Friday 16 October 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5

Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 3 subtema 3 pembelajaran 5. Pada pembelajaran 5 ini anak-anak akan belajar mengurutkan paragraf, Bacalah wacana berikut ini! 

Halaman 160

Baca paragraf demi paragraf. Susunlah paragraf, sehingga menjadi cerita yang urut! Nomorilah urutannya di kotak yang disediakan!

Kapur barus digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Biasanya diletakkan di lemari di sela-sela pakaian. Atau di kamar mandi.

1. Pernahkah kamu melihat atau menggunakan kapur barus? Kapur barus dapat dijumpai  sehari-hari. Bentuknya bulat dan beraneka  warna. Apakah kegunaan kapur barus?

Kapur barus lama-kelamaan mengecil dan habis. Karena terjadi perubahan wujud pada kapur barus. Perubahan wujud dari padat menjadi gas. Perubahan wujud dari padat menjadi gas disebut menyublim.

Peristiwa menyublim mengakibatkan kapur barus mengecil dan habis. Ketika kapur barus berubah wujud menjadi gas, tercium bau wangi di udara. 

Apa yang terjadi pada kapur barus? Lama-kelamaan kapur barus akan mengecil dan habis. Apa yang terjadi?

Jawaban halaman 160

1. Pernahkah kamu melihat atau menggunakan kapur barus? Kapur barus dapat dijumpai  sehari-hari. Bentuknya bulat dan beraneka  warna. Apakah kegunaan kapur barus?

2. Kapur barus digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Biasanya diletakkan di lemari di sela-sela pakaian. Atau di kamar mandi.

3. Apa yang terjadi pada kapur barus? Lama-kelamaan kapur barus akan mengecil dan habis. Apa yang terjadi?

4. Kapur barus lama-kelamaan mengecil dan habis. Karena terjadi perubahan wujud pada kapur barus. Perubahan wujud dari padat menjadi gas. Perubahan wujud dari padat menjadi gas disebut menyublim.

5. Peristiwa menyublim mengakibatkan kapur barus mengecil dan habis. Ketika kapur barus berubah wujud menjadi gas, tercium bau wangi di udara. 

Halaman 161

Perubahan wujud sudah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. Pasangkan kata berikut dengan arti yang sesuai!

Jawaban halaman 161

Perubahan wujud benda
Perubahan wujud benda

Perubahan wujud benda yang terjadi merupakan perubahan alami di sekitarmu. Hal ini merupakan karunia Tuhan yang Maha Kuasa yang harus disyukuri.  Sifat perubahan wujud dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk makanan dan minuman.  Kerjakan bersama kelompokmu. Pilihlah satu produk makanan atau minuman yang pembuatannya mengalami perubahan wujud. Kamu dapat memperkenalkan produk makanan dan minuman pilihan

Agar es krim tetap membeku tanpa meng gunakan mesin pendingin, Ayah Siti menyimpan es kering di  dalam kotak penyimpanan es krim. 

Ayah Siti membeli 1 kg es kering. Setelah tiga jam diletakkan di tempat terbuka, lama-kelamaan  es kering mengecil dan ada yang menghilang.  Mengapa? Ternyata, terjadi peristiwa menyublim pada es kering tersebut. Ketika ditimbang es kering yang tersisa 400 gram. Berapa gram es kering yang telah berubah menjadi gas? 

Jawab:

Berat es kering mula-mula = 1 kg

Sisa berat es kering setelah 3 jam = 400 gram

Jumlah es kering yang menyublim adalah

 1 kg – 400 gram  = 1.000 gram – 400 gram

  = 600 gram

Jadi, es kering yang berubah menjadi gas adalah 600 gram.

Halaman 165

Berlatihlah untuk menyamakan satuan kilogram (kg) ke gram. Pasangkan satuan kilogram dengan satuan gram yang sesuai.

Jawaban halaman 165

Menyamakan satuan berat kg ke gram
Menyamakan satuan berat kg ke gram


Halaman 166-167

Selesaikanlah soal di bawah ini!

1. Ibu Dayu mem beli 2 kg 500 gram cokelat untuk  membuat kue tart. Cokelat yang dicairkan sebanyak 1 kg 200 gram. Berapa gram cokelat yang belum dicairkan?

2. Nelayan mem bu tuhkan 750 kg es kering setiap  harinya. Es kering diperlukan untuk mendinginkan ikan agar tetap segar Berapa kilogram es  kering yang dibutuhkan dalam se minggu?

3. Ibu Dayu membeli tepung terigu sebanyak 2 kg.  Persediaan tepung terigu di rumah 550 gram. Berapa gram tepung terigu Ibu Dayu sekarang?

4. Siti membeli 4 kg cokelat. Kemudian, cokelat  tersebut dicairkan. Cokelat cair itu dibagi menjadi 4 bungkus. Setiap bungkus berisi 500 gram cokelat. Berapa bungkus yang dihasilkan dari  4 kg cokelat cair itu? 

5. Kemasan A berisi kapur barus seberat 1 kg 200 gram.  Kemasan B beratnya lebih ringan 400 gram dari kemasan A. Berapa gram berat kapur barus pada kemasan B?

Jawaban halaman 166-167 dapat anda lihat pada video di bawah ini


No comments: