Rintokusmiran.com | Lembar kerja siswa (LKS ) kelas 5 SD tema 1 Subtema 2 Manusi dan linkungan - Pada LKS 2 ini akan mempelejari banyak hal berkaitan dengan organ gerak pada manusia dan lingkungannya. Adapun berberapa hal yang dipelajari antara lain :
LKS 2 KELAS 5 SD TEMA 1 SUBTEMA 2 MANUSI DAN LINGKUNGAN |
Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf. Berkreasi membuat sampul buku. Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia. Mengamati peta kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi. Mengamati peta asal suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.
Diskusi tentang daerah-daerah persebaran agama di Indonesia pada peta. Wawancara keberagaman penduduk di daerah tempat tinggalnya. Membaca dan menulis untuk menentukan ide pokok dari bacaan. Mengamati gambar kenampakan alam buatan dan kenampakan alam.
Menyebutkan bentang alam masing-masing pulau besar di Indonesia. Memahami kondisi iklim di Indonesia. Mengidentifikasi keragaman flora dan fauna di Indonesia. Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dapat menemukan ide pokok bacaan. Ide pokok dan organ gerak manusia.
Menyebutkan organ gerak hewan vertebrata dan memahami gambar cerita. Mengidentifikasi keakayan dan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia, mengetahui kepadatan penduduk, persebaran agama, dan daerah asal suku-suku bangsa yang ada di Indonesia. Mengetahui kenampakan alam buatan dan kenampakan alam, menyebutkan bentang alam masing-masing pulau besar di Indonesia, kondisi iklim di Indonesia, mengidentifikasi keragaman flora dan fauna di Indonesia, mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Mengidentifikasi manfaat fungsi dan macammacam otot manusia. Menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf. Membuat model sederhana dengan bahan styrofoam. Menyebutkan macam-macam gerak otot. Menemukan ide pokok masing-masing paragraf. Membuat karya cover sesuai bacaan. Membuat model sederhana dengan bahan styrofoam.
1. Tugas Hari Jum'at, 23 Juli 2021 Pembelajaran 1
- Halaman 56 Amatilah ilustrasi kedua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaanpertanyaan berikut. 1. Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas? 2. Menurut pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan? 3.Benarkah aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia?
- Halaman 60 Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku. Lakukan secara bergantian dengan temanmu. Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut. Paragraf Ide Pokok 1 Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan 2 3 4 5 6
- Halaman 61, 62 Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf. Bersepeda adalah kegiatankesukaanku.Aku bersepeda pada sore hari. Aku bersepeda berkeliling desa. Aku bersepeda bersama teman-temanku. Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan.
- Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
- Halaman 65 Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang. Nah, perhatikan gambar rangka tangan dan kaki berikut ini. Coba kenali dan tunjukkan nama tulang-tulang tersebut melalui gambar berikut. Pasangkan antara gambar dengan keterangan menggunakan garis!
- Halaman 68 Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut. Untuk memudahkan pekerjanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah. Nama Tulang Lengan Fungsinya 1. Tulang hasta 2. Tulang atas 3. Tulang pengumpil 4. Tulang pergelangan tangan 5. Tulang telapak tangan 6. Tulang paha 7. Tulang kering 8. Tulang betis 9. Tulang pergelangan kaki 10. Tulang telapak kaki 11. Tulang jari kaki
- Halaman 71 Cerita yang kamu baca inspiratif, bukan? Orang yang berkebutuhan khusus pun mampu beraktivitas layaknya orang normal. Bagaimana dengan kamu? Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragrafnya. jawaban Paragraf Ide Pokok
- Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
- Halaman 77 No. Pertanyaan Jawaban 1. Pulau manakah yang paling padat penduduknya di Indonesia? 2. Pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia? 3. Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi lampung? 4. Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi Papua Barat? 5. Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi tempat tinggalmu?
- Halaman 78, 79 Pasangkan antara pulau dengan suku bangsa yang tepat dengan menarik garis.
- Halaman 83 Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas. Paragraf Ide Pokok 1 Kerukunan umat beragama merupakan bentuk hubungan 2 3 4 5 6 7
- Halaman 84 Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang berbeda satu sama lain. Sekarang bersama dengan temanmu bandingkan nilai-nilai luhur setiap sila dalam Pancasila. SILA I Ketuhanan Yang Maha Esa SILA II Kemanusiaan yang Adil dan Beradab SILA III Persatuan Indonesia SILA IV Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan SILA V Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
- Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
- Halaman 89 Amatilah keempat gambar kenampakan berikut! Berilah tanda centang (v) pada gambar yang menunjukkan kenampakan alam yang ada di Indonesia. Berilah tanda silang (x) pada gambar yang menunjukkan kenampakan buatan yang ada di Indonesia.
- Halaman 90 Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 1. Kenampakan alam apakah yang tampak pada gambar di atas? 2. Kenampakan buatan apakah yang nampak pada gambar di atas? 3. Apakah kenampakan alam itu? 4. Apakah kenampakan buatan itu?
- Halaman 91,92,93, Isilah Nama Pulau Bentang Alam Secara Umum pada pulau Jawa, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Papua, Bali, Kepulauan Nusa tenggara ,
- Halaman 95 Berdasarkan penjelasan iklim di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 1. Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia? 2. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia? 3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!
- Halaman 97 Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.Paragraf Ide Pokok
- Halaman 101, Pasangkanlah dengn garis antara pernyataan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dengan sila-sila Pancasila yang sesuai!
- Halaman 102 Berilah tanda centang (v ) pada gambar yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Berilah tanda silang (x) pada gambar yang menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
- Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
- Halaman 107 Tunjukan dimana letak otot-otot ini berada. Hubungkan dengan menggunakan garis.
- Halaman 109 Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.
- Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
- Halaman 118 Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.
- Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
No comments:
Post a Comment