Saturday, 8 February 2020

DOWNLOAD PANDUAN PENILAIAN TES TERTULIS TERBARU

Sebagai seorang pendidik tentunya perlu memahami jenis-jenis penilaian di kelas. Penilaian peserta didik di kelas memiliki tujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menginterpretasikan, dan memanfaatkan informasi hasil penilaian berkaitan dengan perkembangan dan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kurikulum yang berlaku pada satuan pendidikan tersebut.

DOWNLOAD PANDUAN PENILAIAN TES TERTULIS TERBARU
DOWNLOAD PANDUAN PENILAIAN TES TERTULIS TERBARU

Penilaian untuk mengukur aspek pengetahuan peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur. Berbagai bentuk tes tertulis antara lain uraian, isian singkat, dan pilihan ganda.

Kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam mengumpulkan dan mengolah informasi hasil belajar peserta didik guna mengetahui perkembangan pembelajaran dan menyimpulkan hasil pencapaian pembelajaran peserta didik Penilaian hasil belajar peserta didik

Pihak-pihak yang dapat melakukan penilaian hasil belajar peserta didik antara lain yaitu pemerintah, satuan pendidikan, dan pendidik. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah biasanya dilakukan dalam bentuk tes terstandar baik dalam penyiapan bahan tes, pelaksanaan tes, maupun analisis dan pemanfaatan hasil tes. 

Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pemerintah umumnya mengukur ketercapaian hasil belajar aspek pengetahuan dan menggunakan bentuk soal yang secara teknis mudah untuk dilakukan penskoran misalnya bentuk soal pilihan ganda. Penilaian hasil belajar yang dilakukan pemerintah belum mewakili seluruh aspek yang dimiliki peserta didik yakni aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. 

Selain itu, penggunaan bentuk soal pilihan ganda belum maksimal menggali kemampuan mendalam dan kemampuan mengungkapkan pengetahuan peserta didik.

Tujuan yang diharapkan dari kegiatan Penilaian yang dilakukan oleh pendidik pada satuan pendidikan adalah untuk mengukur bukan hanya aspek pengetahuan namun juga aspek sikap dan keterampilan sehingga penilaian yang dilakukan menjadi lebih komperehensif mencerminkan seluruh aspek kompetensi peserta didik. Selain itu, dalam menilai aspek pengetahuan, pendidik diharapkan menggunakan berbagai bentuk dan teknik penilaian sehingga hasil penilaian pengetahuan bisa lebih otentik dan bermakna. 

Untuk mengetahui perkembangan dan pencapaian hasil pembelajaran, para pendidik diharapkan tidak hanya menggunakan tes tertulis namun juga menggunakan bentuk penilaian lain seperti tes lisan dan penugasan.

Penggunaan bentuk penilaian lain ini lebih dapat mencerminkan perkembangan kemajuan dan pencapaian hasil belajar siswa. Ketika menggunakan tes tertulis, pendidik diharapkan tidak hanya menggunakan bentuk soal pilihan ganda namun dapat juga memperbanyak atau memfokuskan bentuk soal lain seperti uraian sehingga bisa mengukur keterampilan berpikir yang lebih tinggi seperti menganalisis dan mengevaluasi. 

Pemilihan bentuk tes tertulis hendaknya disesuaikan dengan karakteristik pengetahuan, kognitif, konten, dan konteks yang ada dalam kompetensi sesuai kurikulum yang berlaku serta mekanisme penilaian.

Mekanisme penilaian hasil belajar oleh pendidik meliputi:
  1. Perancangan strategi penilaian oleh pendidik dilakukan pada saat penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus. Dalam hal ini, termasuk penentuan bentuk penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum.
  2. Penyusunan instrumen penilaian mengikuti langkah-langkah pengembangan instrumen yang standar yaitu menentukan tujuan, menyusun kisi-kisi, menyusun soal, analisis kualitatif, uji coba, dan analisis kuantitatif.
  3. Perakitan butir soal yang akan digunakan dalam penilaian sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
  4. Pelaksanaan penilaian oleh pendidik dan hasilnya ditafsirkan sebagai bahan laporan.
  5. Hasil penilaian pencapaian pengetahuan peserta didik disampaikan dalam bentuk angka dan/atau deskripsi. 
Panduan ini dapat dijadikan pedoman oleh pendidik dalam melakukan penilaian tertulis sehingga pendidik dapat lebih mudah melaksanakan proses penilaian di kelas. Namun dalam pelaksanaannya sering ditemukan banyak pendidik mengalami kendala dalam pengembangan instrumen penilaian tes tertulis.Secara umum kendala yang dihadapi oleh pendidik adalah dalam hal menyusun indikator soal, mengembangkan soal sesuai indikator soal, menyusun soal sesuai dengan level kognitif, menyusun soal tertulis sesuai dengan kaidahnya, serta membuat rubrik penskoran pada soal uraian. 

Dalam pengembangan instrumen penilaian tersebut perlu mempertimbangkan prinsip validitas dan realibilitas. Validitas memiliki pengertian bahwa instrumen mengukur kemampuan yang seharusnya diukur dan reliabilitas berarti instrumen tes harus konsisten.

Oleh karena itu, perlu dikembangkan panduan instrumen penilaian tes tertulis yang mudah dipahami. Panduan ini membahas langkah-langkah penyusunan instrumen tes tertulis yang dilengkapi dengan contoh-contoh soal sesuai kaidah dan level kognitif per jenjang pendidikan.

Secara garis besar panduan penilaian tes tertulis ini juga mencakup beberapa hal sebagai berikut:

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR


BAB I PENDAHULUAN 
BAB II PENYUSUNAN INSTRUMEN TES TERTULIS
A. Penentuan Tujuan Tes
B. Penyusunan Kisi-Kisi Tes
C. Penulisan Soal
D. Soal Pilihan Ganda
E. Soal Dua Pilihan Jawaban (Benar/Salah, Ya/Tidak)
F. Menjodohkan
G. Isian dan Jawaban Singkat
H. Uraian
I. Telaah dan Revisi Soal



BAB III LEVEL KOGNITIF 

1. Dimensi Proses Kognitif 
2. Level Kognitif, Dimensi Proses Kognitif, dan Contoh Kata Kerja Operasional
3. Contoh Kisi-Kisi dan Soal Berdasarkan Level Kognitif
Jenjang SD 
1. Matematika 
2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3. Bahasa Indonesia
Jenjang SMP
1. Matematika 
2. Bahasa Indonesia
3. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
4. Bahasa Inggris
5. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
6. Pendidikan Kewarganegaraan
Jenjang SMA dan SMK
1. Matematika 
2. Fisika 
3. Biologi
4. Kimia 
5. Bahasa Inggris
6. Bahasa Indonesia
7. Bahasa dan Sastra Indonesia 
8. Ekonomi
9. Sosiologi
10. Sejarah Indonesia
11. Geografi
12. Pendidikan kewarganegaraan
13. Bahasa Prancis

Selain itu panduan tes tertulis ada juga panduan yang tes kinerja, portofolio, panduan penilaian hots. Bagi teman-teman yang ingin mengunduh panduan penilaian bisa diunduh di bawah ini.


Semoga artikel panduan penilan tes tertulis terbaru ini dapat membantu pendidik dan satuan pendidikan dalam melakukan pengukuran pengetahuan kepada peserta didik dengan baik.

2 comments:

M. Imam Muhri said...

Izin unduh master...

Sidokumpul5prima. said...

Terimakasih pak Rinto, sangat bermanfaat ijin unduh bapak