Soal Pasca Program guru belajar seri AKM jenjang SMP
1. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….
- Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran
- Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu
- Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa
- Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah
2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui….
- Survei karakter
- Survei lingkungan belajar
- Asesmen Kompetensi Minimum
- Survei kualitas sekolah
3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu….
- Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
- Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila
- Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
- Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas sekolah
4. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….
- Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir
- Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari
- Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
- Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring
5. Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu….
- Jumlah butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal
- Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sama
- Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian
- Kompetensi mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya
6. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….
- Teks informasi dan teks fiksi
- Teks prosedur dan teks prosedur kompleks
- Teks observasi dan teks deskripsi
- Teks wacana dan teks argumentasi
7. Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….
- Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun
- Kompetensi dasar yang harus dimiliki sekolah
- Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa
- Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa
8. Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi Minimum?
- Konteks masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana
- Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif
- Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari
- Dalam soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam
9. Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional?
- Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu
- Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya
- Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi
- Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan
10. Dari yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….
- Asesmen Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa
- Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)
- Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran
- Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap konten
11. Guru Rani memberikan pembelajaran mengenai pola pada barisan bilangan dan konfigurasi objek hal ini merupakan konten pembelajaran….
- Bilangan
- Pengukuran dan geometri
- Aljabar
- Data dan ketidakpastian
12. Asesmen numerasi untuk tingkat SMP, terdapat berapa level pembelajaran….
- 1 level pembelajaran
- 2 level pembelajaran
- 3 level pembelajaran
- 4 level pembelajaran
13. Guru Sandi memberikan sebuah bacaan sastra, kemudian Guru Sandi meminta siswanya untuk menganalisis perubahan pada kejadian, karakter, setting, alur cerita serta konflik yang terjadi. Hal yang dilakukan oleh Guru Sandi merupakan bagian dari tingkat kognitif dalam asesmen literasi yaitu….
- Menemukan informasi
- Memahami informasi
- Mengevaluasi dan merefleksi
- Menyusun inferensi
14. Guru Ratna memberikan sebuah teks informasi kepada siswanya kemudian Guru Sandi meminta siswanya menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi, hal yang dilakukan Guru Ratna termasuk dalam kegiatan kognitif literasi yaitu….
- Menemukan informasi
- Memahami informasi
- Mengevaluasi dan merefleksi
- Menilai kualitas dan kredibilitas informasi
15. Guru Reza meminta siswanya untuk menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual yang digunakan oleh penulis dalam menyampaikan pesan. Dalam asesmen literasi hal yang dilakukan oleh guru Reza merupakan tingkat kognitif literasi yaitu….
- Menemukan informasi
- Memahami informasi
- Menyusun inferensi
- Mengevaluasi dan merefleksi
16. Asesmen literasi untuk tingkat SMP akan diujikan….
- 1 level pembelajaran
- 2 level pembelajaran
- 3 level pembelajaran
- 4 level pembelajaran
17. Manakah diantara kegiatan numerasi berikut yang termasuk dalam konten aljabar?
- Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi objek
- Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan
- Memahami bilangan cacah maksimal 6 angka
- Menentukan dan menggunakan mean, median, modus
18. Manakah di antara materi berikut ini yang menunjukkan hubungan antara numerasi dengan mata pelajaran IPA SMP/MTS?
- Menghitung persentase pajak
- Menghitung luas segitiga dan lingkaran
- Mengurutkan bilangan cacah
- Membandingkan berat berbagai benda
19. Perbedaan asesmen literasi SMP antara level 1 dan 2 yaitu….
- Memiliki proses kognitif yang sama namun tingkat kesulitan berbeda sesuai dengan jenjangnya
- Memiliki konten yang sama namun proses kognitif yang berbeda sesuai dengan jenjangnya
- Memiliki konten dan proses kognitif yang sama, hanya konteks yang berbeda
- Memiliki proses kognitif, konten literasi, dengan kesulitan yang sama untuk setiap jenjangnya
20. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa pada jenjang SMP/MTS?
- Mengharuskan siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang pembelajaran
- Mendorong siswa berpikir kritis untuk penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari
- Mendorong siswa untuk memperoleh prestasi yang baik untuk melanjutkan pada jenjang berikutnya
- Memastikan semua siswa memiliki pengetahuan sesuai standar yang harus dimiliki oleh siswa SMP
21. Salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….
- Berpusat pada materi pembelajaran
- Belajar untuk cakupan materi
- Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan
- Berorientasi pada nilai akhir
22. Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis kompetensi:
1. Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep
2. Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa
3. Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai
4. Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi
5. Berorientasi pada nilai akhir
6. Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks
Manakah pernyataan yang menunjukkan pembelajaran berbasis konten?
- 1), 3), 5)
- 2), 4), 5)
- 3), 5), 6)
- 1), 4), 6)
23. Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
- Perlu intervensi khusus
- Dasar
- Cakap
- Mahir
24. Guru Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
- Perlu intervensi khusus
- Dasar
- Cakap
- Mahir
25. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan?
- Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum
- Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara keseluruhan
- Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas
- Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah
26. Soal dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat proses baru yaitu….
- Mencari, mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan
- Memahami informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan
- Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan
- Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya
27. Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?
- Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa
- Melakukan penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain
- Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen
- Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa
28. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong siswa untuk….
- Menyelesaikan soal sesuai konsep matematika
- Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik
- Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika
29. Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?
- Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi
- Menyusun dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih baik lagi
- Mendorong siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak relevan dengan AKM
- Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa
30. Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan AKM dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru?
- Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
- Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir berupa nilai
- Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi
- Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan
No comments:
Post a Comment