Siti membantu Ibu menyiapkan sarapan. Siti juga menyiapkan bekal untuk sekolah. Ayah menyakskan berita prakiraan cuaca di televisi. Menurut berita, cuaca akan cerah siang hari ini. Sore hari, cuaca diperkirakan mendung. Hujan akan turun pada malam harinya. Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan hari ini.
MATERI DAN KUNCI JAWABAN KELAS SD TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 |
Yuk, kita bantu Siti membaginya untuk anggota keluarga. Siti membagi nasi goreng untuk anggota keluarga. Masing-masing mendapat 3 sendok nasi. Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar. Ibu memotongnya menjadi 8 bagian. Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong.
Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar. Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng. Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian. Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun.
Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun. Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis. Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan. Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian. Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik. Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong.
Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis. Edo menghampiri teman-teman saat istirahat.
Halaman 20
Tulislah lambang pecahan untuk soal-soal di bawah ini.
soal Lambang bilangan pecahan |
Jawaban Halaman 20
1. 2/5
2. 1/6
3 1/4
4 2/8
5 2/8
Edo menunukkan sebuah cerita pada buku yang dibawanya. Yuk, kita membaca dengan nyaring. Cerita tentang cuaca yang ada di buku Edo. Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang disuarakan keras. Jadi, keraskan suaramu saat membaca nyaring. Suaramu harus terdengar oleh teman-teman di kelas.
Persahabatan Matahari dan Awan Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah. Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari.
“Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan. “Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari. “Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan.
“Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.
“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,” ujar Awan.
“Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain.”
Halaman 22 Setelah membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan, jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Siapakah tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut?
2. Apa yang membuat Matahari merasa kesal?
3. Apa yang telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal?
4. Seandainya kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang tidak disiplin?
Jawaban Halaman 22
1. Nama tokoh yang terdapat dalam cerita di atas adalah: Marahari dan awan
2. Yang membuat matahari kesala adalah manusia sering tidak disiplin
3. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah.
4. Seandainya saya menjadi Matahari.yang akan saya lakukan terhadap manusia yang tidak disiplin adalah saya akan tetap bersinar sepanjang hari.
Halaman 23
Beni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni menemukan kata-kata yang berhubungan dengan keadaan cuaca dari cerita itu. cerah . sinar . hujan matahari . awan . terik
soal halaman 23 |
jawaban halaman 23 |
No comments:
Post a Comment