Monday, 12 July 2021

SOAL PEDAGOGIK PPPK GURU PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU) BAGIAN 4

Rintokusmiran.com | Soal Pedagogik PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Bagian 4 - Kabar gembira buat sobat pejuang PPPK Guru tahun 2021 khususnya untuk formasi Guru Prakarya dan Kewirahusahaan (PKWU) bahwa pada kesempatan ini saya akan membagikan soal pedagogik bagian 4

SOAL PEDAGOGIK PPPK GURU PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU)  BAGIAN 4
SOAL PEDAGOGIK PPPK GURU PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU)  BAGIAN 4

Soal Pedagogik PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Bagian 4 dapat anda gunakan sebagai referensi anda serta menambah wawasan anda untuk mengarungi kompetisi calon ASN PPPK guru formasi guru mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan (PKWU).

Anda juga dapat mengunduh soal dan kunci jawaban dari Soal Pedagogik PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Bagian 4 pada bagian bawah artikel ini. 

Berikut ini adalah Soal Pedagogik PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Bagian 4 :

1. Intergrasi muatan lokal kedalam mata pelajaran Prakarya dapat memberi peluang bagi guru untuk mengenalkan potensi-potensi Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan lokal yang dekat dengan…
a. Teman
b. Sekolah
c. Kerabat
d. Lingkungan tempat tinggal

2.Integrasi muatan lokal dengan lingkungan peserta didik dan pendidik  memberikan manfaat dan kemudahan dalam menentukan beberapa hal di bawah ini, kecuali…
a. Jarak tempuh ke sekolah
b. Menentukan sumber belajar
c. Narasumber
d. Bahan ajar

3.Jumlah penambahan jam pelajaran mata pelejaran muatan lokal maksimum per mingu adalah… 
a. 5 jam pelajaran
b. 4 jam pelajaran
c. 3 jam pelajaran
d. 2 jam pelajaran

4. Pengalaman belajar mata pelajaran prakarya belajar langsung individual peserta didik menjadi hasil belajar bagi dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadikan sebuah  …
a. Kurikulum sekolah
b. KTSP
c. Hasil kurikulum
d. Produk kurikulum

5. Pembelajaran Prakarya lebih banyak melakukan percobaan bahan material maupun metode pemecahan. Langkah ini harus mempertimbangkan arah dan kebijakan pelestarian lingkungan, terutama atas kerusakan dan kepunahannya. Dalam hal ini peserta didik dilatih untuk
a. Menata dan dikembangkannya material dengan rasa kepedulian, serta rasa keindahan agar keberlanjutan regenerasi lingkungan tetap terpelihara.
b. Menata dan mengembangkan material dengan rasa kepedulian, serta rasa keindahan agar keberlanjutan regenerasi lingkungan tetap terpelihara
c. Menata dan mengembangkan material dengan rasa kepedulian, serta rasa keindahan agar keberlanjutan merusak lingkungan .
d. Menata dan mengembangkan material dengan rasa kepedulian.

6. Salah satu tuntutan pendidikan kewirauhaan dalam konteks Prakarya adalah selalu bekerja secara mandiri. Bekerja mandiri dapat diartikan sebagai…
a. Kemampuan memecahkan masalah secara mandiri tanpa maupun motivasi dari orang lain
b. Kemampuan mencari masalah  secara mandiri tanpa maupun motivasi dari orang lain
c. Kemampuan memecahkan masalah  sekolah tanpa maupun motivasi dari orang lain
d. Kemampuan membuat masalah secara mandiri tanpa maupun motivasi dari orang lain.

7. Spesifikasi arah pembelajaran Mata Pelajaran Prakarya adalah…
a. Ergonomis, Konstruktif, Ekosistem, Higienis
b. Karajinan, rekayasa, budidaya, pengolahan
c. Cepat, tepat, cekatan, teliti
d. Single project, naturalistik, produksi , reproduksi

8. Yang bukan termasuk pendekatan saintifik pada mata pelajaran adalah…
a. mengamati, 
b. menanya, 
c. menyebarkan  informasi, 
d. mengasosiasikan dan mengomunikasikan.

9.Yang perlu dilakukan oleh  guru Prakarya agar memiliki kemampuan menanya adalah ….
a.Memberikan pembekalan pembelajaran pada peserta didik terhadap kemampuan merumuskan pertanyaan 
b.Memberikan pertanyaan pada  pembelajaran 
c.Memberikan pembekalan menjawab pada peserta didik terhadap kemampuan merumuskan pertanyaan 
d.Memberikan pembekalan cara mengumpulkan pertanyaan 

10.Mengumpulkan informasi atau eksperimen, disini peserta didik didorong melakukan pengumpulan data atau informasi, interpretasi data, analisis data, dan berdasarkan analisis data itu ditarik kesimpulan-kesimpulan umum berkaitan dengan obyek  karya/produk Prakarya yang dipelajarinya adalah termasuk ke dalam tahapan pendekatan saintifik berupa…
a.Menanya
b.Mengkomunikasikan 
c.Mengasosiasi
d.Mengeksplorasi 

Bagi anda yang memerlukan file soal dan kunci jawaban Soal Pedagogik PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Bagian 4  dapat anda unduh pada link di bawah ini:

Soal Pedagogik PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Bagian 4 

Soal Pedagogik PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Bagian 3

Soal Pedagogik PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Bagian 2

Soal Pedagogik PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Bagian 1

Daftar istilah pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan /PKWU

SOAL PPPK GURU PRAKARYA/PKWU TAHUN 2021

Semoga Soal Pedagogik PPPK Guru Prakarya dan Kewirausahaan Bagian 3 yang saya bagikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


GROUP TELEGRAM PPPK PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN 


1 comment:

Idrus Jaelani said...

Yg ini belum ada pembahasannya ya pak diyoutube. Mohon sertakan kunci jawabannya kalo boleh hehe