Saturday 21 September 2019

Solusi Dapodik 2020.a Invalid TMT Pengangkatan GTK

Solusi Dapodik versi 2020.a Invalid TMT Pengangkatan GTK, bagi anda operator yang mengalami masalah ini akan pusing karena tidak bisa melakukan proses sinkronisasi.
Solusi Dapodik 2020.a Invalid TMT Pengangkatan GTK
Solusi Dapodik 2020.a Invalid TMT Pengangkatan GTK

Namun dengan artikel yang saya tulis ini bisa menjawab permasalahan yang anda hadapi. Bila pada dapodik versi 2020  Data kepegawaian TMT Pengangkatan dikunci. Beberapa contoh kasus adalah adanya penambahan GTK baru baik itu guru maupun tendik yang diinput oleh admin data pendidikan kabupaten atau kota ternyata lupa atau belum diisi. Dan pihak admin satuan pendidikan telah melakukan penarikan data/sinkronisasi maka data GTK tersebut akan otomatis masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah tersebut. Sehubungan data gtk tersebut belum terisi TMT Pengangkatan GTK tersebut akan menjadikan data menjadi invalid.

Apa yang meski dilakukan oleh operator sekolah bila menghadapi permasalahan seperti di atas? Jangan melakukan mutasi GTK ya, karena tidak akan menyelesaikan masalah. Jika pada versi sebelum pengeditan data Kepegawaian berupa TMT Kepegawaian hanata Pendidikan kabupaten/kota.

Yang perlu anda lakukan adalah mengupdate ke versi dapodik terbaru berupa patch versi 2020.a bila memang sekolah anda belum pernah sinkronisasi pada dapodik versi 2020. Dan jika memang sudah pernah sinkronisasi dapodik versi 2020. Maka silahkan anda Uninstal aplikasi dapodik versi 2020 anda. Selanjutnya anda instalkan instaler dapodik versi 2020.a.
Untuk yang kesulitan mengunduh aplikasi patch dan instaler Dapodik versi 2020.a dapat anda unduh disini

Mengapa perlu menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru 2020.a? Hal ini sesuai dengan keterangan pada pembaharuan yang tertulis pada webresminya. Bahwa aplikasi dapodik versi 2020.a memuat 13 daftar perubahan yang terdiri dari 12 perbaikan (yaitu mulai nomor 1 sampai dengan nomor 12) dan 1 buah perubahan yang tertulis pada daftar dengan nomor 13. 

Daftar perubahan nomor 13 menyebutkan bahwa "[Pembaruan] Penambahan trigger/pemicu jika isian pada TMT Pengangkatan atau Lembaga Pengangkat tidak terisi maka kuncian kolom tersebut akan terbuka dengan otomatis.

Penjelasan pembaharuan nomor 13 tesebut di atas memiliki makna jika belum diisi/kosong makanakan terbuka secara otomatis. Artinya data TMT kepegawaian bisa diisi oleh operator sekolah /oleh GTK yang bersangkutan pada aplikasi dapodik anda. Tentunya terlebih dahulu dibuatkan akun pada gtk tersebut pada menu penugasan (Buat akun/reset akun) pada login sebagai operator sekolah.

Bila ternyata anda sebagai akun GTK tidak bisa login dengan keterangan "role belum ditentukan". Silahkan anda buat akun gtk tersebut dengan merubah password lamanya dengan kombinasi huruf kapital dan angka. Contohnya "Dapodik1212". 

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman membantu kawan-kawan operator sekolah yang menghadapi permasalahan di atas, yang selanjutnya saya ubah menjadi bahasa tulis. 

Terima kasih selamat bekerja operator sekolah yang hebat, bila memang artikel ini bermanfaat silahkan anda bagikan, atau anda berikan komentar yang bersifat membangun.

1 comment:

NATA ANTORIUS said...

Terima kasih info yg sangat bermanfaat