Thursday 21 January 2021

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2

Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2. Pada pembelajaran 2 ini akan mempelajari tentanng cerita. Dayu menceritakan banyak hal. Tak hanya bercerita tentang kondisi pengungsi. Komang juga bercerita keadaan kebun dan ladang petani. 

Kebun dan ladang mulai rusak. Terkena cuaca panas akibat abu vulkanik. Abu vulkanik ini berasal dari letusan gunung. Abu vulkanik membuat tanaman tidak bisa hidup. 

Siti mengajak teman-teman berdiskusi. Tanaman  apa yang tepat ditanam pada daerah dan musim tertentu. Diskusi dimulai dengan mendata asal daerah dengan tanaman khasnya.

Perhatikan percakapan mereka berikut ini!

Tanaman apa yang banyak  tumbuh di daerahmu, Edo?

Di Papua, banyak pohon sagu. Kalau di daerahmu, tanaman  apa yang tumbuh subur, Siti?

Di Sumatra Barat, daerah asalku, padi  tumbuh  dengan subur.

Aku akan bawakan papeda untuk kalian. Papeda  makanan khas Papua yang terbuat dari sagu.

Halaman 132 

Tabel Tanaman yang Tumbuh Subur di Daerah Asal

Jawaban Halaman 132

No.   Asal Daerah                               Tanaman yang tumbuh Subur

1      Sumatera Barat                            Padi

2.     Papua                                           Sagu

3.     Bogor                                            Tales

4.     Indramayu                                     Mangga

5.     Malang                                           Apel

6.     Sumatera Selatan                          Duku

7.     Banten                                            Melinjo

8.     Kelenkeng                                      Jawa Tengah

9.     Salak Pondoh                                 Daerah Istimewa Yogyakarya

10     Pinang Merah                                Jambi

Senang, ya, memiliki teman dari berbagai daerah.  Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati.

Di Sumatra Barat, daerah asalku, padi  tumbuh  dengan subur. Aku akan bawakan papeda untuk kalian. Papeda  makanan khas Papua yang terbuat dari sagu.

Rencanakanlah acara makan bersama dengan teman-teman. Masing-masing membawa makanan khas daerahnya. Lalu, saling berbagi dan mencicipi.

Hal ini akan membuat lidahmu makin kaya akan rasa. Hari makan bersama pun tiba. Setiap anak sudah membawa makanan khas daerahnya. Edo membawa makanan pokok berupa papeda. Siti membawa makanan pokok berupa nasi. Temanteman lain membawa lauk pauknya.  

Beni dari Manado membawa ikan dengan sambal dabu-dabu. Dayu membawa sate lilit khas Bali. Lani membawa capcay masakan khas keluarganya.

Mereka duduk membuat lingkaran. Makanan yang mereka bawa diletakkan di tengah. Makan bersama sungguh menyenangkan. Lakukan kegiatan ini bersama teman-temanmu!

Acara makan bersama telah dilakukan. Beni meminta teman-teman mendengarkannya. Ia akan membacakan surat yang dikirim oleh Udin. Udin sudah 3 hari tidak sekolah. Ia menjenguk neneknya yang sedang sakit.

surat Udin
surat Udin 
Halaman 137

Tulislah proses terjadinya hujan. Gunakan kalimat efektif sehingga lebih mudah dipahami.

Jawaban Halaman 137

Hujan yang terjadi seperti pada saat musim hujan memiliki proses yang panjang. Berikut ini adalah cerita singkat proses terjadinya hujan. Proses terjadinya hujan dimulai dari sinar matahari yang panas menyebabkan adanya proses evaporasi. Air yang berada di bumi seperti laut, sungai, serta sumber air lainnya mengalami penguapan. Hasil uap tersebut naik dan mengalami proses kondensasi. Dalam proses tersebut, uap air berubah menjadi embun

No comments: