ONLINE TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rilis Dapodik Paud Versi Online Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil. Pada hari ini tanggal 04 Juli 2019 ada pemberitahuan secara resmi pada Dasbor  sekolah jenjang paud yang menggunakan aplikasi dapodik versi online. Mulai tanggal 4 Juli 2019, pengisian data Dapodik PAUD dan Dikmas dapat dilakukan kembali. 
Juknis dan Pedoman yang wajib dimiliki oleh satuan pendidikan jenjang PAUD

Bagi operator PAUD saat ini, penginputan hanya dapat dilakukan melalui aplikasi/metode Dapodik Online (http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik). Kami akan merilis aplikasi Dapodik Offline dalam waktu dekat.

Bagi satuan pendidikan PAUD yang hendak menggunakan aplikasi Dapodik Online, silahkan mengubah dulu metode sinkronisasinya melalui aplikasi Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas (http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id)
Rilis Dapodik Paud Versi Online Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil
Rilis Dapodik Paud Versi Online Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil

Dengan rilisnya dapodik paud versi online maka satuan pendidikan paud bisa memulai mengentri data-data berkaitan dengan seluruh pendataan sekolah jenjang paud. Perlu diketahui oleh operaotor sekolah jenjang paud diantaranya berkaitan dengan kelulusan siswa tingkat akhir. Maka anda harus meluluskan data tersebut, dengan tujuan agar data anda ditarik oleh satuan pendidikan yang lebih tinggi dalan hal ini Sekolah Dasar. 

Kapan berakhirnya masa pengentrian data pada dapodik paud versi online yakni selama masa semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan waktu 180 hari atau boleh dibilang 6 bulan. Waktu yang relatif lama, namun akan lebih baik jika dilaksanakan dengan waktu sesegera mungkin. Hal ini bertujuan apa bilaterjadi kesalahan input data maka operator sekolah masih ada waktu untuk memperbaruinya sesuai dengan data yang benar berdasarkan bukti fisik yang ada. 

Lalu data apa yang perlu dientri pada tahun ini?. Perhatikan penjelasan sebagai berikut:

  1. Silahkan cek menu validasi langkah ini bertujuan untuk mengetahui data yang bersifat invalid dan warning
  2. Silahkan anda perbarui data sekolah berkaitan dengan kondisi kerusakan bangunan pada menu sarana dan prasarana.
  3. Data Rinci Sanitasi untuk Periode ini belum diisi.
  4. Luas Tanah Milik/Bukan Milik Wajib Diisi Salah Satu atau Keduanya
  5. Meluluskan Peserta didik tingkat akhir.
  6. Pembagian tugas guru.
  7. Entri peserta Didik baru. 
Jika semua tahapan diatas sudah anda lakukan maka data anda sudah selesai dikerjakan. Lakukan pengecekan data bersama dengan kepala sekolah paud anda.

Selamat bekerja, mari kita sukseskan pendataan pendidikan jenjang paud Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil dengan menggunakan aplikasi Dapodik Paud versi Online. 

Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya. silahkan anda bagikan informasi ini bila memang bermanfaat melalui akun sosial yang anda miliki atau anda juga boleh memberikan komentar yang bersifat membangun. 

Sumber: https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik/Account/Login

https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik-paud/pengisian-data-dapodik-paud-dan-dikmas-semester-ganjil-tahun-2019-2020/

No comments: