Sunday 26 May 2019

SURAT REKOMENDASI PSIKOLOG SISWA SD KURANG 6 TAHUN

Salam Pendidikan,

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan mengulas artikel dengan tema Surat rekomendasi psikolog untuk siswa SD kurang dari 6 tahun. Hal ini menarik untuk dibahasas dalam artikel ini.
SURAT REKOMENDASI PSIKOLOG SISWA SD KURANG 6 TAHUN
SURAT REKOMENDASI PSIKOLOG SISWA SD KURANG 6 TAHUN

Memasuki bulan Mei tentunya bagi anda orangtua dari peserta didik yang akan mendaftarkan anaknya yang telah memasuki usia SD. Tentu sudah mulai ada rencana sekolah mana yang cocok buat anak saya?. Bagaimana dengan anak saya yang kurang dari 6 tahun? Padahal anak saya kurang 1 hari dari tanggal batasan minimal diterimanya yakni tanggal 02 Juli 2013. 

Sesuai dengan peraturan penerimaan peserta didik baru pada jenjang sekolah dasar bila ada anak kurang dari 6 tahun wajib melampirkan surat rekomendasi dari psikolog?. Tentunya anda akan bertanya ke mana saya mencari psikolog guna memperoleh surat rekomendasi tersebut?. Saya tinggal di daerah yang tidak dekat dengan pusat kota, mohon maaf boleh dibilang daerah 3T.


Guna mempermudah pelayanan bagi orang tua peserta didik yang ternyata anaknya kurang dari 6 tahun satuan pendidikan Sekolah Dasar dapat memberikan rekomendasi pengganti dari rekomendasi psikolog.

Panitia Pendaftaran Peserta Didik baru bisa mengeluarkan surat rekomendasi dari dewan guru yang ditunjuk oleh sekolah untuk melakukan serangkaian pemeriksaan psikologi terhadap siswa baru yang memiliki usia kurang dari 6 tahun.

Pemeriksaan yang dimaksud meliputi beberapa indikator-indikator dibawah ini:

  1. Pengamatan bentuk dan kemampuan membedakan
  2. Motorik halus
  3. Pengertian tentang besar jumlah dan perbandingan
  4. Pengamatan tajam
  5. Pengamatan krisis
  6. Konsentrasi 
  7. Daya ingat
  8. Pengertian tentang objek dan penilaian terhadap situasi
  9. Memahami cerita
  10. Gambar
Saat pemeriksaan, Umar tampak sungguh-sungguh. Hasil pemeriksaan menunjukkan kesiapan psikomotorik, kogitif, sosial dan emosi Umar termasuk kelompok siap untuk sekolah. Skor optimal yang diperoleh Umar untuk subtes Pengamatan bentuk dan kemampuan membedakan, pengertian tentang perbandingan besar jumlah & membandingkan dan daya ingat.

Skor standar untuk siap sekolah adalah 93. Skor standar yang diperoleh Umar adalah 107. Artinya, dari kemampuan psikologis secara umum, Umar siap mengikuti pembelajaran di Sekolah Dasar.

Berikuti ini contoh kalimat rekomendasinya "Saat Tahun Pelajaran 2019/2020, usia kronologis Umar adalah 5 Tahun 11 Bulan. Dengan mempertimbangkan skor di atas Umar SIAP BERSEKOLAH di SD."

Selanjutnya surat rekomendasi dari dewan guru tersebut ditandatangani oleh guru yang melakukan pemeriksaan dan diketahui oleh Kepala Sekolah pada satuan pendidikan tersebut.

Setelah peserta didik dinyatakan layak oleh psikologi dan dewan guru, maka dokumen tersebut diserahkan kepada Operator sekolah untuk diupload pada situs pendataan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

bagi anda yang memerlukan surat  rekomendasi psikolog dapat anda unduh di sini.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda orangtua, Panitia PPDB, dan Sekolah guna suksesnya kegiataan PPDB tahun ini. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.

5 comments:

M. Imam Muhri said...

Terimakasih infonya pak,,,

kaboelsiagian.blogspot.com said...

Alhamdulillah terimakasih byk

Unknown said...

untuk isi nya, apa di biarkan seperti itu pak..?? dan bagaimana dengan tanggal pemeriksaan nya kepada psikolog..?? apakah kita hanya mengubah nama dan dan data diri anak..?

Dwi Ati said...

Terima kasih pak...
Ini yg saya cari2 dr kmrn

Julaikha Meidini Lussy said...

Panduan penentuan Skor gmn ya Pak...biar kita bisa hitung jika ada anak yg kurang beberapa item yg di ajukan Pak? Mohon bantuan penjelasannya