Monday 29 June 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2

RINTOKUSMIRAN.COM- Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD Tema 1 subtema 1 pembelajaran 2. Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di
dinding

Makhluk hidup dapat bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup berbeda-beda. Manusia bernapas  dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang.

Makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang. Tumbuh artinya bertambah ukuran tinggi dan beratnya. 

Halaman 11

Apakah nama alat pernapasan pada tumbuhan?
Jawaban : Stomata
Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan? Sebutkan!
Jawaban: Kulit, Trakea, Paru-paru.

Fotosintesis
  • Proses pengolahan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Bahan untuk membuat makanan adalah air dan karbondioksida. Bahan-bahan diperoleh dari dalam tanah.  Pengambilannya diserap tumbuhan melalui akar. Sedangkan karbondioksida  diperoleh melalui mulut daun (stomata) dan lubang kecil pada batang (lentisel).
  • Fotosintesis  hanya terjadi pada tumbuhan yang berdaun hijau saja. Hal ini karena daun tersebut memiliki klorofil atau zat hijau daun. Klorofil diperlukan untuk proses pembuatan makanan. Klorofil bertugas mengikat cahaya.
  • Untuk menjaga tanah agar tetap subur dan dapat menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan. Biasanya ditambahkan pupuk.sehingga jika tanahnya subur, maka tumbuhan dapat berkembang biak dan melakukan fotosintesis dengan baik.

Makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk makanan. Sebagian hewan juga memerlukan tumbuhan untuk makanan.

Halaman 13

Isilah tabel berikut ini dengan nama hewan. Isilah sesuai kelompok yang tepat!
jawaban:

Makhluk hidup peka terhadap rangsang. Kepekaan  makhluk hidup terhadap rangsang berbeda-beda.  Jika kita melihat sinar matahari atau sinar yang menyilaukan lainnya, dengan cepat kita akan menutup mata. Daun putri malu akan menutup daunnya jika disentuh. Buah pada pohon pacar cina akan meletus jika disentuh. Landak dan kaki  seribu akan menggulung badannya jika disentuh.

Bersyukur pada Tuhan
Semua makhluk hidup yang ada di dunia adalah ciptaan Tuhan. Keragaman cara bergerak makhluk hidup juga karena kekuasaan Tuhan. Semua itu adalah karunia Tuhan yang harus disyukuri. 

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu cara mensyukuri karunia Tuhan. Menghargai kemampuan teman yang lain juga merupakan bagian dari sikap syukur kepada Tuhan. Bersyukur kepada Tuhan termasuk pengamalan sila pertama Pancasila.  Ketuhanan yang Maha Esa 

Sila pertama berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa. Lambang sila pertama adalah bintang.
Lambang ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Taat terhadap perintah Tuhan dilaksanakan dengan selalu menjalankan perintah Tuhan dengan baik. Selain itu juga harus saling menghargai kepercayaan  orang lain. 

Bersyukur adalah berterima kasih dengan semua yang diberikan Tuhan. Sikap selalu bersyukur adalah salah satu contoh pengamalan sila pertama Pancasila.

Halaman 20 

Apa saja hal yang dapat kamu lakukan untuk mensyukuri keragaman makhluk hidup?

Jawaban halaman 20
Mensyukuri keragaman makhluk hidup salah satunya dengan menjaga kelangsungan hidup atau memelihara kelestariannya. Hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah:
1) Tidak berburu liar
2) Memelihara hewan peliharaan agar tetap sehat dan bergerak dengan baik.
3) Memelihara hewan peliharaan dengan cara memberi makanan agar hewan dapat tetap hidup dan dapat berkembang biak dengan baik

No comments: