Rintokusmiran.com | Soal PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Tahun 2021- Soal PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Tahun 2021 semoga dapat dimanfaatkan oleh rekan-rekan pelamar PPPK Guru mata pelajaran PKWU tahun 2021.
SOAL PPPK GURU PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TAHUN 2021 |
Berikut ini adalah Soal PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Tahun 2021
1. Model pengembangan kognitif menurut seorang pakar bernama Guilford. Adalah ….
a. Menunjukan keragaman keterampilan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan empat dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Kempat dimensi itu ialah konten, produk,proses dan operasi
b. Menggambarkan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan kubus tiga dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan operasi mental
c. Menggambarkan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan empat dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan operasi
d. Menunjukan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan kubus tiga dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan operasi
e. Menunjukan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam bentukan kubus tiga dimensi intelektual untuk menampilkan semua kemampuan kognitif manusia. Ketiga dimensi itu ialah konten, produk dan hasil
2. Tujuan Identifikasi kemampuan awal peserta didik adalah ….
a. salah satu upaya para Peserta didik untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan peserta didik, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu
b. salah satu upaya peserta didik untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan guru, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu
c. salah satu cara peserta didik untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan guru, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu
d. salah satu upaya para guru untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan guru, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu
e. salah satu upaya para guru yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman tentang; tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan peserta didik, berkaitan dengan suatu program pembelajaran tertentu
3. Aspek yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik adalah ……..
a. aspek fisiologis , psikologis, aspek sosial dan non sosial
b. aspek lingkungan , gender, aspek sosial dan non sosial
c. aspek keturunan , psikologis, aspek sosial dan non sosial
d. aspek gender , psikologis, aspek sosial dan non sosial
e. aspek gender , psikologis, fisiologis, aspek sosial dan non sosial
4. Dari banyaknya definisi/batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah...
a. Kumpulan hasil karya siswa
b. Rekaman hasil karya siswa
c. Rangkaian hasil karya siswa
d. Kumpulan nilai siswa
e. Kumpulan siswa
5. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat adalah....
a. Tes uraian bebas
b. Tes uraian terbatas
c. Yang sederhana
d. Yang sangat kompleks
e. Yang aktual
6. Apa yang dimaksudkan dengan kesulitan belajar …..
a. suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat belajar sebagaimanamestinya
b. suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat menyerap pengetahuan dengan sebagaimana mestinya
c. suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat menyerap keterampilan dengan sebagaimana mestinya
d. suatu keadaan dimana peserta didik tidak dapat menyerap pengetahuan dan keterampilan dengan sebagaimana mestinya
e. suatu keadaan dimana peserta dapat menyerap pengetahuan dan keterampilan dengan sebagaimana mestinya
7. Dalam setiap kali penilaian Pak Joni selalu membuat rubrik penilaian yang berisi kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian....
a. Sistematis
b. Beracuan kriteria
c. Menyeluruh
d. Adil
e. Akuntabel
8. Pagi ini pembagian raport untuk siswa “SMP Negeri 4 Muara Sugihan”. Pak Tri adalah guru PKWU di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba-tiba Pak Tri di datangi oleh orang tua wali murid sambil marah-marah dan menggerutu karena nilai anaknya jelek padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar. Pak Tri kemudian menjelaskan teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari harian, PTS dan PAT serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian lengkap. Dan akhirnya orang tua tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian Pak Tri telah melaksanakan prinsip penilaian...
a. Adil
b. Objektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Akuntabel
9. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Iman guru Prakarya dan Kewirausahaan. Jumlah soal ada 10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan Pak Iman tidak sesuai dengan prinsip penilaian...
a. Adil
b. Objektif
c. Menyeluruh
d. Sistematis
e. Beracuan kriteria
10. Kemampuan yang dimiliki seseorang yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan apabila dilatih dengan baik. Kemampuan yang terlatih ini akan menjadi suatu kecakapan, keahlian, dan ketrampilan dalam bidang tertentu adalah ….
a. Potensi fisik
b. Potensi individu
c. Potensi kelompok
d. Potensi manusia
e. Potensi diri
11, Untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, kondisi, dan perkembangan peserta didik, dengan memperhatikan kondisi sekolah adalah….
a. tujuan pengembangan bakat dan minat
b. tujuan pengembangan minat
c. tujuan pengembangan bakat
d. tujuan pengembangan diri
e. tujuan pengembangan keterampilan
12. Tujuan pengembangan diri adalah ….
a. Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan profesional, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.
b. Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan juga kemandirian.
c. Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan berkeluarga, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan karir, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.
d. Untuk mengembangkan bakat, minat, kreaktivitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan pekerjaan, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.
e. Untuk mengembangkan bakat, minat, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan pekerjaan, kemampuan pemecahan masalah, dan kemandirian.
13. Pengertian menganalisis pengetahuan Awal peserta didik adalah ……………
a. Kegiatan menganalisis pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut
b. Kegiatan menelaah pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut
c. Kegiatan mengidentifikasi pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran atas dasar keadaan peserta didik tersebut
d. Kegiatan mengukur pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran
e. Kegiatan mengukur pengetahuan awal dalam pengembangan pembelajaran merupakan pendekatan menerima peserta didik apa adanya dan menyusun sistem pembelajaran dan keterampilan
14. Media yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah....
a. Potongan artikel media cetak
b. Vidio di kanal youtube
c. Tayangan berita di televisi
d. Daftar harga barang pokok terbaru
e. Buku paket
15. Seorang merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksud untuk menentukan hasil dan kemampuan belajar siswa, maka jenis evaluasi yang dapat di pilih oleh guru adalah...
a. Evaluasi formatif
b. Evaluasi sumatif
c. Evaluasi selektif
d. Evaluasi diagnostik
e. Evaluasi penempatan
16. Proses kognitif (cognitive processes) adalah ….
a. Pengembangan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.
b. Perumusan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.
c. Perubahan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.
d. Penataan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.
e. Penjelasan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu.
17. Model pengembangan Taksonomi Bloom pada perilaku kognitif terdiri dari ….
a. enam tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi
b. lima tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis
c. tuju tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi dan kreaktifitas
d. enam tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan kreaktifitas
e. enam tingkat perilaku kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan akuntabilitas
18. Dalam setiap pembelajaran, Pak Kus selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap siswa terhadap materi yang telah diberikan...
a. Sistematis
b. Beracuan kriteria
c. Terpadu
d. Sahih
e. Akuntabel
19. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus disajikan oleh siswa untuk menilai temen kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut adalah...
a. Penilaian kinerja
b. Penilaian proyek
c. Penilaian portofolio
d. Penilaian terbuka
e. Penilaian diri
20. Disediakan dua magnet dan paku, siswa SMP melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah....
a. Condition
b. Behavior dan Degree
c. Condition dan Degree
d. Audience
e. Degree
No comments:
Post a Comment