Friday, 23 July 2021

LKS 2 KELAS 5 SD TEMA 1 SUBTEMA 2 MANUSI DAN LINGKUNGAN

Rintokusmiran.com | Lembar kerja siswa (LKS ) kelas 5 SD tema 1 Subtema 2 Manusi dan linkungan - Pada LKS 2 ini akan mempelejari banyak hal berkaitan dengan organ gerak pada manusia dan lingkungannya. Adapun berberapa hal yang dipelajari antara lain :

LKS 2 KELAS 5 SD TEMA 1 SUBTEMA 2 MANUSI DAN LINGKUNGAN
LKS 2 KELAS 5 SD TEMA 1 SUBTEMA 2 MANUSI DAN LINGKUNGAN
Mengamati gambar yang berkaitan dengan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia,  Membaca bacaan tentang kegiatan bersepeda dan manfaatnya, Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan, Menulis dan  mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf, Mengamati gambar tulang sebagai salah satu, organ gerak manusia, Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia, Diskusi untuk memahami fungsi masingmasing tulang pada manusia.

Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf. Berkreasi membuat sampul buku. Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia. Mengamati peta kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi. Mengamati peta asal suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.

Diskusi tentang daerah-daerah persebaran agama di Indonesia pada peta. Wawancara keberagaman penduduk di daerah tempat tinggalnya. Membaca dan menulis untuk menentukan ide pokok dari bacaan. Mengamati gambar kenampakan alam buatan dan kenampakan alam.

Menyebutkan bentang alam masing-masing pulau besar di Indonesia. Memahami kondisi iklim di Indonesia. Mengidentifikasi keragaman flora dan fauna  di Indonesia. Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan  tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dapat menemukan ide pokok bacaan. Ide pokok dan organ gerak manusia.

Menyebutkan organ gerak hewan vertebrata dan memahami gambar cerita. Mengidentifikasi keakayan dan keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia, mengetahui kepadatan penduduk, persebaran agama, dan daerah asal suku-suku bangsa yang ada di Indonesia. Mengetahui kenampakan alam buatan dan kenampakan alam, menyebutkan bentang alam masing-masing pulau besar di Indonesia, kondisi iklim di Indonesia, mengidentifikasi keragaman flora dan fauna di Indonesia, mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Mengidentifikasi manfaat fungsi dan macammacam otot manusia. Menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf. Membuat model sederhana dengan bahan styrofoam. Menyebutkan macam-macam gerak otot. Menemukan ide pokok masing-masing  paragraf. Membuat karya cover sesuai bacaan. Membuat model sederhana dengan bahan  styrofoam.

1. Tugas Hari Jum'at, 23 Juli 2021 Pembelajaran 1

  • Halaman 56 Amatilah ilustrasi kedua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaanpertanyaan berikut. 1.  Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas?  2.  Menurut pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan?  3.Benarkah aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia?
  • Halaman 60 Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku.  Lakukan secara bergantian dengan temanmu. Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut. Paragraf Ide Pokok Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus  menyehatkan 6
  • Halaman 61, 62 Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf. Bersepeda adalah kegiatankesukaanku.Aku bersepeda pada sore hari. Aku bersepeda berkeliling desa. Aku bersepeda  bersama teman-temanku. Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan.
  • Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
2. Tugas hari Sabtu, 24 Juli 2021 pembelajaran 2
  • Halaman 65 Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang. Nah, perhatikan gambar rangka tangan dan kaki berikut ini. Coba kenali dan tunjukkan nama tulang-tulang tersebut melalui gambar berikut. Pasangkan antara gambar dengan keterangan menggunakan garis! 
  • Halaman 68 Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut. Untuk memudahkan pekerjanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.  Nama Tulang Lengan Fungsinya  1. Tulang hasta  2. Tulang atas  3. Tulang pengumpil  4. Tulang pergelangan tangan  5. Tulang telapak tangan  6. Tulang paha  7. Tulang kering  8. Tulang betis  9. Tulang pergelangan kaki  10. Tulang telapak kaki  11. Tulang jari kaki 
  • Halaman 71  Cerita yang kamu baca inspiratif, bukan? Orang yang berkebutuhan khusus pun mampu beraktivitas layaknya orang normal. Bagaimana dengan kamu? Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragrafnya. jawaban Paragraf Ide Pokok 
  • Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
3. Tugas Hari Sening, 26 Juli 2021 Pembelajaran 3

  • Halaman 77 No. Pertanyaan Jawaban 1. Pulau manakah yang paling padat penduduknya di  Indonesia? 2. Pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia? 3. Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi lampung? 4. Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi Papua Barat? 5. Berapakah jumlah kepadatan penduduk provinsi tempat tinggalmu?
  • Halaman 78, 79 Pasangkan antara pulau dengan suku bangsa yang tepat dengan menarik garis.
  • Halaman 83 Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf  bacaan di atas. Paragraf Ide Pokok 1 Kerukunan umat beragama merupakan bentuk hubungan  2 3 4 5 6 7
  • Halaman 84 Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang berbeda satu sama lain. Sekarang bersama dengan temanmu bandingkan nilai-nilai luhur setiap sila dalam Pancasila. SILA I Ketuhanan Yang Maha  Esa SILA II Kemanusiaan yang  Adil dan Beradab SILA III Persatuan Indonesia SILA IV Kerakyatan yang  Dipimpin oleh Hikmat  Kebijaksanaan dalam  Permusyawaratan/ Perwakilan SILA V Keadilan Sosial  Bagi Seluruh Rakyat Indonesia 
  • Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
4. Tugas hari Selasa, 27 Juli 2021 Pembelajaran 4

  • Halaman 89  Amatilah keempat gambar kenampakan berikut! Berilah tanda centang (v) pada gambar yang menunjukkan kenampakan alam  yang ada di Indonesia. Berilah tanda silang (x) pada gambar yang menunjukkan kenampakan buatan  yang ada di Indonesia.
  • Halaman 90 Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 1. Kenampakan alam apakah yang tampak pada gambar di atas?  2. Kenampakan buatan apakah yang nampak pada gambar di atas?  3. Apakah kenampakan alam itu?  4. Apakah kenampakan buatan itu? 
  • Halaman 91,92,93, Isilah Nama Pulau Bentang Alam Secara Umum pada pulau Jawa, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Papua,  Bali, Kepulauan Nusa tenggara , 
  • Halaman 95 Berdasarkan penjelasan iklim di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 1. Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?  2. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?  3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia! 
  • Halaman 97 Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf  bacaan di atas.Paragraf Ide Pokok
  • Halaman  101, Pasangkanlah dengn garis antara pernyataan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dengan sila-sila Pancasila yang sesuai!
  • Halaman  102 Berilah tanda  centang (v ) pada gambar yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Berilah tanda silang (x) pada gambar yang menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  • Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
5. Tugas hari Rabu, 28 Juli 2021 Pembelajaran 5

  • Halaman 107 Tunjukan dimana letak otot-otot ini berada. Hubungkan dengan menggunakan garis.
  • Halaman 109 Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.
  • Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini
6. Tugas Hari Kamis, 29 Juli 2021 Pembelajaran 6
  • Halaman 118 Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.
  • Untuk menjawab soal di atas silahkan baca materi pelajaran di sini


No comments: