Friday 12 July 2019

PEDOMAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,  Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pembelajaran yang . Pedoman disusun secara sederhana, menarik, ramah, dan aplikatif agar dapat dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan PAUD yang kondisi dan potensinya beragam, serta dapat dijadikan rujukan sesuai dengan
kajian-kajian yang melandasinya. 
Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,
Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,

Pedoman implementasi Kurikulum 2013 PAUD ini merupakan contoh yang memungkinkan penyesuaian lebih lanjut degan kondisi, potensi, dan budaya setempat. Hal penting dalam Kurikulum 2013 PAUD adalah keterbukaan dalam menerima perubahan, baik perubahan dalam cara berpikir, kebiasaan, sikap, maupun cara kerja. Perubahan tersebut akan berimbas pada perubahan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. 

Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, secara garis besar membahasa beberapa hal seperti pada penjelasan di bawah ini. 

1. Bagaimana Mengelola Pembelajaran di PAUD?  

  • Perhatikan Karakteristik Kurikulum 2013 PAUD. 
  • Menyenangkan di PAUD.  

2. Apakah yang Dimaksud Pendekatan Saintifik?  
3. Mengapa Perlu Pendekatan Saintifik? 

  • Cara Belajar Anak Usia Dini 
  • Prinsip Pembelajaran PAUD  

4. Kapan Pendekatan  Saintifik dapat Dialami Anak?  
5. Seperti Apa Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik?   
6. Bagaimana Proses Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di PAUD? 

Guru perlu memperhatikan cara anak usia dini belajar dan prinsip-prinsip  pembelajaran PAUD. Anak usia dini belajar secara bertahap dengan cara berpikir yang khas. Ia mampu belajar dengan berbagai cara, dan ia belajar dari proses interaksi dengan lingkungannya. Pada prinsipnya anak belajar melalui bermain. 

Hal ini sesuai dengan perkembangan anak, yang menjadikan bermain sebagai kebutuhan anak. Bermain membuat anak menjadi pembelajar aktif, dan memungkinkan anak menjadi makin kreatif. Selain itu, dalam kegiatan bermain yang didukung lingkungan yang kondusif, anak sesungguhnya juga belajar mengembangkan nilai-nilai karakter. Saat bermain, anak belajar berbagi, peduli, kerjasama, bertanggungjawab, dll.

Penanaman nilai-nilai karakter untuk anak usia dini akan terjadi dengan sendirinya pada saat anak praktek langsung dan melihat model/teladan dari orang lain. Di sinilah dukungan dari lingkungan yang kondusif diperlukan dalam pembentukan karakter anak.

Bagi anda yang memerlukan Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dapat anda unduh disini

Semoga sertikel saya berkaitan dengan Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda jangan lupa berikan komentar yang bersifat membangun. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.

No comments: