Thursday, 23 May 2019

SOAL LATIHAN PAS BAHASA INDONESIA SMP SEMESTER GENAP KURIKULUM 2013


Salam Pendidikan,
Pada kesempatan Yang berbahagia ini saya akan mengulas soal latihan penilaian akhir semester PAS untuk jenjang Sekolah menengah pertama (SMP) semester 2 kurikulum 2013. Soal ini meliputi kelas 7 dan kelas 8. soal ini dapat anda gunakan untuk mengasah penguasaan materi pembelajaran yang telah dipelajari disekolah.
SOAL LATIHAN PAS BAHASA INDONESIA SMP SEMESTER GENAP KURIKULUM 2013
SOAL LATIHAN PAS BAHASA INDONESIA SMP SEMESTER GENAP KURIKULUM 2013

Berikut ini contoh soal PAS untuk kelas 7 semester genap tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran bahasa Indonesia.


   Pada kedua kutub tersebut, temperatur rata-rata tiap hari sering menurun jauh di bawah rata-rata tiap bulan. Data dari Stasiun Kutub Selatan Amerika menunjukkan bahwa suhu udara dimusim dingin mencapai di bawah (-100) derajat Ferenheit.

   Perbedaan suhu di kedua tempat tersebut juga menyebab perbedaan mencolok terhadap jenis binatang dan tumbuhan di kedua wilayah tersebut. Antartika terdapat sedikit tumbuhan, sedangkan Artik memiliki lebih banyak tumbuhan. Di beberapa wilayah Antartika yang tidak tertutup es, dapat ditemukan lumut dan ganggang. Populasi penguin dapat ditemukan di Artik. Binatang yang ada di Artik adalah rubah, beruang, dan rusa kutub. Binatang-binatang tersebut tidak ditemukan di Antartika.

   Es adalah wujud terbesar dari Antartika. Lebih dari 4,5 juta km wilayahnya tertutup es. Sungai es terbesar disebut gletser dan 85 % es dunia ada di Antartika. Batangan es sangat tebal , rata-rata mendekati 8.000 kaki. Dalam satu titik, ilmuwan menemukan jarak dari permukaan batu es sampai dengan kedalamannya hamper mencapai 13.000 kaki.

1. Paragraf di atas menggambarkan perbedaan    Antartika dengan Artik dari segi….
a. keadaan suhu b.keadaan flora dan fauna
c.   keadaan iklim    d.keadaan lingkungan

2. Dilihat dari struktur isinya, paragrap tersebut adalah bagian….
a. judul b.deskripsi umum
c. deskripsi bagian d.simpulan
3. Es dunia yang tersimpan di Antartika adalah….
a. 15% b.85%
       c. 55% d.25%
4. Di bawah ini yang merupakan unsur-unsur pembangun teks narasi, kecuali….
a. Rima b.Tokoh
       c. Latar/setting d. Alur

Perhatikan wacana berikut untuk mengerjakan soal nomor 5-8 !
   Malam Minggu Vita dan Vito berdua tinggal di rumah. Ayah dan ibunya pergi ke acara resepsi pernikahan teman Ayah. Sebenarnya Vita ingin ikut serta, tapi tak diizinkan.

   “Pokoknya Vita mau ikut, Bu. Vita tidak mau di rumah sama Kak Vito. Kak Vito cerewetnya minta ampun. Banyak aturan. Ini salah, itu salah !” rengek Vita sembari menoleh kepada Vito dengan pandangan sebal.

  “Aduh…, Vita mau pipis. Anterin yuk!” ajak Vita. “Lho, katanya Kak Vito cerewet, kok mintak tolong,” Vito menggoda. “Eh enggak kok. Kak Vito baik deh, sebaik tokoh Guntur yang suka menolong itu.” Rajuk Vita sambil dengan menunjuk pada sinetron itu. Vito cekikikan. Lalu diantarnya Vita menuju kamar mandi  yang berada di samping dapur. “Kamu takut sama apa di rumah yang terang begini? Sama hantu gundul? Makanya, jangan kebanyakan nonton sinentron horror. Anak yang pintar tidak akan percaya pada hantu,” berondong Vito bergaya bijak.

5. Vita tidak ikut orang tuanya ke pesta pernikahan karena….
a. Vita merasa senang tinggal bersama Vito di   rumah.
b. Vita tidak suka menghadiri pesta.
c. Tidak diizinkan oleh orang tuanya.
d. Tidak senang hati Vita kalau orang tua ke pesta walaupun itu ada hubungan keluarga.

6. Vita mintak diantar ke kamar mandi karena….
a. Vita merasa takut sendirian ke kamar mandi.
b. Vito adalah kakak yang cerewet.
c. Vita tidak ingin merepotkan Vito yang sedang menonton televisi.
d. Vito tidak berani menonton televisi sendirian.

7. Vito mengatakan bahwa….
a. orang yang pintar suka menonton sinetron horror
b. orang yang pintar berani ke kamar mandi sendiri
c. orang yang pintar tidak berani ke kamar mandi sendirian
d. orang yang pintar tidak mudah terpengaruh sinetron horror.

8. Dari kutipan cerita di atas apa pesan yang tersirat….
a. kita tidak boleh merengek-rengek dengan orang
b. kita tidak boleh mudah terpengaruh dengan sinetron horror
c. kita yang bersaudara harus saling hidup rukun
d. kita tidak boleh takut di dalam rumah sendiri

9. Bukan keinginan Nandiyah untuk mengingkari janji. Dia ini tidak jadi main ke kota bersama Endah karena satu sebab yang tak terduga. Dia yakin, Endah bisa menyadari dan tidak kecewa akibat pembatalannya.
“Memang kenapa, Nandiyah?” Tanya Endah lewat telepon.
“Ibuku sakit mendadak. Sekarang harus opname di rumah sakit,” kata Nandiyah. Untunglah Endah bisa memahami alasan Nandiyah.
       Penokohan Nandiyah dalam cerita di atas  adalah…. 
a. baik hati, culas, dan suka bohong
b. buruk hati, licik, dan culas
c. baik hati, konsekuen,dan ingin tepat janji
d. baik hati, suka ingkar janji, dan sombong

10. Berikut ini yang merupakan latar suasana pada peistiwa cerita di atas adalah….
       a.haru b.mencekam
       c.sedih d.bahagia

Perhatikan kutipan kalimat berikut untuk menjawab soal nomor 11 dan 12!
Pertama, siapkan satu unit komputer dan modem ekternal, usahakan modem dalam keadaan baik dan sudah diisi pulsa.

11. Kutipan kalimat di atas akan lebih efektif jika  diubah dalam kalimat di bawah berikut ini….
a. Siapkan satu unit computer dan modem ekternal   yang sudah diisi pulsa.
b. Siapkan komputer dan modem ekternal, usahakan modem dalam keadaan baik dan sudah diisi pulsa.
c. Pertama, siapkan komputer dan modem ekternal yang sudah diisi pulsa.
d. Pertama, siapkan satu unit computer dan modem ekternal yang sudah berpulsa.

12. Dilihat dari bentuknya, kutipan di atas merupakan bagian….
       a.  pengantar atau tujuan teks prosedur
       b.  bahan/alat/cara teks prosedur
       c.  tahapan teks prosedur
       d.  simpulan teks prosedur
Perhatikan petunjuk berikut!
     (1)  Kupas pisang dengan pisau
     (2)  Iris tipis-tipis sesuai selera
     (3)  Taruh garam secukupnya, ratakan
     (4)   …
     (5)  Letakkan wajan di ats kompor
     (6)  Tuangkan minyak goring ke dalam wajan
     (7)  Panaskan
     (8)  …
     (9)  Goreng sampai kuning kecoklatan
     (10) Angkat kemudian sajikan 

13. Untuk melengkapi kalimat yang rumpang pada bagian teks petunjuk melakukan sesuatu dengan tepat adalah….
    a. (4) Masukan pisang ke dalam wajan
        (8) Nyalakan kompor
    b. (4) Nyalakan kompor
       (8) Masukkan pisang sampai kedalam wajan
    c. (4) Cuci pisang sampai bersih
        (8) Matikan kompor
    d. (4) Masukkan pisang ke dalam wajan
        (8) Cuci pisang sampai bersih

14. Bacalah kutipan surat berikut dengan seksama!
SMP NEGERI 3 SUNGAI LILIN
JLN.PALEMBANG-JAMBI
Nomor: 11/SL.0034       Sungai Lilin,12 Juni 2019
Hal : Undangan

Yth. Para Guru dan Karyawan
SMPN 3 Sungai Lilin
di Sumber Rezeki
Dengan hormat,….
Penulisan alamat yang tepat pada surat di atas dalah….
a. Yth; Para Guru dan Karyawan 
SMPN 3 Sungai Lilin
Di Sumber rezeki
b. Yth, Para Guru dan Karyawan
SMPN 3 Sungai Lilin
di Sumber Rezeki
c. Yth. Para Guru dan Karyawan
SMPN 3 Sungai Lilin
di Sumber Rezeki
d. Yyh: Para Guru dan Karyawan
SMPN 3 Sungai Lilin
Di Sumber Rezeki

15. Pernyataan berikut ini merupakan bagian dari surat pribadi kecuali….
         a.Tanggal surat b.Tanda tangan pengirim surat
         c.Stempel d.Alamat penerima surat

16. Pernyataan yang tepat digunakan sebagai salam penutup surat pribadi adalah….
    a.Hormat kami
    b.Salam Takzim
    c.Dengan hormat
    d.Salam sejahtera bagi kita semua

17. Bacalah teks berikut!
    (1) Amat dan tukang sate dibawa masuk ke dalam rumah. Ternyata dalam rumah lebar dan mewah. Padahal dari luar kelihatan sederhana. (2) Lae memang kaya raya, tapi tidak pernah pamer menunjukkan kekayaannya. Dia mulai dari jualan kue. Tiap hari istri dan anak-anaknya keliling. Lama-lama meningkat. (3) Dasar, ulet sekarang tokonya ada lima. (4) Mobilnya banyak. Tapi hubungannya dengan orang-orang yang dulu menjadi langganan kuenya tetap baik.
Bukti watak Lae seorang yang rendah hati ditunjukkan oleh kalimat nomor….
         a.1 b.2
         c.3 d.4

18. Perhatikan struktur surat berikut!
     1. Kepala surat
     2. Nomor surat
     3. Tanggal surat
     4. Lampiran
     5. Perihal
     6. Alamat surat
     7. Salam pembuka
     8. Isi surat
     9. Salam penutup
   10. Nama dan tanda tangan  penulis
   11. Nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat
    12. Tembusan
          Yang merupakan bagian dari urutan surat     pribadi….
     a. 3, 6, 7, 8, 9, dan 10
     b. 3, 6, 8, 9, 10, dan 11
     c. 1, 5, 6, 7, 8, dan 10
     d. 1, 3, 4, 5, 8, dan 11


19. Perhatikan pantun berikut!
       Kalau rotan dipanjat benalu
       {…} (1)
       {…} (2)
       Berat tangan wajib dipikul
       Larik yang tepat untuk melengkapi pantun         tersebut adalah….
a. Dipotong jangan biarkan tumbuh
  Kalau beban sudah ke bahu
b. Sekerat disimpan dalam bakul
  Kalau beban sudah ke bahu
c. Dipotong jangan biarkan tumbuh
 Kalau mau hidup rukun
d. Sekerat disimpan dalam bakul 
 Kalau mau hidup rukun

20. Berikut ini yang bukan cirri-ciri pantun adalah….
     a. Baris 1 dan 2 merupakan sampiran
     b. Baris 3 dan 4 merupakan isi
     c. Semua baris merupakan isi
     d. Satu bait ada empat baris

21. Murid patuh murid yang rajin
      Cari waktu kerja sendiri
      ……..
      ……..
      Isi yang tepat untuk melengkapi pantun di atas   adalah….
a. Apa arti hidup kesasar
Kalau bukan nasib yang sial
b. Kaya ilmu sukar dicari
Kaya harta bias sehari
c. Banyak hari murid belajar
Kerja selalu menuntun ilmu
d. Angan-angan biar berkembang
Usaha keras tumbuh sendiri

22. Walaupun hidup seribu tahun
      (2) Lebat buahnya serta bunganya
      (3) Kalau tak beragama apa gunanya
      (4) Sebatang kayu daunnya rimbun
      Larik pantun tersebut akan menjadi pantun 
      yang baik bila disusun dengan urutan….
a. (4), (3), (2), (1)
b. (1), (2), (3), (4)
c. (3), (2), (1), (4)
d. (4), (2), (1), (3)

23. Bacalah syair yang dirumpangkan berikut!
       Untuk hari esok yang penuh haru
       Tak kan ada putus asa di benakmu
       Raih semua cita lupakan masa lalu
        …
       Baris syair yang tepat untuk melengkapi syair  yang rumpang di atas adalah….
a. Itulh niatku selalu untukmu
b. Itulah janji hatiku padamu
c. Itulah niat di hati terpatri selalu
d. Itulah janji hatiku pada bundaku

24. Bacalah gurindam yang dirumpangkan berikut!
       Bila tak mau belajar
       …
       Baris yang tepat untuk melengkapi gurindam di atas adalah….
a. Alamat hidup akan terlantar
b. Mana mungkin cinta dikejar
c. Mana mungkin bisa pandai
d. Alamat hidup dikejar-kejar

25. Di bawah ini merupakan urutan surat resmi/dinas adalah….
 a.    Tanggal, nomor, perihal, alamat yang dituju,     pembuka surat, isi surat, penutup surat
 b.    Alamat yang dituju, pembuka surat, isi surat, penutup, penanggung jawab surat
 c.   Tanggal, alamat yang dituju, pembuka surat, isi surat, penutup surat
 d.   Kepala surat, tanggal, perihal, alamat yang dituju, pembuka surat, isi surat, penutup, penanggung jawab           surat

26. Kalimat yang tepat sebagai pembuka surat undangan adalah….
 a.   Dengan puji syukur, kami undang untuk menghadiri upacara perkawinan anak kami.
 b.   Besar harapan kami atas kehadiran Anda pada acara syukuran anak kami.
 c.   Dengan ini kami mengundang Saudara untuk menghadiri acara syukuran.
  d.   Bersama ini kami sekeluarga mengundang Anda untuk dapat hadir pada upacara ulang tahun anak kami.

27. Tiba-tiba dari kejauhan tampak seorang singa dengan membawa bangkai rusa di mulutnya.Dudung segera bersembunyi di balik sebuah pohon yang besar. Dia takut kalau singa melihatnya. Singa itu berjalan menuju semak-semak tempat serigala tua tadi berada tidak jauh dari situ. Di semak-semak itulah singa melahap hasil buruaannya. Setelah kenyang, singa meninggalkan tempat itu dan dia meninggalkan sisa-sisa buruannya itu. Lalu serigala yang tua dan buta berjalan dengan perlahan-lahan. Dia berjalan menurut naluri penciumannya menuju ketempat ditinggalkannya sisa-sisa buruan sang singa. Setelah sampai, ia lahap sisa-sisa makanan itu.
 Berdasarkan tokoh dan latar ceritanya, kutipan di atas terjadi di….
a. Hutan b. Kebun
c. Pantai d. Perkampungan

28. Si Kancil berjalan berjingkat-jingkat di kebun Pak Tani, Kancil hendak mencuri mentimun. Di tengah kebun ada boneka orang-orangan, si Kancil tidak takut, malah menendang boneka itu. Ternyata boneka orang-orangan itu diberi getah nangka sehingga kaki si Kancil menempel di boneka itu dan sulit dilepaskan. Kemudian Pak Tani datang menangkap si Kancil.
 Berdasarkan peikan di atas, dongeng di atas   termasuk….
a. Mite b. Fabel        c. Sage d. Parabel 

29. Dari petikan dongeng nomor 28 di atas, pelajaran yang dapat diambil adalah….
 a.Seorang anak jangan nakal     b.Seorang anak jangan suka mencuri
 c.Seorang anak jangan sombong   d.Seorang anak jangan malas

30. Dongeng yang menceritakan asal mula suatu tempat adalah….
 a.Mite b.Fabel         c.Legenda d.Sage

31. Dahulu kala di Indrapura, hiduplah seorang janda dan anak gadisnya yang cantik parasnya. Ia bernama Umbut Muda. Sungguh tak ada tandingannya. Karena selalu dipuji-puji, si Umbut Muda menjadi tinggi hati, congkak, dan angkuh. Pakaiannya pun mesti kain sutra termahal, kain songket tenunan. Emas dan perak tempaan, yang datangnya dari negeri Cina itu, masih belum cukup.
 Watak tokoh si Umbut Muda adalah….
 a.Rendah hati b.Tinggi hati     c.Murah hati d.Pendiam

32. Perhatikan penggalan surat berikut!
       Kiran, aku saat ini sedang berada di rumah sakit. Aku sakit demam berdarah. Tapi keadaanku sekarang sudah membaik kok. Jadi nggak usah khawatir. Tau ngak? Sakit itu ternyata nggak enak. Aku harus bobok trus, nggak bias kemana-mana. Setiap hari disuntik ma harus minum obat. Kiran, kamu harus selalu menjaga kesehatanmu ya. Jangan sampai sakit kayak aku.
       Penggalan surat di atas adalah bagian….
a. Pembuka b. Penutup     c.    Isi d.Salam Pembuka

33. Surat izin tidak masuk sekolah adalah contoh surat….
    a.Pribadi bersifat perorangan  b.Pribadi bersifat resmi   c.Setengah resmi   d.Resmi

34. Penulisan tempat dan tanggal surat pada surat resmi yang tepat adalah….
     a.Surabaya 17 Juni 2018
     b.Surabaya, 17 Juni 2018
     c.Surabaya, 17-3-2018
     d.Surabaya, 17-Juni-2018

35. Atas izin bapak berikan ke saya mengucapkan ribuan terima kasih.
       Bahasa yang tepat untuk memperbaiki surat  permohonan izin di atas adalah….
    a.Atas izin Bapak, saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih.
    b.Atas izin yang Bapak berikan, saya mengucapkan  ribuan terima kasih.
    c.Atas izin yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih.
    d.Atas izin Bapak, saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

36. Perhatikan pantun berikut!
     Dari mana hendak ke mana
     Dari Jepang ke Bandar Cina
     Kalau boleh kami bertanya
     Bunga yang kembang siapa punya
     Pantun di atas termasuk jenis pantun….
   a.perkenalan b.adat      c.nasihat d.nasib

37. Judul-judul berikut yang termasuk dongeng berjenis legenda , kecuali….
 a.Si Kancil Mencuri Mentimun   b.Terjadinya Selat Bali      c.Terjadinya Danau Toba  d.Nyai Roro Kidul

38. Perhatikan  penggalan cerita berikut!
        Aku terbaring di sebuah ranjang. Suara alat-alat terdengar di telingaku. Aku takut. Kemudian beberapa orang suster dan dokter berbicara, tapi aku tak dapat mendengarkannya lagi. Aku merasa mengantuk. Lalu aku pun terlelap.
        Aku tak tahu apakah aku dalam keadaan sadar atau tidak. Yang jelas, aku merasa tubuhku begitu ringan. Suasana begitu sunyi. Aku merasa sedikit takut.
       Latar dari penggalan cerita di atas adalah….
  a.kamar tidur b.rumah sakit        c.halaman rumah d.ruang operasi

39. Dari penggalan cerita di atas sudut pandang pengarang menggunakan…
       a.orang kedua b.orang ketiga          c.tambahan d.orang pertama/akuan
40. Perhatikan penggalan cerita berikut!
     ….
     “Ini dompet Anda. Saya menemukan di bawah mobil Anda, setelah Anda berlalu meninggalkan saya jauh. Maaf, saya belum mengembalikannya. Dan mohon maaf lagi, uang Anda telah saya pergunakan sedikit.”
       Watak tokoh aku dalam petikan cerita di atas adalah….
a. pemberani c.  penakut        b. ramah d.  jujur

Perhatikan kalimat berikut untuk menjawab soal nomor 41-42
Dengan ini kamu berharap agar saudara dapat hadir dalam acara pernikahan putera kami yang akan diselenggarakan pada…

41. Kalimat di atas adalah bagian dari surat..
a. Surat izin b.  surat kematian     c. Surat undangan d.  surat warisan

42. Jika ditinjau dari sisi kerangka urutannya, kalimat tersebut terdapat pada bagian…
a. Akhir c.  depan      b. awal d.  belakang

Perhatikan penggalan rfeportase berikut ini untuk menjawab soal nomor 6-7!
Pewawancara : sejak kapan bapak mulai   mengabdikan diri sebagai pengajar di sekolah pedalaman ini?
Narasumber : ……
43. Pertanyaan pewawancara tersebut ditujukan kepada…
a. Pegawai BUMN b. anggota DPR RI      c. Masinis d. Guru

44. Jawaban yang tepat untuk melengkapi ruang rumpang pada reportase di atas ialah..
a. Saya mengabdi sebagai tenaga sukarela diyayasan ini sejak tahun 1999
b. Saya sudah menjalani aktivitas sebagai guru sejak tahun 1999
c. Sejak tahun 1999, saya sudah berkeliling Indonesia
d. Pada tahun 1999, saat dimulainya reformasi

45. Perhatikan kalimat berikut!

Kecelakaan yang terjadi15 tahun yang lalu menbuatnya tuli.kata bercetak miring tersebut agar lebih santun sebaiknya disubtitusikan dengan…
a. Kehilangan mata hatinya
b. Kehilangan kedua matanya
c. Kehilangan pendengarannya
d. Kehilangan akal sehatnya


B.   JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI   DENGAN TEPAT DAN JELAS!

Perhatikanlah penggalan dongeng berikut!
Asal Usul Nama Madura

   ………
      “Patih,”kata Raja dengan sangat marah, “Bawalah Tunjungsekar ke hutan. Kemudian, bunuhlah ia sebagai hukuman atas kesalahannya!”
      Patih Pranggulung segera berangkat bersama Tunjungsekar menuju hutan. Setelah sehari semalam berjalan, sampailah mereka di sebuah hutan lebat dekat laut. Patih Tunjungsekar berhenti dan duduk di sebuah batu.
      “Ki Patih,”ujar Tunjungsekar,”Silakan hukuman mati untukku kau laksanakan. Tetapi ingat, kalau aku tidak bersalah, engkau tidak akan bisa membunuhku.”
       Patih Pranggulung menghunus pedangnya. Dengan cepat ia mengayunkan pedang itu ke tubuh Tunjungsekar. Akan tetapi, sebelum menyentuh tubuh Tunjungsekar,pedang itu jatuh ke tanah. Patih Pranggulung memungut pedang dan mengayunkan lagi ke tubuh Tunjungsekar. Tiga kali Patih Pranggulung melakukan hal itu, tetapi semuanya gagal.
      Sang Putri ternyata tidak bisa dijatuhi hukuman. Patih Pranggulung menyimpulkan dalam hati bahwa Tunjungsekar tidak bersalah. Ia menyembah di hadapan Tunjungsekar dan kemudian menyuruh Tunjungsekar untuk pergi.
Berdasarkan dongeng di atas tentukanlah :

1. Tema cerita
2. Latar cerita
3. Amanat cerita
4. Buatlah surat pribadi resmi permohonan izin tidak masuk sekolah!
5. Tulislah satu bait pantun nasihat!

Berikut ini contoh soal PAS untuk kelas 8 semester genap tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran bahasa Indonesia.

1. Dibawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah ….
a. Pengenalan fenomena          b. Rangkaian peristiwa          c. Pernyataan umum      d.  Ulasan  

2. Jika Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana, maka uraiannya akan bersifat …..
a. kausalitas        b. kronologis     c. Khusus     d. umum

3. Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi  adalah …
a. Pengenalan fenomena          b. Rangkaian peristiwa     c. Ulasan        d. simpulan

4. Teks eksplanasi bertujuan …
a.menyatakan hasil laporan observasi
b.menyajikan hiburan
c.menyajikan informasi berupa fakta secara jelas kepada pembacanya
d.menjelaskan langkah-langkah dalam menghasilkan suatu hal

Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 5 – 6!
Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.

5. Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari …
a. Kronologis (urutan peristiwa)    b. Sebab atau akibat       c. Pengenalan fenomena        d. Asal-asul peristiwa

6. Pada teks eksplanasi di atas terdapat kata yang menjadi penunjuk waktu. Kata tersebut ialah …
a. belakangan ini              b. menjadikan              c. tidak berlebihan          d. berdampak

7. Perhatikan kutipan teks berikut ini
Semua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotrof. Sebagai produsen, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain, yaitu konsumen.
Penggambaran rangkaian kejadian dalam kutipan teks di atas disusun dengan pola
a. kronologis             b. kausalitas         c. umum          d. khusus

8. Perhatikan kutipan teks berikut ini
Otak anak-anak menyerap radiasi ponsel dua kali [...] banyak [...] orang dewasa. Radiasi ponsel memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan terutama anak-anak, [...] temuan penelitian tersebut belum final. Ada baiknya [...] kita menjauhkan ponsel dari anak-anak sejak dini.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
a. Sama, dengan, untuk, kalau       b. Lebih, daripada, bagi, jika
c. Sama, dengan, kepada, apabila d. Lebih, daripada, meskipun, jika

9. Cermati kutipan berikut! 
Beberapa kawasan di Kalimantan Tengah masih tertutup kabut asap, [...] Pemerintah sudah menurunkan hujan buatan untuk mengurangi ketebalan kabut. Kabut asap yang terjadi di Kalimantan Tengah dan menutupi beberapa negara tetangga menunjukkan [...] sistem pembakaran untuk pembukaan lahan baru masih buruk [...] tidak segera diantisipasi, dampak kabut asap akan semakin meluas.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
a. biarpun, untuk, kalau
b. walaupun, bagi, bilamana
c. meskipun, bahwa, jika
d. walaupun, karena, seandainya

10. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi adalah …
a.simpulan / intisari dari gagasan   yang dibahas
b.konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
c.peryataan tantang topik yang sedang dibahas
d.informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topik

11. Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah …
a. Orientasi -  Identitas karya -         Sinopsis -  Analisis -  Evaluasi
b. Identitas karya -  Orientasi -         Sinopsis -  Analisis -  Evaluasi
c. Identitas karya -  Orientasi -        Sinopsis -  Evaluasi – Analisis
d. Orientasi -  Identitas karya -        Sinopsis -  Evaluasi - Analisis

12.Berikut unsur identitas/data buku,kecuali...
a. judul buku       b. penulis buku      c. sinopsis                  d. tebal halaman buku

13. Cermati kutipan berikut! 
Sejak awal sudah muncul tebakan seputar ke mana alur cerita akan berjalan, mungkin karena formula yg digunakan terasa begitu akrab bagi penonton film Indonesia. Tentunya formula mujarab ini tidak berhenti sampai sini. Konon sederet film – film adaptasi berpola sama diluncurkan tahun 2012 ini. Setidaknya keakraban 6 sekawan “Negeri 5 Menara ” masih sangat nikmat untuk diikuti meski formula filmnya sendiri sudah terlalu familiar.
Struktur teks di atas bagian dari …
a. Orientasi           b. Identitas karya            c. Evaluasi          d. Analisis

14. Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Aspek menarik patut dicatat adalah kesadaran Raditya Dika terhadap plot film sebagai entitas berbeda dan merdeka dari jajahan sumber adaptasinya. [.....] Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli cerita sampai tataran karakterisasinya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu. Kalimat tepat untuk melengkapi ulasan/resensi rumpang tersebut adalah....
a. Dika ingin semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh.
b. Dika memisahkan beberapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan dalam pembuatan film.
c. Semua unsur canda dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh. 
d.  Dika merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita terjaga.

15. Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Buku Remaja Membangun Kepribadian menarik untuk dibaca semua kalangan. Buku Remaja Membangun Kepribadian memiliki ciri khas dibandingkan buku lain psikologi remaja. Gaya bahasa penulis mudah dipahami oleh pembaca. [....] Sebagian besar buku psikologi remaja menyampaikan gagasan secara berbelit-belit.
Kalimat tepat untuk melengkapi resensi rumpang di atas adalah....
a. Berbagai jenis kecerdasan dan kemampuan dalam diri manusia dapat digunakan untuk mengembangkan diri.
b. Tidak hanya itu, pembahasan dalam Buku Remaja Membangun Kepribadian singkat sehingga pembaca mudah memahami maksudnya.
c. Dalam buku ini dibahas visi dan misi yang harus ada dalam setiap diri manusia agar dapat mengembangkan potensinya.
d. Gambar ilustrasi yang digunakan masih kurang sehingga memungkinkan terjadinya kepenatan pembaca.

16. Teks yang tidak termasuk dalam   kategori ulasan adalah ....
a. Editorial                b. Analisis            c. Propaganda             d. Resensi

17. Bagian terakhir dalam menyusun 
       teks ulasan adalah …………
a.   Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi buku.
b.   Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
c.   Merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku itu secara keseluruhan.
d.   Membuat saran-saran untuk pembaca

18. Perhatikan kutipan kalimat berikut!
Hasan merasa  bahwa  semua itu terjadi karena perbuatan Anwar. Ia menaruh dendam kepada Anwar dan berniat membunuhnya.
Kata bahwa dalam kutipan di atas konjungsi ….
a. penerang     b. temporal   c. penyebab   d. Konsesif

19. Perhatikan kutipan kalimat berikut!
Lama-kelamaan Hasan cemburu karena  hubungan Kartini  dengan Anwar semakin dekat.
Kata karena dalam kutipan di atas konjungsi ….
a. penerang      b. temporal    c. penyebab   d. Konsesif

20 . (1) Suatu hari di sekolah diadakan diskusi bertema "Pengaruh rokok terhadap kesehatan". (2) Moderator mempersilakan pemrasaran, pemrasaran berpendapat bahwa rokokmerupakan teman akrab yang merugikan bagi pengisap atau pencandu. (3) Sebab dengan merokok, kesehatan kita dirongrong pelan-pelan sehingga nantinya dapat mengurangi usia kita. (4) Di samping itu, menambah pengeluaran yang seharusnya ditabung untuk hari esok. (5) Oleh karena itu kurangi atau berhentilah merokok! 5)
Kalimat persuasif dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
a. (2)      b. (3)              c. (4)    d. (5)
21. Bacalah paragraf berikut ini !
Kebersihan sangatlah penting untuk dijaga. Karena dengan kebersihan, akan tercipta kesehatan. Sebaliknya, jika kita tidak menjaga kebersihan, maka penyakit akan mengintai kita. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kebersihan dengan cara membersihkan lingkungan sekitar kita.
Paragraf di atas termasuk ke dalam jenis paragraf ?
a. Eksposisi    b. Argumentasi  c. Persuasi   d. Narasi

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal no 22 – 23 :
 (1) Sebagai seorang sastrawan, pekerjaan Djenar Mahesa Ayu menulis novel atau cerita pendek. (2) Dari karya tersebut tentu pembaca memproleh berbagai manfaat. (3). Penyajian pesan penulis sastra halus dan sopan. (4) Hasil penulisannya jarang menimbulkan hal-hal yang berbau SARA (5) Oleh karena itu, novel Djenar Mahesa Ayu diajurkan untuk dibaca.
22. Kalimat persuasif dalam kutipan di atas di tandai dengan nomor ..
a. (1)     b. (4)    c. (2)    d. (5)

23. Kalimat fakta dalam paragraf  tersebut di tandai dengan nomor…..
a. (1)     b. (4)  c. (2)    d. (5)

24. Rangkaian peristiwa dan konflik yang menggerakkan jalan cerita disebut….
a. Tema b. Amanat  c.  Alur  d. Penokohan

25. Tokoh yang tidak mengalami perubahan karakter dari awal hingga akhir dalam dalam suatu drama dinamakan …
a. tokoh berkembang b. tokoh pembantu  c. tokoh serba bisa d. tokoh statis

26.    Yoga:    kamu sudah degar berita tentang Rury?
Pohan:   belum, memang ada apa dengan Rury?
Yoga :    Kemaren ia jatuh dari pohon mangga
Kakinya patah dan sekarang dirawat di rumah sakit.
Danu :    ah, biarkan saja biar dia tahu rasa kerena mengambil mangga orang

Watak tokoh Yoga pada kutipan drama tersebut adalah…..
a.    tidak peduli.  b.    Masa bodoh  c.    Pencuriga  d.    Perhatian

27.    Munawardi    :    Toloong ada yang mau jahat kepada saya
Orang-orang:   Mana…..mana        orangnya ?
Dudi   :    Ayo kita haajar biar kapok !
Kurdi   :    Jangan…..jangan ! Kita tak boleh main hakim sendiri.

Bukti watak Kurdi dalam kutipan  drama tersebut bijaksana adalah…..
a. Dia mau membantu orang yang berbuat jahat
b. Dia membertahukan orang yang berbuat jahat
c. Dia mengajak orang orang untuk menghajas perampok
d. Dia mengingatkan orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.

28.  Tokoh penentang disebut juga….
a. protagonis   b. antagonis        c. tritagonis         d. pembantu

29. Berikut yang bukan unsur intrinsik   drama adalah….
a. alur    b. tokoh                c. latar                     d.analitik     

30. Bagian pertama yang dicantumkan pada format ringkasan isi buku nonfiksi adalah....
  a. jumlah bab b.  identitas buku       c. ringkasan isi d.  judul buku

31. Perhatikan data daftar pustaka berikut!
1) judul buku
2) penerbit
3) pengarang
4) kota terbit
5) tahun terbit
Penulisan daftar pustaka yang tepat yaitu denga urutan nomor....
a. 1, 2, 3, 4, 5    b. 1, 3, 4, 2, 5    c. 3, 1, 2, 4, 5    d. 3, 5, 1, 4, 2

32.     Perhatikan wacana berikut ini!     
Buku ini berjudul Matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk SMA dan MA kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran   matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S, dimana dalam buku ini, siswa dap belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath dan siapa berani.
Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik.Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa.Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Kutipan resensi di atas memaparkan tentang ...
a. Identitas buku dan Ikhtisar isi buku  b. Ikhtisar isi buku dan kekurangan      buku
c. Identitas buku dan kelebihan buku       d. Ikhtisar isi buku dan kelebihan buku

33.  Perhatikan wacana berikut ini!  
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halaman 47, Bab IV berisi “Melejitkan Potensi Diri” tertulis pada halaman 73. Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kretivitas, Bab VI membahas tentang “Budaya Daerah”. Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas tentang “Menguasai Ilmu Pengetahuan”, Bab VIII membahas tentang “Kegiatan Berkesan”. Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang.
Kutipan resensi di atas memaparkan tentang ...
a. Identitas buku                                b. Ikhtisar isi buku
c. Kelebihan dan kekurangan buku   d. Kesimpulan

34.   Perhatikan wacana berikut ini!
 Selain itu, semua tulisan yang terdapat dalam buku ini mempunyai banyak manfaat yang akan kita peroleh jika kita membacanya. Akan terlihat buku ini sangat kaya cakupannya. Bahasanya mudah dimengerti dan mudah untuk dipahami. Dalam buku ini banyak manfaat yang akan kita peroleh, seperti kompos yang bermanfaat bagi penyuburan tanah, penggemburan tanah, pengisian pot tanaman, mengurangi pencemaran lingkungan dan menambah pendapatan.
Buku di atas membahas bidang ...
a. Teknik pertanian                                          b.  Teknik bercocok tanam
c.  Wirausaha di bidang tanaman dalam pot   d.  Teknik melestarikan lingkungan

35.   Perhatikan wacana berikut ini!
Di dalam buku ini terdapat berbagai keterampilan dasar dalam bercocok tanam. Seharusnya anak – anak itu sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaaat jika anak itu sendiri sering membaca buku ini dan berbagai buku pengetahuan lainnya. Mereka akan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari.
Paragraf di atas memaparkan tentang ...
a.  Kekurangan isi buku   b.  Kegunaan buku   
c.  Kesesuaian kelompok umur pembaca     d.  Nilai komersial buku

36.  Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Pemkab Temanggung memprediksi lahan tanaman tembakau di wilayah itu pada masa tanam 2018 akan mencapai 13.000 hektar, yang tersebar di 14 kecamatan.
Kalimat di atas mengandung unsur-unsur fakta ...
a.    tokoh, tempat, waktu, kejadian       b.    waktu, kejadian, alasan, tempat
c.    peristiwa, waktu, alasan, tempat     d.    alasan, waktu, kejadian, tempat

37.  Perhatikan kutipan cerpenberikut ini!
 (1) Ketika itu pula ibu menceritakan bahwa kakanyaNarothama lulus sebagai letnan muda dan dua minggu lagi akan diwisuda. (2). Suasana keluarga menjadi ceria mendengar kabar itu. Sambil bekerja tak henti-hentinya mereka memebicarakanNarothama. (3). Santi mewailikeluargana untuk menghadiri wisuda. (4). Malam keberangkatan santi tidak dapat tidur nyenak, banyak yang direncanakan dan yang diharapkannya.
Bukti suasana yang harap-harap cemas dan gelisah pada kutiban cerpen tersebut adalah pada kalimat nomor ……..
a. (4)                      b. (2)        c. (3)                      d. (1)

38.    Perhatikan kutipan cerpenberikut ini!
Dua minggu setelah telegram dari Imam datang pula wesel dan surat dari santo, ibu sangat bangga sampai meneneskan air mata bahagia ibu menyatakan pada anak-anak nya agar tetap hidup seperti apa yang dilakukan selama ini.  Jangan congkaka karena kakak mereka banyak membantu.
Pesan atau amanat yang terkandung dalam cuplikan cerpen tersebut adalah…..
a. Hidup ini hendaknya penuh prihatin dan dijalani apa adanya.
b. Dalam hidup ini harus menunjukan kemampuan pada orang lain .
c. Dalam memberikan bantuan harus iklas
d. Hendaknya tetap hidup dalam kesederhanaan.

39. Perhatikan kutipan cerpen berikut ini!
(1) Wulan heran, mengapa lelaki itu begitu baik mau membayarkan ongkos busnya. Padahal wualn tidak kenal sama sekali. (2). “Astaga , jangan-jangan……” melintas pikiran buruk dibenaknya, (3) jangan-jangan leleki itu amau menculiknya, dia membayariku supaya dia tidak curiga kepadanya.” (4). Jantung wulan kembali berdegup kencang. (5). Baru kemarin , ia  membaca tentang penculikkan anak-anak .(6). Seingat wulan lelaki itu juga dari sekolahnya.
Pesan tersirat dari kutiban cerpen tersebut adalah….
a. kita harus mencurigai   seseorang yang belum kita kenal  b. kita harus waspada di setiap kesempatan.
c. Kita tidak bisa membedakan orang baik dan orang jahat.  d. Kita harus berbuat kepada siapa saja

40.  Perhatikan kutipan cerpen berikut ini!
Bacalah penggalan cerpen  berikut dengan saksama!
…….Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebun keliling seperti dia. Dua hari yang lalu itu kukemas pakaian-pakaian bekas anak-anak yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian tua milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan kepadanya, disamping upah yang dia terima. Kami sebenarnya bukanlah orang yang mampu. Tapi kebiasaan seperti itu telah ditanamkan orang tuaku  sejak aku masih kecil.
(Malam Takbir, Hamsat Rangkuti)
Sudut pandang pengarang dalam penggalan cerpen diatas adalah…
a.Orang pertama sebagai pelaku utama   b.Orang pertama sebagai pelaku sampingan
c.Orang kedua                                          d.Orang ketiga sebagai pengamat

41.   Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Monpera atau monumen perjuangan rakyat merupakan salah satu bangunan ke banggaan warga palembang betapa tidak monumen yang memanjang patung bururng garuda di dinding depanya ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat sumantara selatan melawan penjajah pada masa fisikyangdikeel dalam Pertempuran Lima Malam, di sinilah basis para pejuang menggalang kekuatan dalam pertempuran. Melawan penjajah belanda.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah…..
a. pemanjang patung garuda pada Monpera
b. bangunan kebanggaan warga Palembang
c. perjuangan rakyat    sumanteraselatan dalam monpera
d. penaggalangan rakyat palembang dalam monpera
42.  Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Pasar jamu dan obat tradisional di sejumlah Negara ASEAN masih sangat terbuka lebar. Termasuk di antaranya negara Malaysia dan Singapura yang masyarakatnya tergolong gemar mengonsumsi jamu dan obat tradisional. Produsen jamu asal Indonesia dengan dukungan tanaman obat melimpah, sangat berpotensi mengembangkan sayap ke berbagai negara dunia, termasuk kawasan ASEAN.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah……..
a.    Negara Malaysia dan Singapura gemar mengonsumsi jamu.
b.    Pasar jamu dan obat tradisional masih sangat terbuka lebar.
c.    Indonesia sebagai produsen jamu.
d.    Indonesia terdapat banyak tanaman obat.
43. Mereka melaksanakan daripada kegiatan rutin yang sering dilaksanakan setiap tahun.
Bagian kalimat yang menyebabkan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah….
a.    mereka, daripada
b.    kegiatan. Selalu
c.    daripada, sering
d.    daripada, yang

44.    (1). Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam laut yag dapat
memancing keindahan wisatawan  yang mendambakan suasana nyaman tenang dari hiruk pikuk kota. (2). Khusus bagi mereka yang hobi menyelam . Pantai Nusa Penida merupakan aqurium alam seukuran raksasa. (3). Pantai penida, tempat yang cocok untuk berternak penyu.
Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat perbaikan terhadap nomer 3 adalah….
a.    Pantai Nusa Penida tidak jauh dari kota
b.    Pantai Nusa Penida tempat meneliti tempat luas.
c.    Pantai Nusa Penida segera dibangun sebagai tempat riset.
d.    Pantai Nusa Penida tempat yang tepat bagi yang menyukai wisata

45. Peristiwa berebut air bersih sering terjadi pada saat musim kemarau, …. hal ini terjadi semakin minimnya jumlah air bersih yang ada disumur-sumur.
Isilah bagian yang rumpang itu dengan memberikan konjungsi….
a. Sebab    b. Tetapi     c. Mengakibatkan    d. Karena

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar:
1.  a. Jelaskan pengertian teks eksplanasi?
     b.Jelaskan pengertian teks ulasan?
2. Buatlah teks eksplanasi yang berkaiatan dengan suimber daya alam yang ada di sekitarmu?
3.  Sebutkan struktur teks persuasi?
4.  Jelaskan pengertian struktur drama berikut ini:
     a.  Monolog
     b.  Epilog 
     c.  Dialog
     d. Prolog
5.  Apa saja tujuan survey (prabaca) dalam metode membaca SQ3R?

Semoga soal latihan Penilaian akhir semester kelas 7 dan 8 kurikulum 2013 jenjang SMP ini berguna bagi kita semua. semoga bermanfaat, dan sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.

No comments: