Saturday 13 July 2019

PEDOMAN PENANAMAN SIKAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pedoman penanaman sikap pendidikan anak usia dini, perkembangan ilmu dan teknologi yang demikian cepat menjadikan persaingan sumber daya manusia demikian tajam makin mengukuhkan bahwa pendidikan di masa depan tidak hanya membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan semata, tetapi yang sangat penting adalah pengembangan karakter yang kuat, gigih, dan kreatif. 
Pedoman penanaman sikap pendidikan anak usia dini,

Pedoman penanaman sikap pendidikan anak usia dini,

Dalam pola pengembangan sumber daya manusia yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sangat jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan komposisi ang berbeda. Semakin awal jenjang pendidikan tersebut semakin besar komposisi pengembangan kompetensi sikap. 

Sebagai jenjang pendidikan yang paling dasar, Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan menjadi fondasi kuat untuk membentuk sikap dan karakter peserta didik. Implementasinya dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, membangun karakter anak dilakukan dengan penanaman sikap melalui pengembangan kompetensi sikap. Pengembangan kompetensi sikap bukan hanya sebagai dampak ikutan (nurturan) dari pengembangan pengetahuan dan keterampilan, melainkan komponen yang harus direncanakan secara.

Secara umum Pedoman penanaman sikap pendidikan anak usia dini membahas beberapa hal di bawah ini:

1. Penanaman Sikap dalam Kurikulum 2013 PAUD  
2. Kompetensi Sikap dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  
  • Kompetensi Sikap Apa Saja dalam Kurikulum 2013 PAUD?
  • Bagaimana Memaknai Setiap KD Sikap?
3. Penanaman Sikap Sejak Usia Dini 
  • Apa Peran Orangtua dalam Menanamkan Sikap?
  • Peran Guru dalam Penanaman Sikap
4. Penanaman Sikap dalam Rencana Pembelajaran 
  • Bagaimana Perencanaannya?
5. Strategi Penanaman Sikap dalam Kegiatan Pembelajaran PAUD 
6. Bagaimana Pembudayaannya  
7. Bagaimana Penilaian Hasil Penanaman Sikap 

Bagi anda yang memerlukan Pedoman penanaman sikap pendidikan anak usia dini, dapat anda unduh disini

Semoga sertikel saya berkaitan dengan Pedoman penanaman sikap pendidikan anak usia dini, memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda jangan lupa berikan komentar yang bersifat membangun. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya

No comments: