Tuesday 6 October 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6

RINTOKUSMIRAN.COM-Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 3 subtema 2 pembelajaran 6. Pada pembelajara 6 ini akan mempelajar Aneka Wujud Benda sebagai Anugerah Tuhan.

Benda diciptakan Tuhan dengan beraneka ragam wujudnya. Pernahkah kamu membayangkan jika wujud benda hanya satu? Apa yang akan terjadi? Setiap benda mempunyai sifat dan fungsinya masing-masing. Kamu telah mempelajari benda dan sifatnya.

Siti sedang memperhatikan timbangan untuk menimbang bayi. Semua timbangan berwujud benda padat. Apakah kamu pernah melihat timbangan selain berwujud benda padat?

Ada beberapa satuan massa yang sehari-hari disebut berat. Seperti kilogram (kg), gram, dan ons. Ketiga satuan ini saling berhubungan.

Lakukanlah percobaan berikut! Percobaan menimbang dengan timbangan kue! Perhatikan berat benda 1 kg dan 1.000 gram! Apakah benda tersebut menunjukkan berat yang sama? 

Timbangan kue
Timbangan kue

Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3 Perhatikan gambar di atas!

Gambar 1 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan  10 ons Gambar 2 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan  1.000 gram Gambar 3 menunjukkan bahwa 1 ons sama dengan  100 gram

Halaman 112

Tentukanlah satuan berat yang tepat! 

1. Berat badan Udin adalah 30 ....

2. Ibu membeli telur seberat 1 ....

3. Berat cincin ibu adalah 3 ....

4. Gula pasir yang dibutuhkan untuk membuat kue  adalah 250 ....

5. Ibu memerlukan bawang seberat 100 .... untuk memasak.

Jawaban halaman 112

1. kg

2. kg

3. gram

4. gram

5. gram

Lani sering membantu ayahnya menjaga toko. Lani membantu ayah menimbang bahan-bahan makanan.

Orang tua Lani cukup berada. Namun, Lani anak yang sederhana. Hidup sederhana adalah hidup yang sesuai dengan kebutuhan. Hidup yang tidak berlebihan dalam menggunakan harta.

Diskusikan dengan teman di kelompokmu! Lingkari kata-kata berikut yang sesuai dengan hidup sederhana.

Rendah Hati 

Berlebih-lebihan

Mubazir 

Cermat 

Berbagi 

Sombong 

Hemat 

Pelit 

Boros 

Secukupnya 

Jelaskan pilihanmu di depan kelas! Mengapa sikap sederhana penting diterapkan  dalam kehidupan sehari-hari? Tuliskan pendapatmu! 

Jawaban

Hidup sederhana sangat bagus untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena hidup sederhana itu tidak berfoya-foya, saling berbagi dan sangat dekat dengan hemat pangkal kaya.

No comments: