Sunday 15 September 2019

MATERI DAN LK DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2019

MATERI DAN LK DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2019

Gelombang peradaban keempat yang saat ini dikenal dengan era pendidik 4.0 memaksa kita menyesuaikan seluruh kerangka sendi dan perangkat kerja pada setiap segmen kehidupan, termasuk pengelolaan sekolah. 
MATERI DAN LK DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2019
MATERI DAN LK DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2019

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 
sangat pesat menuntut kepala sekolah untuk mengembangkan kompetensinya secara berkelanjutan. Inovasi menjadi kunci paling utama di era Industri 4.0 yang menuntut kepala sekolah membentuk peserta didik memiliki kompetensi abad 21 yang mampu berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. 
Peserta didik yang berkualitas merupakan keluaran (output) dari sistem persekolahan yang baik. kepala sekolah menjadi aktor utama yang mengelola masukan (input), proses, dan keluaran (output) dengan berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Salah satu kebijakan prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah peningkatan kompetensi kepala sekolah yang mampu berpikir visioner dalam memimpin dan mengelola sekolahnya. Target utamanya adalah membangun tata kelola dan budaya mutu di sekolah yang berdaya saing tinggi. 
Kumpulan LK Diklat Penguatan Kepala Sekolah
Kepemimpinan abad 21 bagi kepala sekolah dapat dilakukan dengan beberapa strategi. 

Pertama, kepala sekolah harus mampu melihat peluang dan potensi yang ada dengan mengidentifikasi masalah di sekolahnya sebagai dasar pengembangan sekolah. Yang terpenting bagi kepala sekolah adalah pelibatan secara aktif pemangku kepentingan (stakeholders) sekolah yaitu guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan orangtua serta pihak terkait di luar sekolah untuk menyelesaikan persoalan sekolah. 

Kedua, kepala sekolah dalam perannya sebagai supervisor harus mampu berperan sebagai pemimpin instruksional dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran abad 21 sesuai dengan konsep pendekatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). 
Ketiga, kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan abad 21 harus mampu mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan di sekolah baik guru, tenaga kependidikan, maupun orangtua untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan yang dinamis sesuai dengan perkembangan industri 4.0. Keempat, kepala sekolah harus memberikan dukungan semangat dan penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik yang telah mencapai hasil atas prestasi, inovasi, dan pencapaian lain yang membanggakan.
Berikut ini adalah modul-modul pada kegiatan penguatan kepala sekolah tahun 2019
1. LITERASI DIGITAL
2. TEKNIK ANALISIS MANAJEMEN
3. PEMGEMBANGAN RKS
4. PENGELOLAAN KEUANGAN
5. PENGELOLAAN KURIKULUM
6. PENGELOLAAN SARANA PRASARANA
7. PENGELOLAAN PESERTA DIDIK
8. PENGELOLAAN PTK
9. SUPERVISID DAN PK GURU
10. SUPERVISI DAN PK TENDIK
11. RENCANA PKB
12. KEPEMIMPINAN PERUBAHAN
13. PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN
14. PENGEMBANGAN SEKOLAH BERDASARKAN 8 SNP
Pengembangan kompetensi dan profesinya pada pelaksanaan pelatihan penguatan kepala sekolah sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan kepala sekolah. 

No comments: