Tuesday 17 September 2019

7 CARA BIJAK BILA ANAK MERENGEK MINTA JAJAN

Kita sebagai orangtua kerap kali mendengar anak minta jajan. Bukan saja yang sudah SD, bahkan yang masih balita juga sudah bisa mengucapkan kata jajan.
7 CARA BIJAK BILA ANAK MERENGEK MINTA JAJAN
7 CARA BIJAK BILA ANAK MERENGEK MINTA JAJAN

Reaksi kita saat menghadapi rengekan itu cenderung tak tega. Terkadang karena alasan menghindari suara bising anak merengek dan menangis atau khawatir dianggap tak sayang oleh tetangga. 

Sehingga meski tahu jajanan yang diminta anak tak baik untuk kesehatan, kita membelikannya juga. Lantas, bagaimana cara menghadapi rengekan anak yang minta jajan? 

Berikut 7 cara yang bisa Anda coba: 

1.Lakukan pendekatan intensif 

Bisa dengan menyajikan makanan kesukaan anak atau makan bersama. 

2. Alihkan perhatian 

Ketika anak merengek minta jajan alihkan perhatian dengan kegiatan yang menyenangkan baginya. Seperti bermain mobil-mobilan atau boneka kesayangan. Sehingga dengan sendirinya perhatian mereka akan beralih. 

3. Ganti dengan alternatif serupa 

Ketika anak meminta jajan yang dilarang, misalnya es krim atau jajanan cepat saji, ajak anak untuk membuatnys sendiri. Es krim bisa diganti jus buah dan mi instan diganti kue atau cemilan yang sehat. 

4. Dukung dan berikan perhatian penuh 

Melarang anak membeli makanan kesukaannya yang tidak sehat artinya kita harus memberikan dukungan, perhatian penuh serta memberikan jajanan pengganti. Seperti membelikan jajanan yang sehat dan buah-buahan. Bisa juga membuatkan kue berbahan alami, seperti ubi, singkong atau jagung dengan kemasan masa kini yang menarik bagi anak. 

5. Berikan selingan 

Sajikan dan berikan menu makanan yang tidak monoton dengan mengatur jadwal harian. Anak dipastikan tidak bosan dan jenuh makanan rumahan yang sehat . 

6. Atur gizi dan pola makan 

Semakin kita memperhatikan gizi dan pola makannya, anak tidak akan terbiasa jajan di luar. Mereka lebih suka bawa bekal dari rumah saat sekolah dan makan teratur tiga kali sehari. Jangan lupa membiasakan mengonsumsi air putih sesuai kebutuhannya. Ketika anak sudah tercukupi gizinya dan kenyang, mereka cenderung tidak akan meminta jajan. Bimbing Anak Mengatur Keuangan dengan Bijak 

7. Refreshing Ajak anak refreshing. 

Tidak harus jauh, cukup jalan-jalan di sekitar rumah atau taman yang terdekat. Selain bisa menghibur anak dari kejenuhan di rumah, kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan membawa bekal jajanan sehat dari rumah. Anak pun akan riang gembira.

Sumber: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?

No comments: