Monday 18 January 2021

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5

Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 5. Pada pembelajaran 5 ini akan mempelajari Beberapa hari ini cuaca berubah tak menentu. Terkadang hari ini cerah, esok cuaca hujan. Bahkan cuaca dapat juga berubah-ubah dalam sehari. Sore ini, Lani dan teman-teman sedang bermain di lapangan desa. Mereka menikmati sejuknya udara dan hembusan angin. Sinar matahari bersinar dari celah-celah awan.

Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka. Mereka duduk-duduk di pinggir lapangan. Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio. Ternyata, pengaruh cuaca terhadap  kehidupan manusia itu sangat besar.

Pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia itu sangat besar.  Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?

Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini. Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering. 

Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal agar tubuh tidak kedinginan. Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerap keringat.

Halaman 103

Bacalah sekali lagi teks berita yang diceritakan Lani. Diskusikanlah dengan temanmu. Lalu, susun informasi yang kamu peroleh dari teks berita tersebut. Tuliskan informasi tersebut pada tempat yang telah disediakan.


Jawaban halaman 102

Pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia.

Cuaca Panas

  1. Menjemur pakaian
  2. Tubuh berkeringat
  3. Membutuhkan pakaian yang dapat menyerap keringat
Cuaca hujan/dingin
  1. Tanah menjadi basah/becek
  2. Suhu udara sangat dingin
  3. Memakai pakaian tebal

Udara masih terasa sejuk. Lani dan teman-teman kembali bermain lompat tali. Talinya terbuat dari rangkaian karet gelang. Saat asyik bermain, tiba-tiba talinya putus. Karet-karet gelang berceceran di atas lapangan. Teman-teman langsung membantu Siti memperbaiki tali itu.

Edo dan Beni memungut karet gelang yang berceceran di atas lapangan. Mereka mengumpulkan karet gelang itu ke Udin. Udin kemudian menyerahkan karet gelang tersebut kepada Siti. Dayu dan Lani membantu merangkai kembali karet gelang tersebut.

Hari sudah makin sore. Cuaca masih tetap berawan. Siti dan teman-teman selesai bermain. Mereka akan kembali ke rumah. Mereka mulai merapikan alat-alat permainan yang digunakan. Udin mengamati kotak-kotak permainan tapak gunung yang hendak dihapus. Kotak-kotak itu mengingatkannya tentang materi pecahan yang dipelajari di kelas

Amati pecahan-pecahan yang terbentuk dari kotak berikut

pecahan-pecahan yang terbentuk dari kotak
pecahan-pecahan yang terbentuk dari kotak
Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda. Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.

Halaman 107-108

Bagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang berbeda-beda? Manakah yang lebih besar?  Perhatikan gambar berikut ini.  Beri tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari) pada tempat yang telah tersedia

Jawaban halaman 108

Silahkan anda simak video penjelasan di bawah ini.


Dapat disimpulkan bahwa untuk pecahan dengan penyebut yang

sama: 

“Makin besar pembilangnya,  makin besar nilai pecahan tersebut.”


No comments: