Monday, 13 May 2019

CARA MEMBUAT GROUP DI OUTLOOK MICROSOFT OFFICE 2007, 2010, 2013 DAN 2016

Salam Pendidikan,


Pada artikel saya kali ini akan membahas bagaimana cara membuat group di Outlook office 2007, 2010, 2013/2016. Hal ini tentunya sangat menarik untuk dibahasa terutama bagi anda guru, siswa bahkan untuk lembaga atau instansi swasta maupun instansi Pemerintah.

Apakah manfaat group? Dengan adanya group tentunya akan mempermudah arah komunikasi dalam anggota group. Anggota group pada umumnya mempunyai kesaamaan dan tujuan yang ingin dicapai.

Bagi anda pendidik yang mengunakan outlook fitur ini akan membawa dampak yang sungguh luar biasa. Tentunya dampak positif sebagaimana keinginan admin group dan umumnya pengguna group. 

Gunakan grup kontak (dulu disebut "daftar distribusi") untuk mengirim email ke beberapa orang — tim proyek, komisi, atau bahkan hanya teman-temantanpa harus menambahkan nama setiap ke kepada, Cc, atau Bcc baris secara individual.

Berikut ini adalah panduan bagaimana bila anda akan membuat group pada outlook, yang perlu digaris bawahi jenis office yang anda gunakan. Ada 4 jenis office yang akan dibahas meliputi office 2007, 2010, 2013 dan 2016.


Grup Office 365 berbeda dengan grup kontak (sebelumnya disebut daftar distribusi). Grup kontak merupakan sekumpulan alamat email yang dapat digunakan untuk mengirim pesan email atau undangan rapat ke semua alamat sekaligus. Untuk membuat grup kontak, lihat Membuat grup kontak.


Buka Outlook 2016.

Pilih Beranda > Grup Baru.


Tidak melihat Grup Baru di pita? Departemen TI mungkin belum mengaktifkan Grup untuk organisasi Anda. Hubungi departemen TI untuk mendapatkan bantuan.

Isi informasi grup.

Nama grup: Buat nama yang mencerminkan karakter grup.

Setelah memasukkan nama, saran alamat email akan tersedia. "Tidak tersedia" berarti nama grup telah digunakan dan Anda harus mencoba nama lain. Harap diingat bahwa ketika Anda memilih nama grup, nama tersebut tidak dapat diubah.

Deskripsi: Secara opsional, masukkan deskripsi yang akan membantu orang lain memahami tujuan grup. Deskripsi ini akan disertakan dalam email sambutan ketika seseorang bergabung dalam grup.

Klasifikasi: Pilih klasifikasi. Opsi yang tersedia tergantung pada pengaturan organisasi Anda.

Privasi: Secara default, Grup dibuat sebagai Pribadi. Artinya, hanya anggota yang disetujui di organisasi Anda yang dapat melihat konten grup. Orang lain yang tidak disetujui di organisasi Anda tidak dapat melihat kontennya.

Pilih Publik untuk membuat grup yang kontennya dapat dilihat semua orang dalam organisasi, dan mereka dapat menjadi anggotanya.

Pilih Privat untuk membuat grup yang keanggotaannya memerlukan persetujuan dan kontennya hanya dapat dilihat oleh anggota grup.

Kirim semua percakapan dan acara grup ke kotak masuk anggota Jika diperlukan, centang kotak ini agar anggota dapat melihat semua percakapan dan acara dalam kotak masuk mereka tanpa harus mengunjungi ruang kerja grup yang terpisah. Anggota dapat mengubah pengaturan ini untuk kotak surat mereka sendiri.

Pilih Buat. 


Office 2013 

Pada bilah navigasi, klik orang. 

Catatan: Anda bisa menemukan orang-orang dalam salah satu dari dua tempat di bilah navigasi. 

Jika Anda menggunakan bilah navigasi ringkas, klik ikon orang.

Jika Anda menggunakan bilah navigasi diperluas, klik kata orang.


Di bawah Kontak saya, pilih folder tempat Anda ingin menyimpan grup kontak. Biasanya, Anda akan memilih kontak.

Pada pita, pilih Grup kontak baru.

Beri nama grup kontak Anda.

Klik Tambahkan Anggota, lalu tambahkan orang-orang dari buku alamat atau daftar kontak Anda.



Catatan: Untuk menambahkan seseorang yang tidak berada di buku alamat atau kontak, pilih Kontak email baru.

Klik Simpan & Tutup.

Untuk mempelajari cara menggunakan grup kontak baru, baca Mengirim pesan email ke grup kontak.

Menggunakan email untuk membuat grup kontak
Jika Anda selalu mengirimkan email kepada sekelompok orang yang sama, Anda bisa membuat grup kontak (dulu disebut daftar distribusi) yang mencakup semua penerima dengan menggunakan email sebelumnya yang Anda kirimkan untuk mereka. Setelah itu, saat berikutnya Anda ingin menghubungi mereka atau menjadwalkan pertemuan dengan mereka, Anda bisa menambahkan grup kontak ke baris Kepada dari pesan Anda, dan bukannya menambahkan setiap orang satu per satu.

Buka email yang dikirimkan ke orang-orang yang ingin Anda masukkan ke dalam grup kontak.

Di kotak Kepada atau Cc, soroti semua nama dengan mouse.


Klik kanan pilihan Anda, lalu klik Salin, atau tekan Ctrl+C.

Di jendela Outlook utama (bukan di pesan email terbuka), klik orang pada bilah navigasi


Klik Grup kontak baru.



Ketikkan nama untuk grup kontak Anda, seperti Proyek khusus.

Klik Tambahkan Anggota > Dari Kontak Outlook.



Di jendela yang terbuka, klik kanan di dalam kotak Anggota, dan klik Tempelkan, atau tekan Ctrl+V.

Klik OK.

Orang-orang dari email akan muncul sebagai daftar anggota grup kontak Anda.



Klik Simpan & Tutup.

Grup kontak muncul di daftar kontak, bersama dengan setiap orang. Anda bisa mengetahui perbedaan dengan ikon yang muncul di sebelah kiri nama dalam tampilan daftar. Ikon kartu untuk masing-masing kontak dan ikon orang untuk grup kontak.


Akhirnya, Anda bisa selalu menambahkan orang atau menghapus orang dari grup kontak nanti

Office 2010

Membuat grup kontak dengan nama baru atau menambahkan nama dari buku alamat 

Di kontak, pada tab Beranda , di grup baru , klik Grup kontak baru.



Dalam kotak nama , ketik nama untuk grup kontak.

Pada tab Grup kontak , di grup anggota , klik Tambahkan anggota, dan lalu klik Dari kontak Outlook, Dari buku alamat atau Kontak Email baru.

Jika Anda menambahkan kontak email baru, masukkan informasi untuk orang di dalam kotak dialog Menambahkan anggota baru .

Jika Anda menambahkan anggota dari kontak Outlook atau buku alamat, lakukan hal berikut:

Di daftar turun bawah Buku alamat , klik buku alamat yang berisi alamat email yang ingin Anda sertakan dalam grup kontak Anda.

Di daftar nama, klik nama yang Anda inginkan, dan lalu klik anggota. Anda bisa menambahkan nama dari buku alamat yang berbeda untuk grup kontak yang sama.

Lakukan ini untuk setiap orang yang ingin Anda tambahkan ke grup kontak, dan lalu klik OK.
Grup kontak disimpan di folder kontak Anda di bawah nama yang Anda berikan.

Membuat grup kontak dengan menyalin nama dari pesan email 

Dalam pesan yang Anda inginkan untuk menyalin nama dari, klik nama dalam kotak kepada atau Cc .

Klik kanan pilihan Anda, dan kemudian klik Salin.

Di email, pada tab Beranda , di grup baru , klik Item baru, lalu klik Item lainnya, dan lalu klik Grup kontak.

Dalam kotak nama , ketik nama untuk grup kontak.

Pada tab Grup kontak , di grup anggota , klik Tambahkan anggota, dan lalu klik Dari kontak Outlook atau Buku alamat.

Di bagian bawah kotak dialog Pilih anggota , di kotak anggota , klik kanan, lalu klik tempel.

Catatan: Anggota tidak harus berada di buku alamat yang akan ditambahkan ke grup kontak. Nama dan alamat email yang disertakan ketika Anda menyalin dan menempelkan dari pesan email yang asli.


Menambahkan grup kontak diterima dari seseorang

Saat Anda menerima pesan yang menyertakan grup kontak yang ingin Anda gunakan, Anda bisa menyimpan ke kontak Anda.

Buka pesan yang berisi grup kontak.

Dalam kotak kepada atau Cc , klik kanan grup kontak, dan lalu klik Tambahkan ke kontak Outlook.

Office 2007

Membuat daftar distribusi

Daftar distribusi disimpan secara default di folder kontak Anda. Jika Anda menggunakan akun Microsoft Exchange, Daftar Alamat Global bisa berisi daftar distribusi global, yang tersedia untuk setiap orang yang menggunakan jaringan tersebut. Daftar distribusi pribadi yang Anda buat di folder kontak ini hanya tersedia untuk Anda, tapi Anda bisa membagikannya dengan mengirimkannya kepada orang lain.

Berapa banyak nama yang bisa menyertakan dalam daftar distribusi?

Jumlah maksimum nama yang bisa Anda sertakan dalam daftar distribusi bergantung pada ukuran file kontak (untuk setiap kontak) itu sendiri. Ada beberapa aturan tidak keras dan cepat namun secara umum, daftar distribusi bisa berisi antara 50-70 nama dan alamat email. Jumlah maksimum alamat email, dengan ukuran file kontak minimum, adalah kira-kira 125, dan ini bisa menyertakan daftar distribusi lain.


Lakukan salah satu hal berikut ini:

Membuat daftar distribusi dengan menggunakan nama dalam buku alamat 

Pada File menu, arahkan ke baru, dan lalu klik Daftar distribusi.

Dalam kotak nama , ketikkan nama daftar distribusi. (Misalnya, "Politik teman.")

Pada tab Daftar distribusi , klik Pilih anggota.


Di daftar turun bawah Buku alamat , klik buku alamat yang berisi alamat email yang ingin Anda sertakan dalam daftar distribusi.



Dalam kotak pencarian , ketikkan nama yang ingin Anda sertakan. Saat nama yang Anda Cari muncul di daftar di bawah ini, klik, dan lalu klik anggota.

Lakukan ini untuk setiap orang yang ingin Anda tambahkan ke daftar distribusi, dan lalu klik OK.

Jika Anda ingin menambahkan deskripsi lebih panjang dari daftar distribusi, pada tab Daftar distribusi, klik catatan, dan lalu ketikkan teks.

Daftar distribusi disimpan di folder kontak Anda di bawah nama yang Anda berikan.

Membuat daftar distribusi dengan menyalin nama dari pesan email 

Dalam pesan yang Anda inginkan untuk menyalin nama dari, pilih nama di kotak kepada atau Cc .

Klik kanan pilihan Anda, dan kemudian klik Salin pada menu pintasan.

Klik Tombol Microsoft Office , dan di bawah Membuat Item Outlook baru, klik Daftar distribusi.

Pada tab Daftar distribusi , di grup anggota , klik Pilih anggota.

Di bagian bawah kotak dialog Pilih anggota , di kotak anggota , klik kanan dan lalu klik tempel di menu pintasan.

Catatan: Anggota tidak harus dalam buku alamat Anda untuk ditambahkan ke daftar distribusi. Nama dan alamat email akan disertakan ketika Anda menyalin dan menempelkan dari pesan email yang asli.

Klik OK.

Dalam kotak nama , ketik nama untuk daftar distribusi.

Pada tab Daftar distribusi , di grup tindakan , klik Simpan & tutup.

Semoga arrtikel ini berguna bagi kita semua. sampai jumpa pada artikel saya selanjutnya.

1 comment: