Thursday 16 May 2019

DOWNLOAD ERAPORT SMP VERSI 2.0

Salam Pendidikan.

Pada kesempatan yang berhagai ini saya akan membagikan artikel berkaitan dengan download eraport SMP Versi 2.0. Aplikasi eraport untuk jenjang SMP ini  terintegrasi dengan aplikasi dapodik.
DOWNLOAD ERAPORT SMP VERSI 2.0
DOWNLOAD ERAPORT SMP VERSI 2.0

Aplikasi Eraport SMP versi 2.0 ini merupakan sebuah aplikasi raport yang dikembangkan oleh Dit PSMP ditjen Dikdasmen Kemdikbud. Merupakan aplikasi Eraport yang berbasis web. Hal ini sangat memudahkan anda yang menjadi pendidik/guru mata pelajaran pada satuan pendidikan SMP.

Aplikasi Eraport jenjang SMP versi 2.0 ini dirilis pada tanggal 14 Mei 2019 melalui halaman resmi dit PSMP ditjen dikdasmen kemdikbud. Versi ini terdapat menu pilihan tahun pelajaran 2018/2019 semester genap.

Aplikasi ini sangat membantu sekali dan dapat dikerjakan menggunakan beberapa laptop atau PC secara sekaligus. Sehingga dapat dilakukan dengan mudah dan hemat waktu. Selain itu aplikasi ini bisa dikerjakan secara offline dan online. Online menginput secara langsung dengan laptop yang ada dapodiknya. 

Aplikasi Eraport smp ini diinstalkan pada laptop yang ada aplikasi dapodiknya. Setelah aplikasi e-raport versi 2.0 terinstal maka tugas operator sekolah adalah sebagai berikut:
  1. Mengsinkronkan data E-raport denga aplikasi dapodik meliputi data sekolah, siswa, PTK, rombel, Mata Pelajaran yang diujikan dll.
  2. Membuat akun PTK hal ini bertujuan agar PTK / Guru Mapel bisa masuk ke dalam aplikasi dengan menggunakan akun yang telah ditambahkan oleh Operator sekolah.
  3. Maping Mata pelajaran.
  4. Membuat akun wali kelas.
  5. Menyingkronkan aplikasi E-raport jika semua proses input nilai sudah selesai ke dalam aplikasi dapodik sekolah, dan selanjutnya dikirim ke server dapodik.

JIka mengerjakan secara offline anda bisa mengunduh format khusus berupa excel dari aplikasi Eraport tersebut dan selanjutnya dapat diupload ke dalam aplikasi ini. Dengan adanya fitur tersebut diharapkan dapat menjawab semua tantangan dalam pengisian raport jenjang SMP pada tahun ini.

Sesuai dengan amanat pada kurikulum 2013 bahwa setiap pendidik diwajibkan untuk menguasai kompetensi yang berkaitan dengan IT. Dapat kita ketahui bersama bahwa penilaian kurikulum 2013 terdapat jenis penilaian yang bersifat deskripsi yang harus diinput oleh masing-masing guru mata pelajaran berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi inti mata pelajaran tersebut.

Bagi anda yang memerlukan aplikasi E-raport versi 2.0 dapat diunduh disini. 

Semoga artikel saya Berkaitan dengan download E-raport versi 2.0 ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya, jangan lupa berikan komentar yang bersifat membangun .

Sumber: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/

No comments: