Monday 30 September 2019

LATIHAN SOAL PPG TAHUN 2019

Latihan soal PPG Tahun 2019, bila pada artikel sebelumnya saya membagikan tentang PPG Dalam Jabatan Tahun 2019, yang pada artikel tersebut membahas proses pendaftaran seleksi dan tahapan-tahan yang akan dilalui oleh calon peserta PPG dalam jabatan. 
LATIHAN SOAL PPG TAHUN 2019

Jika pendaftaran anda sebagai calon peserta PPG Tahun 2019 telah anda lalui dan anda telah divalidasi dan diverikasi sebagai calon peserta langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan untuk menghadapi ujian seleksi/ Pretes.

Untuk mencapai kesuksesan harus disertai dengan kerja keras. Selain hal itu, kunci utamanya adalah mempersiapkan seoptimal mungkin potensi yang dimiliki. Sukses bukan hanya bertumpu kepada hal-hal yang dapat dilakukan atau kepada hasil yang diperoleh. Lebih dari itu, kepercayaan atas kemampuan diri sendiri juga menentukan kesuksesan yang ingin dicapai. 

Sekedar tips dari saya bagi anda calon peserta seleksi PPG dalam jabatan berkaitan dengan strategi yang tepat bagi anda agar lolos menjadi peserta, 

  1. Kuasai dengan baik tentang kemampuan TIK terutama Microsoft office (Word, Powerpoint, Excel), berselancar didunia maya/internet.
  2. Model-model pembelajaran yang kekinian sesuai dengan tuntutan perubahan zaman, (HOTS, Sintaks, STEM), hal ini berguna untuk mereview penguasaan Pedagogik anda.
  3. Pahami dengan baik Kemampuan Profesional berkaitan dengan mata pelajaran yang anda ampu.
  4. Kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, menilai, menganalisis pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  5. Dalam hal persiapan untuk mengikuti ujian selesksi buat progres belajar yang terjadwal dan terus menerus sesuai dengan target yang telah anda tetapkan.
  6. Pemilihan waktu belajar juga sangat menentukan misalnya waktu sebelum sholat subuh, pada kondisi ini badan masih segar, pikiran masih fresh sehingga dimungkinkan anda lebih mudah menguasai materi yang anda pelajari.
  7. Buat group sosial media antar sesama peserta, membuat group sosial media dapat dijadikan tempat untuk berdiskusi antara sesama anggota group. Anda bisa menggunakan Mesenger, WhatsApp, Telegram dll.
  8. Mintalah bimbingan, saran, tips sukses dari  peserta PPG tahun sebelumnya, 
  9. Minta do'a kepada orang-orang yang kita sayangi

Untuk mengasah kemampuan anda maka saya bagikan latihan soal PPG, saya menyadari tidak sepenuhnya soal ini akan keluar pada saat ujian, namun kurang lebih soal yang akan diujikan seperti ini. Bagi anda yang memerlukan soal untuk latihan dapat anda unduh pada link dibawah ini:

Selamat belajar dan Semoga anda dapat lulus dengan baik dan menjadi guru profesional yang akan menciptakan generasi emas Indonesia yang cemerlang, amin. 

No comments: