Sunday 5 May 2019

Trik Mudah Menghafal Perkalian

Salam Pendidikan,

Hallo sobat pengunjung setia, khususnya adik-adik yang duduk disekolah dasar. Pada Kesempatan ini saya akan mengulas  trik mudah menghafal perkalian. Menghafal perkalian dasar 1 sampai dengan 9 harus bisa tuntaskan  dengan cepat. 
trik  mudah menghafal perkalian
Trik  Mudah Menghafal Perkalian

Menuntaskan dengan cepat perlu trik yang tepat. Bila kita cermati dengan seksama perkalian bisa kita kelompokkan menjadi 7 kelompok menurut karakternya dan sifatnya.

Penasaran bukan dengan trik yang akan saya berikan?. "Marilah disimak dengan seksama penjelasan saya dengan seksama. Namun untuk memudahkan menghafal perkalian akan saya kelompokkan menjadi 7 kelompok. Berikut ini 7 karakter perkalian menurut saya:

1. Perkalian dikali Angka 1
Perkalian dikalikan dengan angka 1 memiliki karakter jawabannya bilangan itu sendiri. perkalian yang harus dihafal:
 
perkalian dikali Angka 1
Perkalian dikali Angka 1



Lakukan secara berulang-ulang sampai adik-adik merasakan jawabannya bilangan itu sendiri

2. Perkalian dikali angka 2
Bilangan dikali angaka 2 prosesnya bisa menjumlahkan saja. Secara otomatis bila siswa sudah menghafal  penjumlahan perkalian angka 2 otomatis juga hafal. perkalian yang harus dihafal:

perkalian dikali  angka 2
Perkalian dikali  angka 2
3. Perkalian dibawah angka 5
Angka kecil cenderung mudah diingat bila kita sendirikan akan memiliki kesan yang lebih kuat. Angka yang harus dihafal:
gambar perkalian dibawah angka 5
Gambar perkalian dibawah angka 5

4. Perkalian dikali angka 9 
Setiap bilangan dikali angka 9 pasti jawabannya berjumlah 9. karakter ini sangatmembantu anak cepat hafal.
contoh;
gambar perkalian angka 9
Gambar perkalian angka 9
Bilangan dikali sembilan bisa dilakukan dengan bilangan itu sendiri dikurangi satu. Jawabannya 6 - 1 = 5. 5 supaya jadi 9 ditambah 4 jadi jawabannya 54.
adapun angka yang harus dihafal adalah:
gambar perkalian angka 9 dihafal
Gambar perkalian angka 9 dihafal

5. perkalian dikali angka 5
Karakter bilangan bila dikalikan 5 selalu menghasilkan keipatan 5 yang sangat mudah dingat sebab nilai di satuan adalah 0 atau 5. Perkalian yang harus dihafal:
gambar Perkalian dikali 5
Gambar Perkalian dikali 5

Karakter alain yang bisa dipahami untuk mempermudah mengingatkan adalah 5 = 1/2 dari 10. Karakter ini bila digunakan dalam operasi perkalian  maka bilangan yang dikalikan cukup 2 seterusnya tambah 0 jika genap dan menghilangkan koma jika jawaban ganjil.

6. Perkalian angka kembar
Angka kembar punya kesan yang cukup kuat saat menyebut soal. Karena terdengar cukup khas, maka cenderung mudah dihafal. Mengelompokkan tersendiri untuk dihafal semakin memperkuat kesan serta akan mudah diingat. Angka yang harus dihafal adalah:

perkalian angka kembar
Perkalian angka kembar
Yang harus dihafalkan ulang cuma 3 angka sebab yang lain sudah adik-adik hafalkan sebelumnya.

7. Perkalian angka yang belum diketahui
Ada perkalian yang tidak memiliki karakter kuat antara lain berikut ini:
perkalian angka yang belum diketahui
Perkalian angka yang belum diketahui

Perkalian bilangan ini tidak memiliki karakter kuat. Proses pengulangannya harus dilakukan secara insentif dan sebaiknya dilakukan bersama-sama bisa dengan panduan orangtua/guru/orang dewasa lainnya. 

Prosesnya bisa dengan melakukan penjumlahan bersama. Tedapat 7 kelompok karakter pada proses operasi perkalian jika masing-masing kelompok dihafal 1 bulan seharusnya 7 bulan sudah hafal tuntas.

Proses menghafal akan berhasil jika dilakukan dengan serius, tekun dan diuji dengan beberapa latihan yang terus-menerus. Tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan yang gigih. Selamat berlatih ya.

Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya. Anda dapat membagikan artikel ini jika bermanfaat atau memberikan komentar yang bersifat membangun.

1 comment:

RINTO KUSMIRAN said...

semoga bermanfaat bagi kita semua