RINTOKUSMIRAN.COM- Soal pembatik level 3 2020 , selamat buat rekan-rekan peserta pembatik level 3. Berikut ini adalah contoh soal pembatik level 3 2020 yang perlu anda pelajari.
SOAL PEMBATIK LEVEL 3 2020 |
Soal Pembatik level 3 2020 dapat anda jadikan menguji kemampuan anda dalam penguasaan materi yang di sajikan dalam modul 9, 10,11 dan 12.
1. Sebuah alat/lingkungan yang disediakan untuk mengintegrasikan content dan functions
pada sebuah project disebut...
A. Authoring Tools
B. Outhoring Tools
C. Automotive Tools
D. Outsourching Tools
2. Di bawah ini merupakan berbagai macam elemen multimedia yang termasuk dalam
project multimedia, kecuali...
A. Animasi
B. Gambar
C. Grafik
3. Multimedia Authoring Tools yang berbasis pada penggunaan “halaman buku” sebagai
medianya disebut....
A. Card or Page Based Tools
B. Icon Based
C. Time Based and Presentation Tools
D. Book Tools
4. Multimedia Authoring Tools yang penggunaannya sama dengan flowchart
disebut...
A. Card or Page Based Tools
B. Icon Based
C. Time Based and Presentation Tools
D. Book Tools
5. Multimedia Authoring Tools yang bidang pengorganisasiannya berada sepanjang garis
timeline
A. Card or Page Based Tools
B. Icon Based
C. Time Based and Presentation Tools
D. Book Tools
6. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika memanfaatkan Articulate Storyline,
kecuali....
A. meramu berbagai jenis media(slide, video, foto, suara, teks)
B. menyusun alur navigasi,
C. interaksi simulasi, dan menyusun tes.
D. Bahan ajar tidak dapat segera di sebarluaskan dengan berbagai cara seperti di web
berbasis HTML, CD, mobile device atau dipasang pada LMS.
7. Sebagian besar aktivitas sahabat di Storyline akan dilakukan pada tab....
A. Home
B. Insert
C. Transition
D. View
Gambar berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan no 8 s.d 9
8. Fitur yang digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk bangun datar adalah...
A. Shape
B. Caption
C. Character
D. Video
9. Fitur yang digunakan untuk menginput file berjenis .mp4 adalah...
A. Shape
B. Caption
C. Character
D. Video
10. Untuk memindahkan file yang berasal dari powerpoint pada articulate storyline,
digunakan fitur....
A.New
B.Import
C. Character
D.Audi
11. Analisis kebutuhan di kelas XI SMK Teknik Kimia Industri:Permasalahannya adalah laboratorium kurang alat dan bahan untuk percobaan dan beberapa praktek bersifat membahayakan. Rekomendasi media pembelajaran yang tepat dalam analisis kebutuhan tersebut adalah ….
a. Video pembelajaran
b. Laboratorium maya (VR)
c. Podcast penjelasan praktek
d. Game-based learning
12. Salah satu tantangan pembelajaran di era sekarang adalah diperlukannya personalisasi belajar.Teknologi yang dapat digunakan untuk memfasilitasi personalisasi belajar adalah ….
a. Konektivitas 5G
b. Internet of Things (IoT)
c. Komputasi awan (cloud computing)
d. Kecerdasan buatan (artificial intelligence)
13. Di dalam rencana pembelajaran, pemanfaatan media podcast video video untuk mempelajari materi dicantumkan pada komponen ….
a. Tujuan belajar
b. Alokasi waktu
c. Aktivitas belajar
d. Asesmen
14. Video pembelajaran dapat dikembangkan sendiri oleh guru dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik lalu digunakan di kelas. Tetapi guru juga bisa mengunduh video pembelajaran dari web kemudian dimanfaatkan di kelas. Kedua tipe pemanfaatan media di atas disebut ….
a. by design dan by utilization
b. by analyze dan by implementation
c. by utilization dan by development
d. by development dan by design
15. Gambar berikut menunjukkan pemanfaatan media digital yang disebut ….
a. Gamifikasi
b. Animasi
c. Virtual reality
d. Augmented reality
16. Video yang isinya terdiri dari rekaman layar yang dirancang untuk mengajarkan seseorang untuk melakukan tugas atau berbagi pengetahuan, disebut video pembelajaran jenis ….
a. tutorial
b. screencast
c. lecture
d. animasi
17. Berikut ini merupakan perbedaan karakteristik antara gamifikasi dan game-based learning(pembelajaran berbasis game) ….
a. dalam gamifikasi dirancang aktivitas belajar yang seperti permainan, sedangkan dalam gamebased learning diterapkan elemen atau framework game dalam pembelajaran
b. dalam gamifikasi diterapkan elemen atau framework game dalam pembelajaran, sedangkan dalam game-based learning dirancang aktivitas belajar yang seperti permainan
c. dalam gamifikasi dibangun lingkungan tiga dimensi (3D) interaktif virtual untuk belajar,
sedangkan dalam game-based learning media pembelajaran dikemas dalam bentuk tiga dimensi (3D) digital
d. dalam gamifikasi media pembelajaran dikemas dalam bentuk tiga dimensi (3D) digital,
sedangkan dalam game-based learning dibangun lingkungan tiga dimensi (3D) interaktif virtual untuk belajar
18. Ciri-ciri lingkungan pembelajaran sistemik dan komprehensif adalah ….
a. Pemerintah memastikan guru berkesempatan meningkatkan kompetensi
b. Guru dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik
c. Sarana dan media pembelajaran tersedia di sekolah
d. Akses dan konektivitas pembelajaran masih terbatas
19. Komponen pendukung (support system) yang diperlukan dalam pembelajaran dengan menggunakan media berteknologi digital antara lain ….
a. Motivasi belajar, buku pelajaran, media digital
b. Karakteristik siswa, kurikulum, sumber belajar
c. Kebijakan pendidikan, infrastruktur TIK, anggaran
d. Guru/pendidik, lingkungan belajar, bahan ajar
20. Apabila pemanfaatan media berteknologi digital sudah melewati tahap sosialisasi, penerapan, dan bahkan internalisasi pada semua komponen pembelajaran, maka kondisi pemanfaatan teknologi pembelajaran di lingkungan tersebut mencapai tahap ….
a. Transformasi
b. Aplikasi
c. Inovasi
d. Difusi
21. Pernyataan berikut ini yang paling tepat terkait dengan media video adalah ....
A. Memerlukan ruangan gelap dalam penyajiannya
B. Memerlukan keahlian khusus dalam penyajiannya
C. Tidak memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya
D. Dapat menstimulir efek gerak
22. Pedoman utama yang digunakan dalam pembuatan media video pembelajaran adalah ....
A. Ide cerita
B. Kurikulum
C. Kejadian sehari-hari
D. Teori pembelajaran
23. Tahapan perancangan meliputi ....
A. Ide, GBIM & JM, Penyusunan naskah, Pengkajian naskah
B. Rembuk naskah, casting, hunting, crew meeting, syuting
C. Editing, mixing, preview, uji coba, revisi, distribusi
D. Membuat storyboard, hunting, syuting
4. Hasil akhir dari kegiatan produksi adalah ....
A. Storyboard
B. Video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
C. Sekumpulan clip video dan suara yang siap diedit
D. Naskah video pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
25. Hasil akhir dari kegiatan pasca produksi adalah ....
A. Storyboard
B. Video pembelajaran yang siap dimanfaatkan
C. Sekumpulan clip video dan suara yang siap diedit
D. Naskah video pembelajaran yang telah disetujui oleh pengkaji
26. Dalam penyusunan naskah, yang bertugas menjaga aspek penyajian yang meliputi
kemenarikan penyampaian materi sesuai karakteristik media video, karakteristik pemain,
perwatakan, animasi, adegan, konflik, musik, sound effect, format program, dan alur
program adalah ....
A. Pengkaji materi
B. Pengkaji bahasa
C. Pengkaji media
D. Guru
27. Ukuran shot yang terbatas hanya pada wajah seseorang berfungsi untuk mendetilkan ekspresi, siapa dan bagaimana (feel emosi) seperti marah, takut, jatuh cinta, senang, sedih dan lain-lain disebut dengan .....
A. MS
B. XLS
C. BCU
D. XCU
28. Efek transisi yang paling tepat dipergunakan untuk perubahan waktu, menyampaikan dua informasi dalam satu frame, perubahan waktu setempat secara perlahan, flashback, dan bayangan pikiran adalah ....
A. Fade in
B. Dissolve
C. Fade out
D. Fade to black
29. Untuk melihat apakah media video pembelajaran yang dibuat sesuai dengan perencanaan awal/ naskah, maka dilakukan tahapan ....
A. Editing
B. Uji coba
C. Revisi
D. Preview
30. Proses mengubah video project di aplikasi Kine Master menjadi satu file video utuh
disebut dengan ....
A. Rendering
B. Recording
C. Trimming
D. Editing
Semoga Soal pembatik level 3 2020 yang saya bagikan bermanfaat bagi anda semua. semoga anda lulus pembatik level 3 2020 dan berhak maju ke level 4. selamat belajar.
No comments:
Post a Comment