Thursday 15 October 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4

Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 3 subtema 3 pembelajaran 4. Perhatikan gelas yang berisi air es! Apa yang terjadi pada bagian luar gelas? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Tuliskan dan sampaikan pendapatmu!

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4

Gelas yang berisi es bagian luarnya mengembun. Udara yang bersentuhan dengan gelas dingin ini akan turun suhunya. Uap air yang ada di udara pun ikut mendingin. Jika suhunya sudah cukup dingin, uap air ini akan mengembun membentuk tetes-tetes air di bagian luar gelas. 

Mengembun adalah proses perubahan wujud dari gas menjadi cair. Ada dua contoh peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kalian memasukkan pecahan-pecahan es batu ke dalam gelas. Sisi luar gelas mula-mula kering. Beberapa saat kemudian,  sisi luar gelas terdapat bintik-bintik air. 

Perhatikan ketika kalian naik mobil pada saat cuaca cerah. Kaca jendela mobil bagian dalam kering. Ketika hujan turun, kaca mobil bagian dalam menjadi buram. Apabila kalian menempelkan telapak tangan pada kaca, telapak tangan menjadi basah. Bagaimana kedua peristiwa itu dapat terjadi?

Mungkinkah es yang mencair dapat menembus gelas? Mengapa sisi luar gelas menjadi basah?  Kamu perlu memahaminya.  Udara di sekitarmu banyak mengandung uap air. Ketika uap air bersentuhan dengan benda-benda  yang lebih dingin (suhunya rendah), maka berubah  menjadi bintik-bintik air. Jadi, tetes-tetes air di sisi luar gelas bukan berasal  dari dalam gelas. Akan tetapi, tetes-tetes air  berasal dari uap air di sekitarnya. 

Halaman 155

Kamu telah membaca dan melakukan percobaan.

  1. Lengkapilah bagan berikut ini! Mengembun adalah.... 
  2. Contoh Peristiwa mengembun sehari-hari adalah

Jawaban halaman 155

  1. Mengembun adalah proses perubahan wujud dari gas menjadi cair.
  2. Contoh peristiwa mengembun adalah: Ketika hujan turun, kaca mobil bagian dalam menjadi buram; Ketika kalian memasukkan pecahan-pecahan es batu ke dalam gelas. Sisi luar gelas mula-mula kering. Beberapa saat kemudian,  sisi luar gelas terdapat bintik-bintik air. 

Siti dan teman-temannya baru saja melakukan percobaan di dalam kelas.  Percobaan di kelas menggunakan es batu dan air. Ternyata lantai kelas menjadi basah. Siti meminta bantuan petugas kebersihan sekolah untuk mengering kan lantai kelas. Petugas menggunakan kain pel dibantu Siti dan teman-temannya. 

Apakah di sekolahmu mempunyai petugas kebersihan? Apa saja tugas-tugasnya? Lakukan secara berkelompok. Wawancarailah orang-orang yang mempunyai peran di sekolahmu. Tanyakanlah tugas dari masing-masing orang tersebut. 

Halaman 157

Tuliskan hasilnya di tempat yang telah disediakan!

No. Peran        Tugas

Jawaban halaman 157

1. Pustakawan = Menjaga perpustakaa

2. Satpam      = Menjaga keamanan

3. Penjaga Sekolah= Menjaga keamanan sekolah

4.Petugas kebersihan= menjaga kebersihan sekolah

5. Tukang Kebun= merawat kebun sekolah

6.Tata usaha= adminstrasi sekolah

Bermain sepak bola harus dilaksanakan di lapangan berumput. Permainan sepak bola dimainkan oleh 11 orang. Satu orang pemain berperan sebagai penjaga gawang.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah belajar teknik menendang bola. Sekarang, praktikkanlah teknik tersebut! Kegiatan dimulai dengan melakukan permainan “tembaklah aku”. Berbarislah membentuk lingkaran. Dua orang siswa berada di tengah lingkaran.

Siswa yang membentuk lingkaran berlari searah atau berlawanan arah jarum jam. Lakukan sesuai perintah gurumu. Siswa yang berada di tengah berusaha menembak atau menendang bola. Tendangan bola diarahkan ke siswa yang berlari.

Siswa yang terkena bola pada bagian lutut ke bawah dianggap kalah dan ganti berjaga di tengah lingkaran. Bola ditendang setelah mendengar bunyi peluit dari guru.  Gunakan bola plastik untuk permainan ini.

2 comments:

360digitmg said...

Best Data Science Courses in Hyderabad

360digitmg said...


Really nice and interesting post. I was looking for this kind of information and enjoyed reading this one. Keep posting. Thanks for sharing.
Best Data Science Courses in Hyderabad