Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2. Pada pembelajaran 2 ini akan mempelajari tentanng cerita. Dayu menceritakan banyak hal. Tak hanya bercerita tentang kondisi pengungsi. Komang juga bercerita keadaan kebun dan ladang petani.
Kebun dan ladang mulai rusak. Terkena cuaca panas akibat abu vulkanik. Abu vulkanik ini berasal dari letusan gunung. Abu vulkanik membuat tanaman tidak bisa hidup.
Siti mengajak teman-teman berdiskusi. Tanaman apa yang tepat ditanam pada daerah dan musim tertentu. Diskusi dimulai dengan mendata asal daerah dengan tanaman khasnya.
Perhatikan percakapan mereka berikut ini!
Tanaman apa yang banyak tumbuh di daerahmu, Edo?
Di Papua, banyak pohon sagu. Kalau di daerahmu, tanaman apa yang tumbuh subur, Siti?
Di Sumatra Barat, daerah asalku, padi tumbuh dengan subur.
Aku akan bawakan papeda untuk kalian. Papeda makanan khas Papua yang terbuat dari sagu.
Halaman 132
Tabel Tanaman yang Tumbuh Subur di Daerah Asal
Jawaban Halaman 132
No. Asal Daerah Tanaman yang tumbuh Subur
1 Sumatera Barat Padi
2. Papua Sagu
3. Bogor Tales
4. Indramayu Mangga
5. Malang Apel
6. Sumatera Selatan Duku
7. Banten Melinjo
8. Kelenkeng Jawa Tengah
9. Salak Pondoh Daerah Istimewa Yogyakarya
10 Pinang Merah Jambi
Senang, ya, memiliki teman dari berbagai daerah. Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati.
Di Sumatra Barat, daerah asalku, padi tumbuh dengan subur. Aku akan bawakan papeda untuk kalian. Papeda makanan khas Papua yang terbuat dari sagu.
Rencanakanlah acara makan bersama dengan teman-teman. Masing-masing membawa makanan khas daerahnya. Lalu, saling berbagi dan mencicipi.
Hal ini akan membuat lidahmu makin kaya akan rasa. Hari makan bersama pun tiba. Setiap anak sudah membawa makanan khas daerahnya. Edo membawa makanan pokok berupa papeda. Siti membawa makanan pokok berupa nasi. Temanteman lain membawa lauk pauknya.
Beni dari Manado membawa ikan dengan sambal dabu-dabu. Dayu membawa sate lilit khas Bali. Lani membawa capcay masakan khas keluarganya.
Mereka duduk membuat lingkaran. Makanan yang mereka bawa diletakkan di tengah. Makan bersama sungguh menyenangkan. Lakukan kegiatan ini bersama teman-temanmu!
Acara makan bersama telah dilakukan. Beni meminta teman-teman mendengarkannya. Ia akan membacakan surat yang dikirim oleh Udin. Udin sudah 3 hari tidak sekolah. Ia menjenguk neneknya yang sedang sakit.
surat Udin |
Tulislah proses terjadinya hujan. Gunakan kalimat efektif sehingga lebih mudah dipahami.
Jawaban Halaman 137
Hujan yang terjadi seperti pada saat musim hujan memiliki proses yang panjang. Berikut ini adalah cerita singkat proses terjadinya hujan. Proses terjadinya hujan dimulai dari sinar matahari yang panas menyebabkan adanya proses evaporasi. Air yang berada di bumi seperti laut, sungai, serta sumber air lainnya mengalami penguapan. Hasil uap tersebut naik dan mengalami proses kondensasi. Dalam proses tersebut, uap air berubah menjadi embun
No comments:
Post a Comment