Rintokusmira.com | Kunci Jawaban Tryout PPPK Guru bersama www.rintokusmiran.com bagian 3 - Bagi anda yang sudah melaksanakan Tryout PPPK Guru bersama www.rintokusmiran.com bagian 3 dapat memanfaatkan kunci jawaban ini agar pembelajaran persiapan bisa lebih sempurna.
KUNCI JAWABAN TRY OUT PPPK GURU BERSAMA WWW.RINTOKUSMIRAN.COM BAGIAN 3 |
Berikut ini adalah Soal beserta Kunci Jawaban Tryout PPPK Guru bersama www.rintokusmiran.com bagian 3 :
1. Salah satu hal yang
menyebabkan pendapatan perkapita suatu negara kecil adalah... *
a. Jumlah produsen yang
terlalu banyak
b. Banyak tenaga ahli
tetapi sumber daya alam kurang
c. Kurang jumlah konsumen
d. Jumlah penduduk
terlalu banyak
2. Manakah dari hal-hal
berikut di bawah ini yang tidak mendukung terhadap pandangan modern tentang
keluarga... *
a. Banyaknya wanita karir
b. Makin banyak anak
makin besar tanggungan keluarga
c. Pandangan banyak anak
banyak rezeki
d. Wanita akan terbatas
ruang geraknya bila memiliki banyak anak
3. Tujuan dari norma
keluarga kecil bahagia sejahtera ialah... *
a. Mengurangi jumlah
penduduk
b. Mewujudkan suatu
keluarga yang memberikan nilai-nilai agama dan budaya bangsa
c. Menciptakan keluarga
kecil yang dapat memenuhi kebutuhan material
d. Terpenuhinya kebutuhan
material dan nilai budaya bangsa
4. Manakah dari pilihan di
bawah ini yang bukan merupakan tujuan keluarga berencana... *
a. Mengontrol kelahiran
b. Menjarangkan kelahiran
c. Menyetop kelahiran
d. Mengatur kelahiran
5. Adanya upacara-upacara
adat dalam suatu perkawinan sebenarnya menunjukkan bahwa perkawinan merupakan
suatu yang... *
a. sakral
b. mewah
c. sejahtera
d. berwibawa
6. Dari pilihan di bawah
ini yang termasuk ke dalam sterilisasi pada laki-laki adalah... *
a. vasektomi
b. liga tuba
c. istibra berkala
d. ejakulasi diluar
vagina
7. Usaha pencegahan
terjadinya pembuahan tanpa merusak kesuburan disebut... *
a. vasektomi
b. sterilisasi
c. kontrasepsi
d. liga tuba
8. Skrotum adalah organ
genitalia... *
a. internal penghasil
sperma
b. eksternal cadangan
nutrisi sperma
c. internal pengatur
temperatur suhu
d. eksternal berupa
kantung tempat testes berada
9. Keterampilan untuk
membuat dugaan dan kejadian, keadaan yang akan datang berdasarkan hasil
observasi pengukuran dan informasi yang telah diketahui disebut... *
a. observasi
b. prediksi
c. komunikasi
d. infersi
10. Keterampilan proses
IPA yang paling sederhana dengan melibatkan pancaindera untuk memperoleh
informasi, data suatu kejadian disebut... *
a. inferensi
b. komunikasi
c. observasi
d. interprestasi
11. Variabel yang selalu
sama /tetap dalam suatu percobaan disebut... *
a. controlling variable
b. manipulated variable
c. resvonding variable
d. variable tambahan
12. Pembelajaran SETS
didukung oleh teori belajar , Kecuali *
a. Behaviorisme
b. Konstruktivisme
c. Sosial kognitif
d. discovery
13. Jika di masyarakat
banyak dibicarakan tentang perang antara Israel dan Palestina , topik utama
yang diangkat dalam pembelajaran SETS adalah... *
a. Sains
b. Teknologi
c. Lingkungan
d. Masyarakat
14. Kata kunci yang dapat
memperjelas definis pembelajaran terpadu adalah... *
a. integritas
b. beberapa mata
pelajaran
c. pemusatan kegiatan
pembelajaran
d. ketiganya benar
15. Dengan pendekatan
terpadu, kurikulum yang dirancang akan ... *
a. dapat mengakomodasi
kebutuhan siswa
b. membawa keberhasilan
dalam mengerjakan tes oleh siswa
c. menjadi padat dan
lebih berisi
d. dapat dijalankan
dengan efektif
16.Salah satu alasan
keberatan dan diimplementasikan pembelajaran terpadu... *
a. tidak sesuai dengan
cara pandang siswa kelas rendah di SD
b. siswa dapat melihat
sendiri lingkaran proses belajar meraka
c. tidak sesuai dengan
sistem evaluasi hasil belajar secara umum
d. banyak keterampilan
antara topik-topik yang dipilih
17. kurikulum tradisional
di mata pelajaran terpisah sendiri-sendiri disebut dengan model... *
a. berbagi
b. penggalan
c. terkait
d. sarang
18. Salah satu model
pembelajaran terbaru di klasifikasikan dalam model kurikulum yang berorientasi
pada lintasan mata pelajaran adalah... *
a. Sarang
b. penggalan
c.Jaring kerja
d. sarang
19.Peranan kepala sekolah
dalam mendukung usaha guru melaksanakan pembelajaran terpadu dapat dengan ... *
a. mengorganisasikan
kegiatan pelatihan pembelajaran terpadu antar guru
b. membantu membuat RPP
terpadu
c. mengambilalih tugas
guru pada saat guru mengalami kesulitan menerapkan pembelajaran terpadu
d. membelikan media
pembelajaran yang mahal untuk menunjang pembelajaran terpadu
20. Format evaluasi yang
sering digunakan untuk melihat proses pembelajaran terpadu yang dilakukan oleh
siswa adalah... *
a. menggarang
b. esay
c. pilihan ganda
d. portofolio
21. Menurut Anderson, dan
Pavan, filosofi dari pembelajaran kelas rangkap adalah... *
a. pemenuhan kebutuhan
masing-masing siswa sebagai individu yang unik
b. keterbatasan ekonomi
dan goegrafis yang ada pada daerah terpencil
c. dukungan hasil studi
peneliti yang menginginkan adanya perubahan pembaharuan pembelajaran
d. keinginan guru untuk
menjadi lebih terampil dalam mengelola kelas
22. Teori belajar yang
relevan dengan pembelajaran kelas rangkap yang dikemukan oleh Lev Vygotsky
menekankan pada perkembangan kemampuan .... *
a. kognitif
b. fisik
c. sosial
d. motivasi internal
23. Penerapan dari
Developmentally Appropriate Practice bisa didukung kegiatan, yaitu... *
a. Pembelajaran berpusat
pada guru
b. pembelajaran berpusat
hanya pada siswa
c. diskusi siswa dalam
kelompok besar
d. pembelajaran terpadu
24. Pengertian dari
belajar yang berkesinambungan dalam suatu proses adalah , di mana siswa
belajar... *
a. dari konsep sederhana
menuju ke konsep yang rumit
b. modul yang sistematis
c. fasilitas yang lengkap
d. strategi pembelajaran
yang bervariasi
25. Wujud dan tindakan
yang mengarah pada pencapian tujuan untuh pendidikan pada tingkat operasional
ialah... *
a. UU no. 20/2003
b. GBHN
c. GBPP
d. SAP (satuan acara
pembelajaran)
26. Penetapan kriteria
standar minimal bobot muatan kurikulum merupakan salah satu tindakan yang
mengacu pada tujuan utuh pendidikan yang sebaiknya dilakukan pada tingkat... *
a. operasional
b. institusional
c. struktural
d. satuan pelaksana
27.pengelolaan stres dapat
diartikan sebagai upaya... *
a. untuk menghilangkan
faktor penyebab stres
b. untuk mengatasi
masalah yang dihadapi
c. mengatasi perasaan
tertekan melalui pengubahan persepsi diri
d. mencegah masalah yang
mungkin dihadapi
28. Kemampuan mengelola
stres dipengaruhi oleh faktor berikut , kecuali... *
a. dukungan sosial
b. optimisme
c. depedensi
d. humoris
29. Penjelasan tentang
cara memecahkan masalah yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari
termasuk lingkup bimbingan.... *
a. belajar
b. pribadi
c. karier
d. sosial
30. berikut ini adalah
jenis bimbingan yang terdapat pada program bimbingan disekolah kecuali .... *
a. belajar
b. pribadi
c. karier
d. Individu
31. Sikap guru yang
berusaha memberikan keleluasaan dan pengembangan keberanian peserta didik untuk
mengaktualisasikan diri, adalah sikap... *
a. permisif
b. konsisten
c. peduli
d. otoriter
32. jika guru ingin
mendapatkan informasi tentang pendapat dan perasaan siswa tentang proses
pembelajaran yang sedang berlangsung maka teknik yang tepat adalah... *
a. inkuiri
b. observasi
c. analisis
d. testing
33. teknik pengumpulan
informasi yang paling objektif adalah... *
a. inkuiri
b. observasi
c. analisis
d. testing
34. untuk mengumpulan
informasi tentang perasaan , pendapat, minat siswa, instrumen yang paling tepat
digunakan adalah... *
a. jawaban singkat
b. uraian
c. menjodohkan
d. sebab-akibat
35. Pendidikan adalah
suatu yang telah diperoleh. Pengertian tersebut berasal dari cara pandang guru
yang memandang pendidikan sebagai... *
a. proses yang
berkelanjutan
b. kata benda
c. kata kerja
d. proses inkuiri
36. kemampuan klasifikasi
anak mulai berkembang pada periode... *
a. sensomotorik
b. operasi awal
c. operasi konkrit
d. operasi formal
37. perkembangan dapat
diartikan.... *
a. proses perubahan yang
terjadi pada tubuh
b. perubahan tinggi dan
berat pada anak
c. perubahan sistematis
mengikuti tahap tertentu
d. perubahan badaniah dan
keterampilan motorik
38. proses perkembangan
siswa mencakup hal-hal berikut... *
a. perubahan kelenjar,
tinggi, berat badan, kekuatan otot
b. proses biologis,
kognitif, dan sosial
c. perkembangan motorik,
badaniah, dan keterampilan motorik
d. perubahan berpikir,
cerdas, bahasa
39. Perkembangan kognitif
mengacu pada... *
a. perubahan struktur
skema
b. perkembangan usia anak
c. kemampuan anak
mengenal lingkungan
d. penyelenggaraan
kegiatan belajar mengajar
40. ciri utama periode operasi formal adalah... *
a. anak mampu mengenal
objek yang bersifat fisik dan memiliki volume/jumlah tertentu
b. kemampuan klasifikasi
mulai berkembang
c. kemampuan menempatkan
suatu objek dengan mengurutkan
d. anak mampu memahami
makna suatu hal
41 Peta dalam pembelajaran termasuk... *
a. visual aids
b. auditive aids
c. motor aids
d. audiovisual aids
42. Pada kurva produk
total (TP) turun maka... *
a. AP=0
b. AP=MP
c. AP=negatif
d. AP=menurun
43. Jika A = {a, b, c} dan B = {d, e, f} maka relasi yang bukan merupakan fungsi dari A ke B adalah pasangan terurut ...
A. {(a, d), (b, e), (c,
f)}
B. {(a, f), (b, e), (c,
e)}
C. {(a, d), (b, d), (c,
d)}
D. {(a, f), (b, d), (b,
e)}
44. Dalam ruang terdapat 10 orang dan saling berjabat tangan. Banyak jabat tangan yang terjadi seluruhnya adalah ....
A. 20
B. 45
C. 90
D. 100
45. Bayangan titik P(3, -
pada dilatasi [O, ] adalah … *
A. P'(12,-8)
B. P'(7, 2)
C. P'(-1, -6)
D. P'(3/4, -1/2)
46. Anda melihat kepala
sekolah merekayasa laporan keuangan sekolah, maka anda.. *
A. Dalam hari tidak
menyetujui tindakan kepala sekolah tersebut
B. Hal tersebut sering
terjadi di sekolah manapun
C. Mengingatkan dan
melaporkan kepala sekolah kepada pihak yang berwenang
D. Tidak akan terlibat
dalam proses rekayasa laporan keuangan sekolah tersebut
47. Anda dinyatakan lulus
seleksi ASN PPPK Guru tahun 2021, Namun di sekolah yang anda lamar tidak ada
kelas yang kosong, yang anda lakukan adalah... *
a. Meminta kelas kepada
guru di sekolah tersebut
b. Karena saya ASN PPPK
maka saya harus diprioritaskan dari pada guru Non ASN PPPK
c. Duduk santai di kantor
sampai mendapat kelas baru
d. Mencari informasi dan
petunjuk kepada kepala sekolah berkaitan dengan apa yang mesti saya lakukan
48. Anda mengajukan usulan
berkaitan dengan program pengembangan sekolahakan tetapi kepala sekolah
memberikan jawaban bahwa program pengembangan sekolah yang anda usulkan kurang
sesuai dengan kondisi sekolah.Sikap anda adalah... *
A. Membuat Program baru
B. Sangat kecewa dengan
keputusan kepala sekolah saya
C. Berusaha melupakan hal
tersebut, namun saya merasa kecewa
D. Akan saya pertahankan
program yang saya usulkan dengan berbagai alasan agar disetujui
49. Pagi hari ini anda di
temui orang tua peserta didik berkebangsaanPrancis ingin membicarakan
permasalahan anaknya.Sementara anda tidak bisa berbahasa Prancis, begitu juga
orang tersebut juga tidak bisa berbahasa Indonesia. Sikap anda... *
A. Meminta guru lain yang
paham bahasa Prancis untuk menemui orang tersebut
B. Menolak dengan keras
karena takut tidak paham bahasa prancis
C. Berpura-pura memahami
pembicaraannya
D. Meminta orang tersebut
untuk datang lain kali dengan membawa penerjemah.
50. Kebijakan USBN, UN, RPP dan PPDB termasuk kebijakan merdeka belajar episode ke
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1
No comments:
Post a Comment