MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 5 SD TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 |
Di bawah kandang kelinci, Edo melihat seekor siput yang sedang berjalan perlahan. Edo pun mengambilnya. “Kelinci dan siput sama-sama hewan, tetapi gerakannya kok berbeda, ya? Kelinci bergerak lincah, berlari, dan meloncat, sedangkan siput bergerak sangat pelan. Mengapa bisa begitu, ya?” gumam Edo penasaran..
Halaman 42
Temukan perbedaan
Karakteristik Kelinci Karakteristik Siput
1. Vertebrata 1. Avertebrata
2. 2.
3. 3.
4. 4.
Jawaban Halaman 42
Karakteristik Kelinci Karakteristik Siput
1. Vertebrata 1. Avertebrata
2. gerakannya lincah dan cepat 2. gerakannya lambat
3. perpindah tempat dengan berlari, berjalan, dan meloncat 3.berpindah tempat merayap
4. Tubuh ditutupi bulu 4. Tubuh ditutupi oleh cangkang
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa kelinci termasuk hewan vertebrata. Lalu bagaimana dengan siput? Siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang.
Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan avertebrata adalah siput, serangga, cacing, ubur ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.
Halaman 43
Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.
Jawaban Halaman 43
1. nama Hewan: Belalang
Fungsinya: Kaki depan untuk mencengkram dan kaki belakang untuk melompat. Meskipun memiliki sayap, belalang tidak menggunakan terbang. Sayap belalang berfungsi untuk berkomunikasi dengan sesama belalang.
2. Nama Hewan: Cacing
Nama Organ Gerak: Otot yag berada di seluruh tubuhnya
Fungsinya: Otot yang ada di seluruh tubuhnya berfungsi untuk bergerak dan berpindah tempat. Tidak hanya itu, cacing akan melalukan kontraksi dan relaksi sehingga dapat menghasilkan gerakan mengkerut dan memanjang.
3. Nama Hewan: Ubur-ubur
Nama Organ Gerak: Tentakel
Fungsinya: Tentakel berfungsi untuk bergerak dan sebagai alat perlindungan. Ubur-ubur mengambil air ke dalam otot bel mereka kemudian menyemprotkannya keluar dari belakang tubuh mereka. Selain melalui gerakan itu, ubur-ubur juga bergerak dengan cara melayang pada arus air.
Jawaban Halaman 45-46
Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf.
Jawaban 45-46
1.Ide pokok paragraf 1: Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan.
Kalimat pengembang: Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci
2. Ide pokok paragraf 2: Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan.
Kalimat pengembang:Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain
3. Ide pokok paragraf 3: Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan.
Kalimat pengembang:Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus.
4. Ide pokok paragraf 4: Siput adalah sang pengembara yang mandiri.
Kalimat pengembang:meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan.
5. Ide paragraf 5: Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dan juga dalam mempertahankan diri dari serangan predator
Kalimat pengembang: iput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan
Semoga materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 5 SD tema 1 subtema 1 Pembelajaran 5 bermanfaat Bagi Kita semua
No comments:
Post a Comment