Thursday 11 July 2019

PEDOMAN PENGELOLAAN KELAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini, Lingkungan adalah guru ketiga bagi anak. Dari lingkungan, anak belajar  tentang kebersihan, kerapian, disiplin, kemandirian, semangat pantang menyerah, dan banyak hal lainnya. 
Pedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini
Pedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini

Pedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini oleh karena itu, lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini harus direncanakan, ditata, dimanfaatkan, dan dirawat secara cermat agar mampu mendukung pencapaian hasil belajar yang telah ditetapkan bersama. “Dari lingkungan hidupnya, anak belajar” Dorothy Law Nolte.

Pedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini, lingkungan belajar, baik di dalam maupun  di luar mempengaruhi apa dan bagaimana anak belajar. Lingkungan yang mengundang; mendorong dan membantu anak bereksplorasi, bereksperimen; memanipulasi benda dan alat main secara bermakna, menyenangkan, dan menantang kemampuan berpikir mereka membuat kegiatan pembelajaran menjadi semakin menyenangka.

Pedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini, Lingkungan belajar tidak selalu 
identik dengan banyaknya alat permainan yang dimiliki, tetapi terlebih penting adalah bagaimana agar anak dapat terlibat aktif di dalam lingkungan belajar tersebut.

Tidak pula menjadi arif bila satuan PAUD yang terbatas luas halaman bermainnya diisi dengan alat permainan di luar yang penuh sesak. Anggapan bahwa PAUD yang tidak memiliki alat bermain di luar adalah lembaga PAUD yang kurang bermutu, sudah harus ditinggalkan.

Pedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini, secara garis besar membahas permasalahan-permasalahan seperti di bawah ini:

1. Mengapa Lingkungan Belajar Penting bagi Anak?  

2. Apa Saja Model Pembelajaran yang Dapat Digunakan?  

  • Model Sudut  
  • Model Area  
  • Model Sentra  

3. Bagaimana Menata Lingkungan Belajar?

  • Apa Fungsinya?  
  • Prinsip Apa Saja yang Harus Diperhatikan?  
  • Apa Persyaratannya?  
  • Penataan Ruang Belajar di Dalam (indoor) 
  • Bagaimana Memilih Furnitur?  
  • Apa yang Diperhatikan dalam Menempatkan Toilet? 
  • Bagaimana Menata Ruang Luar (outdoor)?  
  • Apa yang Harus Dipertimbangkan dalam Membentuk Pagar? 

4. Apa dan Bagaimana Pengorganisasian Belajar bagi Anak? 

  • Jumlah Anak  
  • Kelompok Usia Anak 
  • Waktu Belajar  

Bagi anda yang memerlukan Pedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini, dapat anda unduh disini

Semoga artikel saya berkaitan denganPedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini memberikan manfaat bagi kita semua. bila artikel ini bermanfaat silahkan anda bagikan, dan jangan lupa beriakn komentar yang bersifat membangun, sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya. 

No comments: