Monday 13 April 2020

SOAL ONLINE PAS KELAS 3 SD TEMA 5 SEMESTER 2

Di tengah pandemi Covid-19, Sebagian besar kegiatan dilakukan di rumah. Begitu juga dengan kegiatan pembelajaran di sekolah dengan kondisi ini juga dilakukan di rumah juga. Diperlukan kerjasama yang solid untuk menyelenggarakan pendidikan dengan konsep belajar di rumah. Orangtua mempunyai peran yang sangat penting demi suksesnya proses pembelajaran yang dilakukan oleh putra-putrinya di rumah.
SOAL ONLINE PAS KELAS 3 SD TEMA 5 SEMESTER 2
SOAL ONLINE PAS KELAS 3 SD TEMA 5 SEMESTER 2 

Metode pembelajaran yang diterapkan oleh seorang guru pada kondisi ini bermacam-macam antara lain sebabagi berikut:
  1. Pembelajaran biasa dengan cara memberikan tugas (lembar kerja siswa).
  2. Pembelajaran dengan menggunakan sms, jadi tugas dkirim menggunakan media pesan singkat dari HP.
  3. Pembelajaran menggunakan group jejaring sosial, Facebook, Whatsapp, Messenger, Telegram, Microsoft Kaizala dan lain-lain.
  4. Pembelajaran dengan memanfaatkan web sekolah, Blogger dan platform lainnya.
  5. Pembelajaran online langsung dengan aplikasi Zoom, Microsoft Team, Webec cisco, dll.
Sebagai seorang pendidik tentunya kita perlu merancang pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi peserta didik yang dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah:1). Sarana dan prasarana, kondisi ketersedian jaringan internet. Berakibat sangat fatal apabila pendidikan dalam melakukan desain pembelajaran tidak mengacu pada kondisi peserta didik dalam hal kepemilikan perangkat, jaringan serta  kemampuan dalam pengoperasian perangkat yang tersedia.
Pada kesempatan ini saya akan membagikan instrumen penilaian akhir semester dengan konsep pembelajaran daring (dalam jaringan). Konsep daring ini sering kita sebut dengan istilah online. Jadi pelaksanaannya ujian penilaian akhir semester menggunakan sistem online. 

Dalam ujian online ini menggunakan fasilitas dari Google berupa Google Form (Google formulir). Google formulir memberikan kemudahan dalam melakukan isian instrumen yang dikirim oleh pengguna yang selanjutnya jawaban responden dapat diterima oleh sipembuat formulir dalam hal ini adalah guru.

Jawaban peserta didik/siswa akan terangkum, sehigga akan lebih mudah dalam melakukan koreksi terhadap hasil ujian penilaian akhir semester yang dilakukannya. Keunggulan google formulir bisa menghemat waktu dalam pelaksanaan koreksinya, hemat biaya untuk dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan dari kertas. 
Bagaimana cara menggunakan google formulir tersebut? Dalam penggunaan google formulir pastikan anda sudah memiliki email dari google. Email dari google mempunyai ciri khas diakhiri dengan @gmail.com. Selanjunya silahkan anda unduh soal PAS kelas 3 SD tema 5 semester 2  yang saya bagikan disini 

Setelah anda mengklik kata di sini di atas secara otomatis akan terbuka https://docs.google.com/forms/. Saya sarankan untuk membukanya menggunakan laptop agar lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. Selanjutnya silahkan anda edit formulir tersebut sesuai dengan kondisi sekolah anda misalkan logo sekolah dan lain-lain.

Setelah anda selesai melakukan pengeditan silahkan anda klik "Kirim" . Lalu akan muncul kotak dialog "kirim formulir", . Ada 3 pilihan pengiriman yaitu: email, tautan,dan sematkan HTML. Silahkan anda pilih "Tautan", selanjutnya silahkan ceklis kotak " Perpendek URL". Memperpendek URL tujuannya adalah agar url tidak terlalu panjang. Kemudian silahkan anda copykan URL yang sudah dipendekkan dengan cara tekan CTRL+C atau klik "Salin). Selanjutnya silahkan anda bagikan url tautan yang sudah di copy ke group jejaring sosial kelas anda. 


Mudah-mudahan cara dan soal penilian akhir semester kelas 3 Tema 5 semester 2 ini berguna bagi kita semua.   

No comments: