Sunday 25 October 2020

LKS 13 KELAS 3 SD TEMA 4 SUBTEMA 1 " KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH

Pada LKS 13 ini siswa kelas 3 Sekolah Dasar akan berisi materi dan tugas pada buku siswa kelas 3 SD tema 4 Subtema 1. Pada subtema 1 ini akan mempelajari tentang Kewajiban dan Hakku di Rumah. 

Siti memiliki kewajiban menjaga kesehatan tubuhnya. Ia selalu makan makanan yang sehat dan bergizi. Siti berpakaian bersih dan rapi. Ia juga tinggal di rumah yang nyaman. Ayah dan ibu menyayangi  Siti. Siti berhak atas itu semua.

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan. Di dalam setiap kewajiban ada hak. Hak artinya sesuatu yang harus kita terima.   Mari kita pelajari kewajiban dan hak di rumah!

LKS 13 KELAS 3 SD TEMA 4 SUBTEMA 1 " KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH


1. Tugas Hari Selasa, 27 Oktober 2020 Pembelajaran 1

  • Halaman 4 Bacalah hak-hak yang didapat Siti pada tabel di bawah ini! Tuliskan saran yang seharusnya Siti lakukan!bHak Siti                                      =   Saran yang Menunjukkan Kewajiban Mendapat kasih  sayang dari ayah ibu.  =     Sayangilah ayah ibumu.  Mendapat perawatan ayah ibu.   =Mendapat waktu bermain bersama ayah ibu.= Dapat bercerita kepada ayah ibu.= Mendapat perhatian  ayah ibu saat belajar.= Mendapat bantuan ayah ibu saat kesulitan.= 

  • Halaman 5  Tuliskan lima kemungkinan lain di bawah contoh! Jumlah hari belajar  365  Hari belajar di sekolah      Hari belajar di rumah 250                    +                  115 ...                       +                   ... ...                       +                   ... ...                       +                   ... ...    +         ...

  • Halaman 6 Amati kembali cerita tentang hari belajar Siti. Tentukanlah jumlah hari belajar yang berbeda! Lalu, tentukan banyak hari belajar Siti di sekolah  dan di rumah!

  • untuk membantu menjawab soal di atas silahkan baca materinya disini

2. Tugas Hari Sabtu, 31 Oktober 2020 Pembelajaran 2

  1. Halaman 12 Tulislah kewajiban dan hak dalam berpakaian!

  2. Halaman 14. Tuliskan saran-saranmu!

  3. Halaman 15 Sebutkan lima cara beristirahat yang biasa kamu lakukan!

  4. untuk membantu menjawab soal di atas silahkan baca materinya disini

3. Tugas Hari Senin , 02 November 2020 Pembelajaran 3

  1. Halaman 19 Jawablah pertanyaan berikut! 1. Masalah apa yang dihadapi anak-anak  berdasarkan teks di atas? 2. Tuliskan empat cara menyelesaikan masalah berdasarkan teks!

  2. Halaman 21 Tuliskan makanan yang biasa kamu makan saat sarapan!

  3. Halaman 22 Tuliskan berapa kemungkinan kentang yang dijual dan yang disisihkan untuk di rumah! Banyak Kentang yang  Dijual  Banyak Kentang untuk  Di rumah  Jumlah Kentang ...      +       ...    1.000  ...     +    ...      1.200   ...      +     ...   1.300   ...             +     ...      = 1.500   ...             +    ...     = 2.000 

  4. Halaman 23 Kamu dapat menentukan sendiri bilangannya! Cerita Kami

  5. untuk membantu menjawab soal di atas silahkan baca materinya disini

4. Tugas Hari Selasa, 03 November 2020 Pembelajaran 4

  • Halaman 25 Bacalah permasalahan berikut ini! Berilah saran apa yang sebaiknya dilakukan! 1. Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan. Apa yang sebaiknya aku lakukan? 2. Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan. Apa yang sebaiknya aku lakukan?  3. Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting. Apa yang sebaiknya aku lakukan? 4. Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya. Apa yang sebaiknya aku lakukan? 5. Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

  • Halaman 26-27 Bacalah kalimat-kalimat berikut! Jodohkan kalimat-kalimat berikut dengan  permasalahan di atas!  Tulislah nomor kalimat di dalam kurung! 1. Aku bersyukur masih memiliki makanan untuk dimakan. ( ... ) 2. Sebelum makan, tangan harus bersih dari debu dan kuman penyakit. ( ... ) 3. Aku harus berhati-hati memilih jajanan. Makanan yang dijual di jalan sering dihinggapi lalat. ( ... ) 4. Di pagi hari aku harus sarapan agar aku bisa belajar dengan semangat. ( ... ) 5. Aku tahu bahwa banyak anak seusiaku yang sulit mendapat makanan. ( ... )

  • Halaman 28 Berikut kewajiban dan hak tentang makanan. Bantulah Udin memilih mana yang kewajiban dan  hak! Salinlah kembali pada tempat yang tersedia! 1. Bersyukur atas semua makanan yang ada.  2. Mendapat makanan sehat dan bersih. 3. Makan makanan yang sudah disediakan. 4. Memilih makanan yang sehat. 5. Mendapat sarapan pagi sebelum ke sekolah.  6. Membaca doa sebelum dan sesudah makan. 7. Mendapat air minum yang bersih dan sehat. 8. Mengambil makanan secukupnya. 9. Mendapat makan siang yang sehat dan bersih. 10. Menghabiskan makanan yang sudah diambil.

  • Untuk membantu menjawab soal di atas silahkan baca materinya disini

5.Tugas Hari Rabu, 04 November 2020 Pembelajaran 5

  • Halaman 33 Tulislah saran lain untuk Udin dan Mutiara!

  • Halaman 35, 36 Apakah kalimat tersebut merupakan kewajiban  atau hak? Kewajiban dan Hak di Rumah 1. Bersyukur karena memiliki tempat tinggal. 2. Mendapat rumah yang bersih dan rapi. 3. Bicara lembut dan sopan. 4. Membantu merapikan dan menata rumah. 5. Dicintai, dijaga, dilindungi, dan dihargai. 6. Saling mencintai, menjaga, melindungi, dan  menghargai. 7. Diperlakukan dengan lembut dan sopan. 8. Saling menolong dan memaafkan. 9. Mendapat tempat tinggal. 10. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

  • Halaman 37 Ayah Udin ingin rumah mereka nyaman. Ia berencana merapikan pagar rumah mereka. Ayah Udin membutuhkan 980 batu bata. Ia memiliki beberapa batu bata di rumah. Ayah membeli kekurangannya di toko bangunan. Berapa batu bata yang mungkin ayah Udin miliki dan berapa yang harus dibeli?Buatlah lima kemungkinan! 1. ... + ... = 980 2. ... + ... = 980 3. ... + ... = 980 4. ... + ... = 980 5. ... + ... = 980

  • Untuk membantu menjawab soal di atas silahkan baca materinya disini

6. Tugas Hari Kamis , 05 November 2020 Pembelajaran 6

  • Halaman 40 Simaklah masalah-masalah berikut ini! Sampaikan saranmu di depan kelas! 1. Lani ingin lantai rumahnya selalu bersih. Saat  pulang sekolah ia melihat lantai rumahnya kotor. Saran apa yang dapat kamu berikan kepada Lani? 2. Edo ingin rumahnya rapi. Bibi selalu merapikan rumah Edo. Sudah satu minggu bibi pulang kampung. Rumah Edo tampak berantakan. Apa saranmu untuk Edo? 3. Dayu ingin kamarnya rapi. Ia tidak bisa merapikan kamarnya sendiri. Apa yang seharusnya Dayu lakukan? 4. Ibu Beni ingin meja makan di rumahnya bersih. Beni hampir selalu meninggalkan sisa makanan  di meja. Apa yang seharusnya Beni lakukan? 5. Siti ingin rumah yang menyenangkan. Ia sedang bersedih. Ayah dan ibu Siti sedang menengok nenek di kampung. Bagaimana seharusnya Siti bersikap?

  • Halaman 42 Tuliskan jawabanmu di tempat yang tersedia! Buatlah lima kemungkinan! 1. ... ... 600  2. ... ... 600 3. ... ... 600  4. ... ... 600 5. ... ... 600

  • Untuk membantu menjawab soal di atas silahkan baca materinya disini

No comments: