Thursday 30 April 2020

PENJELASAN DAN BUKTI BERDIRINYA KERAJAAN TARUMA NEGARA " BELAJAR DARI RUMAH DI TVRI KELAS 4-6 SD EDISI 30 APRIL 2020

Penjelasan dan bukti berdirinya kerajaan taruma negara "Belajar dari rumah di TVRI kelas 4-6 SD edisi kamis 30 April 2020", .
PENJELASAN DAN BUKTI BERDIRINYA KERAJAAN TARUMA NEGARA " BELAJAR DARI RUMAH DI TVRI KELAS 4-6 SD EDISI 30 APRIL 2020
PENJELASAN DAN BUKTI BERDIRINYA KERAJAAN TARUMA NEGARA " BELAJAR DARI RUMAH DI TVRI KELAS 4-6 SD EDISI 30 APRIL 2020

Adik-adik yang duduk di bangku sekolah dasar kelas 4-6 pada hari ini kamis 30 April 2020 program pembelajaran jarak jauh di TVRI di masa pandemi covid-19. Pembelajaran kali ini akan membahas tentang sejarah kerajaan yang  mempunyai nama besar dan cukup terkenal di bumi nusantara tercinta ini.


Sebuah kebanggaan tersendiri sebagai bangsa yang mempunyai peradapan yang tinggi, salah satunya adalah kerajaan Taruma Negara. Sebagai siswa yang baik tentunya harus mencintai dan melestarikan peningggalan sejarah kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. 

Peninggalan sejarah tersebut diantaranya berupa bangunan candi dan prasasti. Prasasti merupakan bentuk peninggalan sejarah berupa tulisan dengan huruf pallawa. Sebagaian prasasti menceritakan peristiwa penting dalam kerjaan tersebut antara lain berupa kejadian penting, berdirinya kerjaan bahkan masa kejayaan sebuah kerjaan.

Pada akhir pembelajaran penjelasan dan bukti berdirinya kerajaan taruma negara "Belajar dari rumah di TVRI kelas 4-6 SD edisi kamis 30 April 2020", adik-adik diminta menjawab soal.

Berikut ini adalah soal-soal yang perlu adik-adik jawab antara lain:


1. Jelaskan sejarah berdirinya kerjaan Tarumanegara 

Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 SM. Adanya Kerajaan Tarumanegara dibuktikan dengan tujuh buah prasasti batu yang ditemukan yaitu lima prasasti ada di Bogor, satu prasasti ada di Jakarta, dan satu prasasti lagi ada di Lebak Banten.

Kerajaan ini kemudian mencapai puncak kejayaan pada pemerintahan Raja Purnawarman. Purnawarman merupakan cucu pendiri Kerajaan Tarumanegara. Pada masa pemerintahannya, Purnawarman berhasil memperluas wilayah kekuasaan, membangun banyak infrastruktur dan mensejahterakan rakyat.

2:Jelaskan yang menjadi bukti tentang berdirinya Kerajaan Tarumanegara

  • Prasasti Tugu ditemukan di Kampung Batutumbu, Desa Tugu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.
  • Prasasti Kebon Kopi ditemukan di perkebunan kopi milik Jonathan Rig, Ciampea, Bogor.
  • Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul ditemukan di aliran Sungai Cidanghiyang yang mengalir di Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Beberapa peninggalan Kerajaan Tarumanegara salah satunya berupa prasasti
  • Prasasti Pasir Awi, Citeureup, Bogor
  • Prasasti Jambu, Nanggung, Bogor
  • Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor
  • Prasasti Muara Cianten, Ciampea, Bogor
Semoga penjelasan dan bukti berdirinya kerajaan taruma negara "Belajar dari rumah di TVRI kelas 4-6 SD edisi kamis 30 April 2020 yang saya muat pada artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua terutama adik-adik yang duduk di bangku kelas 4-6 SD.

Tetap belajar dari rumah, jangan lupa menjaga kesehatan, makan bergizi serta mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir. Aamiin....!

No comments: