Saturday 11 May 2019

BUKTI FISIK AKREDITASI SMP TERBARU

Salam Pendidikan,


Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang bukti fisik akreditasi sekolah untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama SMP . Bukti fisik ini akan membantu sekolah yang sudah habis masa akreditasi sekolahnya. 
BUKTI FISIK AKREDITASI SMP TERBARU
Gambar bukti fisik akreditasi smp terbaru

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mulai tahun 2018 semua bulti fisik harus dikumpulkan oleh sekolah agar pelaksanaan akreditasi sekolah berjalan dengan lancar. 

Semua bukti fisik akreditasi sekolah nanti akan diinputkan ke dalam aplikasi berbasis online. Sekolah melalui operator sekolah memiliki akses NPSN sebagai user dan kata sandi secara default. User dan kata sandi juga bisa diatur ulang kata sandinya sesuai dengan keinginan sekolah hal ini bertujuan untuk menjaga kerahasian data sekolah yang diinput oleh sekolah dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Sekolah sebagai pengguna dapat mengakses situs dengan Alamat disini.  Terdapat  8 Standar yang diambil dari  daftar Isian Akreditasi (DIA) Akreditasi sekolah merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional-Standar Minimal (BAN-SM). Tujuannya untuk menjaga kualitas suatu lembaga pendidikan formal sehingga paling tidak lembaga tersebut memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan.

Bukti Fisik Akreditasi Dokumen SisPeNa SMP/MTs. Secara umum kaitannya dengan dokumen yang harus dipersiapkan dalam menghadapi akreditasiSMP/MTs sebagai berikut:
  1. Standar Isi   ( Mulai butir 1 sampai dengan butir 9 )
  2. Standar Proses  (10 sampai dengan butir 30)
  3. Standar Kompetensi Lulusan ( 31 sampai dengan 37)
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( 38 sampai dengan 56)
  5. Standar Sarana dan Prasarana (57 sampai dengan 80 )
  6. Standar Pengelolaan ( 81 sampai dengan 95 )
  7. Standar Pembiayaan ( 96 sampai dengan 111)
  8. Standar Penilaian (112 sampai dengan 124)
Setiap butir ada beberapa penjelasan dan dokumen yang perlu dipersiapkan oleh sekolah. Bagi anda yang membutuhkan penjelasan perbutir soal pada instrumen akreditasi sekolah dapat anda unduh disini .

Saya juga akan membagikan bukti fisik 8 standar akreditasi sekolah yang dapat anda unduh pada link dibawah ini
  1. Dokumen pendukung 1
  2. Dokumen pendukung 2
  3. Surat Pernyataan Kepala Sekolah
  4. Panduan Sispena 
Semoga bukti fisik akreditasi sekolah jenjang SMP/MTs ini berguna bagi kita semua, sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.

No comments: