Friday 17 April 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4

Mandiri Saat Melaksanakan Ibadah

Udin dan teman-teman taat dalam beribadah. Mereka melaksanakan ibadah dengan kesadaran sendiri. Mereka berani pergi ke tempat ibadah sendiri. Tempat ibadah dekat dengan tempat tinggal. Mereka selalu meyiapkan peralatan beribadah sendiri. Mereka mandiri saat melaksanakan ibadah.

Taat dalam beribadah sesuai dengan janji pramuka.  Salah satu janji pramuka yaitu takwa kepada Tuhan  yang Maha Esa. Taat dalam beribadah juga sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila. Bunyi sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Lambang dari sila pertama Pancasila berbentuk bintang.

Ketuhanan Yang Maha Esa Berikut ini beberapa contoh sikap pengamalan sila pertama Pancasila. Edo taat menjalankan ibadah. Edo beribadah sesuai agama yang dianutnya. Edo
mengamalkan sila pertama Pancasila.

Sebelum dan sesudah makan Siti selalu berdoa. Berdoa sebagai tanda bersyukur. Berdoa sebagai tanda ucapan terima kasih kepada Tuhan. Siti mengamalkan sila pertama Pancasila.

Dayu sangat rajin merawat tanaman. Dayu mencintai tanaman. Dayu mencintai makhluk ciptaan Tuhan. Dayu mengamalkan sila pertama Pancasila.

Halaman 84-85 nomor 1 sampai dengan 5. 
Tuliskan 5 contoh perilaku yang menunjukkan pengamalan sila pertama Pancasila!
Jawaban halaman 84-85
  1. Melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama yang dianutnya, 
  2. baik terhadap sesama makhluk ciptaan Tuhan, 
  3. Membantu  orang yang kesusahan, 
  4. Berdo'a sebelum belajar.
  5. Saling menghormati teman yang beragama lain yang sedang beribadah.

Tunas pohon kelapa merupakan lambang pramuka.

Mari mengenal lambang pramuka. Kita dapat mencontoh sikap yang sesuai dengan lambang pramuka.

Buah kelapa dapat bertahan lama. Buah kelapa selalu kuat dalam berbagai keadaan. Artinya, anggota pramuka selalu taat terhadap Tuhan. Anggota Pramuka seorang yang memiliki tubuh yang kuat dan sehat. Anggota pramuka selalu kuat dalam menghadapi tantangan.

Buah kelapa dapat tumbuh dimana saja. Artinya, anggota pramuka dapat menyesuaikan dengan keadaan sekelilingnya.

Pohon kelapa menjulang lurus keatas. Pohon kelapa salah satu pohon yang tertinggi di
Indonesia. Artinya, anggota pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi. Anggota pramuka
berpendirian teguh.

Pohon kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Artinya anggota pramuka memiliki tekad  yang kuat. Anggota pramuka berpegang kuat pada  landasan yang baik.

Kelapa merupakan pohon serba guna. Mulai dari ujung daun hingga akar pohon kelapa sangat bermanfaat. Artinya, anggota pramuka adalah manusia yang berguna. Anggota pramuka berguna  untuk tanah air. Anggota pramuka berguna untuk  bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Anggota pramuka berguna untuk umat manusia.

Halaman 89. 
Tuliskan kembali arti tunas kelapa sebagai lambang gerakan pramuka! Tuliskan berdasarkan bacaan sebelumnya!
Jawaban :




No comments: