Wednesday 22 April 2020

KUNCI JAWABAN PEMBELAJARAN SAINS SD KELAS 4,5,6 TENTANG MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN EDISI SELASA 21 APRIL 2020

Adik-adik yang berbahagia, pada kesempatan ini saya akan memberikan solusi jawaban alternatif dari pembelajaran jarak jauh di TVRI. Harapannya dengan adanya kunci jawaban ini bisa menambah pengetahuan dan penguasaan materi yang telah adik-adik simak.
KUNCI JAWABAN PEMBELAJARAN SAINS SD KELAS 4,5,6 TENTANG MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN EDISI SELASA 21 APRIL 2020
KUNCI JAWABAN PEMBELAJARAN SAINS SD KELAS 4,5,6 TENTANG MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN EDISI SELASA 21 APRIL 2020

Kunci Jawaban Soal Sains SD Kelas 4,5,6 di TVRI tentang Materi Makhluk Hidup dan Lingkungan Selasa 21 April.Sementara materi yang dibahas adalah, Makhluk Hidup dan Lingkungannya.

Sesuai dengan tugas yang adik-adik dapatkan bahwa setelah melakukan kegiatan pembelajaran melalui media tayangan di TVRI, adik-adik diminta untuk membuat ringkasan/rangkuman dari materi serta mengisi /menjawab soal yang telah di berikan. 



Berikut ini adalah jawaban pembelajaran sains SD kelas 4,5,6 tentang Makhluk hidup dan lingkungan.

Pertanyaan 1.


Apakah pengaruh rantai makanan terhadap tatanan susunan makhluk hidup dalam satu ekosistem?

Jawabannya:

Berguna untuk interaksi langsung antar spesies.  Interaksi akan terjadi saat dua spesies tidak berinteraksi secara langsung namun dipengaruhi dengan spesies ketiga, pengaruhnya sangat besar, bila rantai makanan tidak seimbang maka jumlah populasi dalam ekosistem tersebut menjadi tidak teratur.

Contohnya, adanya konsumen 1 yang populasinya sedikit dapat mempengaruhi konsumen 2nya sampai seterusnya, hal itu tentu saja mengganggu tatanan makhluk hidup yang tinggal di ekosistem tersebut.

Pertanyaan 2.

Apa perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan?.

Jawabannya:

a. Perbedaan secara umum antar rantai makanan dengan jaring-jaring makanan adalah rantai makanan merupakan bagian dari jaring jaring makanan atau rantai makanan hanya proses makan di makan dengan sekala lebih kecil, sedangkan jaring jaring makanan merupakan proses  atau sekumpulan dari rantai makanan dengan skala yang lebih besar dan luas.

b. Didalam jejaring makanan stabilitas peningkatan ekosistem dikarenakan oleh kehadiran jaring-jaring makanan yang kompleks.

Rantai makanan tidak berpegaruh pada peninggkatan adaptasi dan daya saing makhluk hidup sementara yang lebih kompleks jaring-jaring makanan dapat meningkatkan kemampuan adaptasi dan daya saing untuk bisa bertahan hidup.

Pertanyaan 3.

Bagaimana hubungan interaksi antara makhluk hidup yang mendiami habitat dalam satu ekosistem? Tuliskan contohnya.

Jawabnya:

Ada hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan, baik lingkungan yang berupa makhluk hidup ataupun benda tak hidup.

Hubungan itu akan membentuk timbal balik yang kompleks.

Makhluk hidup dengan lingkungannya yang saling berhubungan dialam bisa disebut dengan ekosistem dan dialam terdapat bermacam-macam ekosistem.

Contohnya, yakni selain membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis sebagai penghasil sumber makanan, juga membutuhkan udara sekitar untuk bernapas serta membutuhkan air dan tanah agar dapat berubah.

Semoga  Kunci Jawaban Soal Sains SD Kelas 4,5,6 di TVRI tentang Materi Makhluk Hidup dan Lingkungan Selasa 21 April 2020 ini memberikan manfaat bagi adik-adik semua.

No comments: